Menu

Tiga Acara Televisi Seru Yang Memberikan Gambaran Profesi

oleh Lidya Sophiani

Buat kamu yang sebentar lagi harus magang atau cari kerja, pernah nggak kamu merasa galau dan bingung tentang job description berbagai profesi yang ada saat ini? Mungkin kamu ingin tahu, gimana, sih, rasanya jadi dokter, pengacara, atau pengusaha, dan apa aja yang mereka lakukan sehari-hari di pekerjaan mereka?

Sebenarnya, sih, hari gini, kamu nggak perlu tebak-tebak-buah-manggis mengenai job description pekerjaan, karena sekarang sudah ada banyak banget serial TV yang bisa memberikan gambaran mengenai berbagai profesi umum, mungkin termasuk profesi idaman kamu. Berikut beberapa di antaranya.  

1. SUITS  (serial televisi, 2011 – sekarang)

Suits adalah sebuah serial TV yang cocok banget buat kalian yang tertarik dengan bidang hukum dan bisnis.

Kisah Suits berawal dari seorang cowok jenius bernama Mike yang gagal membantu teman baiknya melakukan bisnis terlarang. Tetapi kemudian, secara nggak sengaja, Mike bertemu dengan seorang pengacara besar dari law firm ternama. Singkat cerita, karena terkesan dengan kecerdasan Mike, pengacara ini merekrut Mike sebagai salah satu pengacara di law firm-nya dengan memalsukan latar belakang pendidikan Mike.

Selain plot office-drama yang seru, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari Suits. Mulai dari kasus-kasus hukum yang dihadapi oleh korporasi multi-nasional, masalah etos bisnis, istilah-istilah hukum, sampai dengan institusi dan beragam profesi yang ada di bidang hukum seperti pengacara, hakim, dan jaksa penuntut.

Pokoknya pas banget, deh, buat yang kamu yang kepengen memperluas wawasan tentang hukum, bisnis, politik, bahkan hak asasi manusia.

2. GREY’S ANATOMY (serial televisi, 2005 – sekarang)

Meskipun Grey’s Anatomy adalah serial TV dengan genre drama, bukan berarti serial ini cuma berisi kisah menye-menye. Melalui cerita keseharian karakter-karakternya, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dari Grey’s Anatomy seperti jenis-jenis penyakit, penyebabnya, dan cara penanganannya. Selain itu, kamu juga jadi bisa tahu struktur manajemen rumah sakit, bahkan beban moral seorang dokter dalam menangani pasiennya.

Selain itu, berkat Grey’s Anatomy, saya juga jadi menyadari bahwa untuk menjadi dokter, seseorang nggak hanya harus punya kecerdasan dan wawasan yang luas, tetapi juga fisik dan mental yang kuat. Nggak ketinggalan, kemampuan berkomunikasi yang baik dengan para pasien, keluarga pasien, sekaligus kolega di rumah sakit. Pantes aja, untuk menjadi dokter, survival skill seseorang harus tinggi, ya!

3. RESTAURANT IMPOSSIBLE  (acara televisi, 2011 – sekarang)

restaurant impossible

Tertarik berbisnis di bidang kuliner? Maka jangan sampai kamu melewatkan acara TV yang satu ini! Berbeda dengan acara-acara TV bertema kuliner lainnya—seperti Master Chef—yang lebih fokus kepada teknik memasak, Restaurant Impossible memberikan gambaran mengenai pengelolaan restoran secara keseluruhan.

Acara televisi yang dipandu oleh Chef Robert Irvine ini intinya menayangkan upaya penyelamatan restoran yang sedang merugi. Yang lebih menarik lagi, upaya tersebut harus diselesaikan dalam waktu dua hari saja! But isn’t it Impossible?! Ternyata possible, kok! Kata “impossible” sendiri ‘kan sebenarnya terdiri dari kata-kata “I’m possible”, cihiiiy... Apalagi Chef Robert Irvine juga dibantu oleh timnya yang ciamik.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Chef Robert dan timnya adalah mengobservasi restoran yang hendak mereka “selamatkan”, mulai dari persiapan dan penghidangan makanan, pelayanan, manajemen staf, keuangan, hingga dekorasi dan desain interiornya. Setelah itu, berdasarkan hasil observasinya, Chef Robert akan memutuskan tindakan-tindakan yang tepat untuk “menyelamatkan” restoran tersebut.

Pokoknya, dengan menonton tayangan ini, kamu jadi bisa mempelajari aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis kuliner, terutama tata cara pengelolaan restoran.

Restaurant Impossible juga mengajarkan bahwa faktor terpenting dalam mengelola bisnis kuliner bukan hanya rasa makanannya, tetapi juga kesesuaian menu dengan harapan konsumen, serta cara manajemen restoran memotivasi stafnya untuk melakukan yang terbaik demi mendatangkan keuntungan bagi restoran. Pokoknya seru banget, lah!

(sumber gambar: breathecast.com, tvdatabase.wikia.com, renewcanceltv.com, playbuzz.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©