8 Profesi di Bidang Teknologi yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan

Seiring dengan perkembangan teknologi, lapangan pekerjaan pun kian berkembang. Muncul profesi-profesi baru yang sepuluh tahun lalu belum populer, atau bahkan belum ada. Profesi Android Developer misalnya, baru ada setelah smartphone berbasis Android mulai booming.

Kali ini Youthmanual mengangkat mengenai profesi di bidang teknologi yang akan banyak dibutuhkan di masa depan. Mungkin salah satunya adalah pekerjaan impianmu.

1. Analis Sistem Komputer

Seorang analis sistem komputer bertugas dalam menganalisis software, hardware, maupun sistem informasi, agar sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan atau klien. Memberikan analisa dan rekomendasi perbaikan sistem, serta merancang, menerapkan, serta mengevaluasi sistem adalah hal-hal yang harus dilakukan orang yang menekuni profesi ini. 

2. Data Scientist

Pastinya, kerjaan data scientist nggak jauh dari soal data. Sehari-hari, tugas mereka adalah mengumpulkan dan menganalisa data. Kelar menganalisa, data scientist mengkomunikasikan hasil temuan dan  kesimpulannya, Kesimpulan ini dapat digunakan untuk pengambilan keputusan strategi perusahaan atau suatu kebijakan pemerintahan.

3. Database Administrator

Kebayang 'kan, kalau suatu perusahaan sudah berdiri selama 20 tahun, dengan karyawan lebih dari 1000 orang? Tentu ada banyak data yang disimpan perusahaan. Data-data ini disimpan dalam bentuk database. Diperlukan pengaturan database yang terstruktur dan rapi, supaya nggak ribet ketika harus mencari data perusahaan dari sepuluh tahun yang lalu. Nah, di sinilah tugas utama seorang database administrator untuk mengelola penyimpanan database.

4. Developer Software

Microsoft Word yang sering kamu pakai untuk mengetik, Chrome yang sering dipakai untuk browsing, mereka ada karena karya para developer software. Tugas mereka adalah merancanf software aplikasi komputer. Kemudian Setelah jadi, mereka juga melakukan pengujian software. Jika ada kerusakan pada software, developer software harus memperbaikinya.

5. Analis Keamanan Informasi

Di jaman serba digital, keamanan nggak sekedar aman secara fisik tapi juga keamanan informasi. Hacker yang bermunculan bisa sangat meresahkan keamanan data dan informasi yang ada di suatu perusahaan/institusi. Di sinilah peran seorang analis keamanan informasi sangat dibutuhkan. Yaitu, untuk memastikan kerahasiaan data dan jaringan komputer. 

6. Web Developer

Seorang web developer bertugas dalam membuat dan mengelola suatu situs. Apalagi, sekarang ini hampir semua instansi dan perusahaan punya website, dari departemen pemerintah, perusahaan consumer goods, hingga tempat cukur rambut punya situs sendiri.

Selain memberi informasi dan membentuk image perusahaan, website perusahaan juga berfungsi sebagai sarana komunikasi. Oleh karena itu, web developer menjadi profesi yang sangat dibutuhkan.

7. Arsitek Jaringan Komputer

Nama lainnya adalah Network Engineer. Sebuah perusahaan dengan banyaknya komputer pastinya memerlukan seorang network engineer untuk mengatur lalu lintas jaringan komputer.

8. UI/UX Designer

Pernahkah kamu melihat suatu website yang bagus banget? Interaktif, tampilan oke, dan bikin kamu ketagihan untuk membukanya? Itulah hasil pekerjaan UI/UX Designer. UI adalah User Interface dan UX adalah User Experience. User Interface lebih fokus pada tampilan website secara fisik sementara kalau User Experience berfokus pada perilaku dan sisi psikologis user ketika membuka suatu website

(sumber gambar : techworld.com, careerprofiles.info, bigintellects.com, roberthalf.com, careeraddict.com, yourstory.com, midphase.com, udemy.com, opaxweb.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1