9 Benda Penting yang Harus Kamu Bawa Saat Datang ke Job Fair

Gaes, kamu yang sedang gencar mencari kerja, pasti sudah akrab banget sama yang namanya kegiatan job fair atau career expo alias pameran bursa kerja. Benar nggak?

Job fair sendiri adalah suatu acara dimana berbagai perusahaan dan institusi bekumpul. Dalam acara ini, banyak stan-stan perusahaan dan institusi membuka lowongan pekerjaan sebanyak-banyaknya.

Dengan kata lain, melalui event tersebut, para jobseeker a.k.a pencari kerja bisa langsung bertemu dengan perusahaan yang sedang membutuhkan pekerjaan. Nggak cuma itu, event ini juga sangat memudahkan para pencari kerja karena mereka nggak harus datang ke kantor atau mengirim berbagai lamaran kerja dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya untuk melamar.

Nah, buat kamu yang berencana mengikuti job fair dalam waktu dekat, bersiap-siaplah karena mengunjungi job fair itu nggak semudah yang kamu bayangkan, lho. Ada barang-barang penting yang harus kamu bawa kalau ke job fair biar kamu nggak buang-buang waktu dan kesempatan yang ada. Apa saja barangnya? Cekidot!

1. Curriculum Vitae, resume atau portofolio (kalau ada)

Ketika datang ke job fair, barang wajib pertama yang wajib kamu bawa tentunya adalah Curriculum Vitae a.k.a CV, resume atau portofolio kamu! Biasanya, para pencari kerja bakal menyebar CV, resume dan portofolio mereka ke banyak perusahaan dengan harapan memperbanyak peluang dipanggil interview. Jadi, kamu bisa membawa beberapa lembar CV, resume atau portofoliomu untuk diserahkan pada perusahaan yang kamu incar.

Tapi, alangkah lebih baiknya lagi, sih—kalau kamu menyebar CV, resume atau portofoliomu ke posisi atau perusahaan yang benar-benar sesuai dengan skill yang kamu miliki. Pastikan data-data dalam CV atau resume sudah yang paling baru dan nggak bertele-tele isinya.

Oyaa… jangan lupa juga buat menyimpan CV, resume atau portofoliomu dalam bentuk softcopy dengan nama yang mudah dicari dan simpan dalam flash disk. Lakukan scanning antivirus untuk memastikan nggak ada virus yang bisa merusak datamu. Soalnya, ada perusahaan-perusahaan atau penyelenggara job fair yang memang meminta CV, resume atau portofolio dalam bentuk softcopy. Selain itu, softcopy pun bisa berfungsi sebagai cadangan apabila CV, resume atau portofolio yang sudah kamu cetak pada kertas rusak, hilang atau kurang.  

2. Kelengkapan akademik

Barang selanjutnya yang harus kamu bawa saat datang ke job fair adalah kelengkapan akademik. Misalnya saja ijazah dan transkrip nilai. Kelengkapan akademik ini berfungsi sebagai bukti kamu telah menyelesaikan studi. Semisal kamu punya prestasi akademik maupun non-akademik yang menunjang, boleh juga membawa bukti sertifikatnya atau keterangan lainnya.

3. KTP atau tanda pengenal lainnya serta pas foto

Selain CV (resume atau portofolio) dan kelengkapan akademik, kamu juga perlu membawa dokumen data pribadi—yang berisi KTP, akte kelahiran, kartu keluarga, paspor, SIM atau tanda pengenal lainnya beserta pas foto yang berukuran standar 3x4 atau 4x6 saat datang ke job fair, gaes.

Ya, memang, sih, KTP dan pas foto nggak selalu dibutuhkan. Tapi, ketika ada perusahaan yang tertarik sama kamu, mereka kerap meminta data diri yang lengkap, seperti nomor KTP dan pas foto. Jadi, alangkah baiknya kalau kamu sudah mempersiapkannya lebih dahulu bukan?

4. Alat tulis

Fyi, saat kamu berkeliling di job fair, mungkin ada satu atau beberapa perusahaan yang menyediakan formulir yang perlu diisi oleh para pencari kerja. Kadang kamu juga diharuskan buat memberi kode tertentu pada CV yang akan kamu titipkan pada panitia perusahaan dalam job fair. That’s why, saat datang ke job fair kamu pasti butuh alat tulis, seperti pulpen, pensil atau spidol.

5. Map atau amplop coklat

Anyway, kalau perusahaan yang kamu incar merupakan perusahaan dalam skala besar. Alangkah lebih sopan kalau kamu menitipkan CV dan dokumen pelengkap lainnya dalam map atau amplop coklat, gaes. Terkecuali, kalau memang perusahaan tersebut yang memberikan ketentuan nggak perlu menggunakan map atau amplop coklat, maka kamu nggak usah menggunakannya.

Jangan lupa juga sediakan klip kertas untuk menyatukan dokumenmu biar nggak tercecer dan terlihat lebih rapih.

6. Aplikasi QR & Barcode Scanner

Di era yang semakin canggih dan berbasis digital ini, beberapa perusahaan ada yang sudah nggak menerima CV kertas lagi, dan beralih ke CV elektronik. Bahkan, saat ini beberapa perusahaan juga menyediakan informasi lowongan kerja beserta detail perusahaannya lewat perangkat elektronik.

Demi mengikuti kecanggihan tersebut, perusahaan pun akhirnya menggunakan QR code khusus dalam job fair. Untuk mengakses informasi melalui QR code tersebut, kamu butuh aplikasi QR code scanner. Jadi, persiapkan aplikasi ini sebelum datang ke job fair, ya!

7. Bawa bekal makanan dan minuman

Mengantre di stan perusahaan dan berkeliling di job fair pasti sangat melelahkan. Apalagi, job fair itu biasanya bakal padat dan pengap. Kamu bakal berkeringat dan akhirnya merasa haus dan lapar.

Sayangnya, jarang ada yang jual makanan dan minuman di job fair. Untuk itu, bawalah makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk mengatasinya. Selain itu, membawa makanan dan minuman juga bisa membantu berhemat bukan, gaes?

8. Tisu atau sapu tangan

Kamu tahu, kan? Sarjana yang lulus dalam waktu berbaregan dengan kamu dan yang sedang mencari kerja, tentu nggak cuma dari satu universitas saja. Bisa jadi fresh graduate yang sedang mencari kerja itu se-Jakarta, se-Jabodetabek atau bahkan se-Indonesia.Sehingga, selama event job fair pasti akan selalu dipenuhi oleh lautan manusia yang mencari pekerjaan.

Well, kondisi tersebut juga diikuti dengan kapasitas gedung yang nggak seberapa, ditambah lagi jumlah pengunjung yang membludak akan membuat suasana ruangan menjadi lebih panas. Belum lagi saat berdesak-desakan untuk mengantre masuk di teriknya siang hari, kamu pasti akan mandi keringat! Nah, untuk mengurangi lepek akibat keringat bercucuran, ada baiknya kamu siapkan tisu atau sapu tangan biar mukamu tetap terlihat fresh.

9. Parfum

Last but not least, parfum juga menjadi alat wajib ketika kamu datang ke job fair, lho. Hah? Kok bisa parfum, sih?

Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, ketika berada di arena job fair, kamu bakal berebut dan berdesak-desakan dengan para pelamar kerja lainnya. Hal tersebut membuat kamu mudah berkeringat dan tampak kucel. Apalagi, nih, ya, kalau ada beberapa perusahaan dan institusi yang langsung menawarkan sistem wawancara di tempat job fair tersebut. Of course, kalau kamu mengikuti wawancara langsung di tempatnya, kamu harus tampil segar bukan. Nah, di sinilah parfum diperlukan, gaes!

***

Well, sekarang sudah tahu bukan, benda penting apa saja yang perlu kamu masukan dalam tasmu sebelum berangkat ke job fair? Selamat mempersiapkan diri dan semoga beruntung, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: medium.com, chepa.net, jb9.co.in, katakota.com, whatshelikes.in)

LATEST COMMENT
Hikma Rizkia | 15 jam yang lalu

Di UGM namanya Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan kak

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial
rahadyan fajar harris | 1 hari yang lalu

FH UNAIR nilai 598 kemaren masih bisa masuk kok lewat sbmptn

Cek Passing Grade Skor UTBK Prodi Hukum pada SBMPTN
Demas Reyhan Adritama | 2 hari yang lalu

Setiap tahun berbeda, tergantung kebutuhan

Bercita-Cita Menjadi Polisi? Simak Cara dan Persyaratannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©