10 Bidang Pekerjaan yang Paling Diminati Oleh Para Lulusan Baru

Disurvey oleh Tim Koran Sindo, berikut jawaban dari 400 fresh graduates dari berbagai jurusan di 13 kota besar, ketika ditanya, bidang pekerjaan apa yang bakal mereka pilih setelah lulus kuliah.

1. Perbankan (22%)

Bidang perbankan adalah bidang pekerjaan yang paling banyak diincar lulusan baru dalam mencari pekerjaan. Maklum aja, sih, soalnya jenjang karir di bidang ini jelas dan memberikan iming-iming reward yang cukup menggiurkan.

Tapiii... bekerja di bidang ini juga dinilai cukup menantang, karena pekerjanya harus  mengatur angka-angka dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

2. Pendidikan (17%)

Banyak anak muda sekarang semakin peduli sama pendidikan, dan bekerja di dunia pendidikan dipandang sebagai hal yang mulia. Mereka ingin menjadi dosen, guru, atau tenaga pengajar di berbagai jenjang sekolah dan lembaga pendidikan. Wuih! Seneng banget dengernya ya, gaes!

3. Media Massa (15%)

Sekarang ini, perusahaan media semakin banyak, khususnya media online. Selain berfungsi sebagai salah satu alat pemberi informasi, sekarang ini media juga berfungsi sebagai pembentuk opini publik.

Banyak fresh graduate ingin terjun ke bidang media, karena mereka ingin menjadi bagian dari arus informasi yang sekarang ini sangat cepat.

Bidang Pekerjaan Paling Diminati 1 - Youthmanual

4. Telekomunikasi (9%)

Sekarang ini, fresh graduate mulai ramai-ramai melamar kerja di sektor telekomunikasi. Kenapa? Karena mereka merasa, bekerja di bidang telekomunikasi, terutama di perusahaan provider besar, bakal memberikan mereka pengalaman dan pemasukan yang besar.

5. Pemerintahan (9%)

Ternyata, sektor pemerintahan masih termasuk dalam bidang pekerjaan yang paling diincar para lulusan baru. Selain faktor prestige, jaminan hari tua alias dana pensiun yang dijamin pemerintah bikin posisi Pegawai Negeri Sipil masih menggiurkan.

6. Informasi dan Teknologi (IT) dengan 9%

Udah bukan rahasia lagi kalau IT adalah "tulang punggung" mayoritas industri zaman sekarang. Perkembangannya bikin para fresh graduate berbondong-bondong masuk bidang IT, karena mereka merasa bidang ini punya masa depan cerah dan memberikan peluang yang besar. Selain itu, mereka banyak terinspirasi oleh orang-orang yang sukses di bidang IT seperti Hewlett-Packard, Bill Gates, dan Steve Jobs.

7. Energi dan Pertambangan (4%)

Meskipun nggak seterkenal dulu, perusahaan yang bergerak di bidang energi dan perkembangan pun masih jadi incaran para lulusan baru. Gaji yang besar dan fasilitas yang baik adalah beberapa alasannya. Alasan lainnya adalah karena di bidang ini, pekerjanya mudah mencapai jenjang karir yang tinggi dan cepat, bahkan di usia muda sekalipun.

Bidang Pekerjaan Paling Diminati 2 - Youthmanual

8. Seni Kreatif & Desain (2%)

Meskipun pekerjaan di bidang kreatif dan desain dinilai sangat demanding, tetapi pekerjaan di bidang seni kreatif dan desain memberikan fleksibilitas waktu dan kebebasan untuk mengekspresikan diri, dan hal ini dianggap menarik banget. Apalagi agensi kreatif di kota besar menawarkan banyak kesempatan networking, termasuk untuk para fresh graduate.

9. Hukum (2%)

Dengan cakupan pekerjaaan yang luas, peluang pekerjaan di bidang ini juga menjadi besar. Para lulusan baru merasa banyak profesi yang bisa digeluti di bidang ini seperti legal officer, hakim, jaksa, notaris serta pengacara.

10. Pariwisata (2%)

Sebagai salah satu bidang yang terus berkembang, bisnis di dunia pariwisata nggak pernah sepi. Banyak fresh graduate ingin bekerja di bidang ini dengan harapan bisa mengembangkan pengalaman dan wawasan mereka terhadap dunia.

Bidang Pekerjaan Paling Diminati 3 - Youthmanual

***

Kamu sendiri, kalau lulus kuliah pengen bekerja di bidang apa nih, gaes?

(Sumber foto: bq-magazine.com, bnn-dki.com, liputan6.com, eduadvisor.my)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 3 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1