7 Keuntungan Kemampuan Berkomunikasi di Dunia Kerja

Communication skills merupakan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, baik secara lisan, tulisan, maupun gestur. Keahlian public speaking, bernegosiasi, memahami dan menyampaikan pesan dalam berbagai format (tulisan, lisan, audio visual) berkaitan dengan communication skills. Nah, kemampuan komunikasi ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Inilah keuntungan yang akan kamu dapatkan saat menguasai skill tersebut.

1. Peluang saat melamar kerja jadi lebih besar.

Dalam proses rekrutmen, komunikasi memegang peranan penting. Kamu harus bisa menyampaikan pemikiran, pengalaman, dan kelebihanmu. Kamu pun harus bertukar informasi dengan rekruter. Nah, salah satu masalah terbesar calon pekerja adalah kesulitan mengkomunikasikan informasi mengenai dirinya dan kelebihannya. Alhasil, jawaban saat wawancara atau tes jadi alakadarnya.

Kesulitan berkomunikasi dengan lawan bicara juga bisa membuat suasana menjadi canggung atau bikin impresi yang nggak oke. Contohnya, karena nervous saat wawancara, kamu jadi bicara dengan cepat dan terlalu banyak gerakan tubuh. Si pewawancara bisa beranggapan bahwa kamu kurang fokus.

Sebaliknya, kelihaian kamu dalam berkomunikasi akan menjadi poin plus yang bikin kamu lebih berpeluang dapat pekerjaan.

2. Cepat beradaptasi

Kemampuan komunikasi juga membantumu lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan, baik dengan rekan, atasan, hingga klien.

3. Efisien dalam bekerja

Saat komunikasi lancar, pesan akan sampai dengan baik. Termasuk segala arahan yang berhubungan dengan pekerjaan. Alhasil, kamu nggak perlu lagi bolak-balik menanyakan apa yang harus dikerjakan, karena kamu sudah memahaminya. Rekan kerja pun mengerti apa yang kamu sampaikan. Ini sangat membantu membuat pekerjaan cepat beres.

Sebaliknya, kekurangan dalam berkomunikasi, bisa bikin pesan nggak sampai atau kurang lengkap. Alhasil, bisa mengulang pekerjaan karena salah, atau menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengulang diskusi hingga maksud tersampaikan.

4. Usulan atau ide lebih mudah diterima.

Dari pengalaman belasan tahun bekerja, saya seringkali melihat ada ide atau usulan yang tidak diterima. Bukan karena ide tersebut nggak oke, tetapi karena nggak dikomunikasikan dengan baik.

Gambarannya begini, kamu punya rancangan yang oke banget. Nah, kamu harus bisa mempresentasikannya kepada orang lain, supaya mereka mengerti dan tertarik. Di situlah kemampuan komunikasi memegang peranan penting.

5. Menghindari konflik

Konflik dalam pekerjaan kerap terjadi karena kesalahpahaman atau komunikasi yang nggak lancar. Nah, keahlian berkomunikasi bisa menghindarkanmu dari masalah yang nggak perlu. Bekerja pun jadi lebih fokus.    

6. Membantu kamu maju menjadi pimpinan

Dalam pekerjaan, kadang ada yang ditunjuk menjadi pemimpin proyek atau divisi. Hal ini sangat bagus untuk perkembangan kariermu serta untuk memperkaya pengalamanmu. Nah, kriteria penting untuk menjadi leader adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Jika kamu memiliki skill tersebut, artinya kesempatan kamu untuk maju semakin besar.

7. Mengembangkan networking

Hubungan dengan pihak perusahaan, rekan kerja, divisi lain, pelanggan, klien, sponsor, dan lainnya akan terbentuk dan berkembang dengan adanya komunikasi yang baik. Networking ini nggak hanya penting untuk kelancaran pekerjaanmu saat ini, tapi juga di masa depan.

Seandainya kamu bekerja di tempat lain atau membangun usaha sendiri, jejaring atau networking yang baik akan sangat membantu. Dari situ kamu bisa mendapatkan pekerjaan, kesempatan, klien, hingga bisa dikenalkan dengan orang/pihak yang baru. Peluang pun semakin bertambah.   

(Sumber gambar: Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1