Menu

6 Hal yang Sering Membuat Pelajar dan Mahasiswa Suka Menunda Tugas

Gaes, kalian pasti pernah, deh, mengalami momen dimana kalian rasanya malas untuk menyentuh tugas, sementara deadline pengumpulan sudah menanti. Yang lebih parahnya lagi, kalian mungkin belum memulai tugas itu sama sekali.

Ya, memang nggak bisa dipungkiri bahwa procrastination alias menunda-nunda tugas nyatanya masih menjadi persoalan yang sering dialami oleh banyak orang—baik itu pelajar, mahasiswa ataupun orang yang sudah bekerja.

Padahal perilaku suka menunda pekerjaan bukanlah hal yang remeh, lho. Kenapa saya bisa bilang begitu? Soalnya, selain menjadi kebiasaan yang buruk, menunda-nunda mengerjakan tugas bisa menghambat proses belajar dan prestasi kalian.

Nah, tentunya kalian nggak mau, dong, jadi anak muda yang nggak berprestasi? Maka dari itu, untuk meminimalisir perilaku sering menunda tugas. Yuk, cari tahu aktivitas-aktivitas apa saja, sih, yang biasanya membuat kalian terlena hingga melupakan segala tugas-tugas yang menumpuk.

1. Scrolling media sosial

Yap! Saya rasa aktivitas yang satu ini nggak cuma dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa saja. Bahkan, orang yang sudah bekerja pun sering melakukan hal yang satu ini. Bener nggak?

Biasanya kalian mulai tergoda untuk rebahan sambil membuka media sosial ketika rasa penat dan jenuh mengerjakan tugas mulai datang. Niatnya, sih, cuma sebentar saja buka media sosialnya.

Tapi, ternyata scrolling media sosial—mulai dari Instagram, Twitter hingga menonton youTube lebih mengasyikkan ketimbang mengerjakan tugas yang menumpuk. Hal inilah yang tanpa disadari membuat kalian terlena dan menjadi alasan utama tugas kalian nggak selesai-selesai, gaes.

2. Membalas chat yang masuk

Selain scrolling media sosial, aktivitas lain yang membuat kalian terlena biasanya adalah membalas satu per satu chat (dari teman sekelas atau gebetan) yang masuk ke ponsel pintar kalian. Entah itu, awalnya kalian hanya menanyakan tugas, mengeluhkan tugas yang tak kunjung selesai, membicarakan hal menarik, dan lain-lain.  

Disadari atau nggak hal itu bisa membuat kalian ingin terus menerus membalas chat, lho. Apalagi kalau lawan bicara dan percakapannya sangat menarik perhatian kalian. Bisa-bisa kamu jadi lupa waktu dan tugasmu yang harusnya sudah selesai jadi ketunda, deh. Ckckck.

3. Beres-beres

“Ah bersih-bersih kamar dulu, deh, biar nyaman.”

Salah satu hal yang membuat kalian lebih nyaman saat mengerjakan tugas adalah kerapihan dari ruangan yang kamu pakai—entah itu kamar pribadi atau kamar kos. Coba bayangin kalau ruangan itu berantakan dan kotor. Diantara kalian pasti ada yang kepikiran buat beres-beres dulu, ‘kan?

Karena ruangan itu terlalu berantakan serta dipenuhi dengan kertas-kertas dan barang-barang, tentunya kalian membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Belum lagi, kalau kalian harus memilah kertas-kertas mana saja yang masih berguna. Alhasil, waktu untuk mengerjakan tugas jadi ketunda, deh.

4. Mencari atau membuat camilan

Waktu saya masih jadi mahasiswa, ya, gaes. Saya sering banget, nih, mencari atau membuat camilan saat mau atau di tengah-tengah menyelesaikan tugas.

Kalau di rumah nggak ada cemilan atau sesuatu yang bisa dimakan dan dibuat, saya pasti akan pergi ke supermarket. Kalau nggak gitu, nungguin abang-abang yang jual nasi goreng sambil scrolling media sosial.

Trus, terkadang kalau saya terlalu kenyang. Saya jadi ngantuk, bahkan hingga ketiduran 1 hingga 2 jam. That’s why, saya bilang ini bisa jadi aktivitas yang tanpa disadari membuat tugas saya nggak selesai-selesai. (Duh, jangan ditiru, ya!)

Anyway, kalau kalian gimana, gaes? Pernah nggak, sih, ngerasa kelaparan disela-sela mengerjakan tugas? Atau ada yang sama seperti pengalaman saya? Hehehe.

5. Terlalu lama dalam mencari sumber informasi

Biasanya jawaban dari tugas yang diberikan oleh guru/dosen itu berasal dari buku, jurnal, dan internet. Tentunya mencari jawaban-jawaban tersebut nggak semudah membalikan telapak tangan, ‘kan, gaes?

Apalagi di era yang serba digital saat ini, informasi bisa dengan mudahnya dicari dan didapatkan. Cukup ajukan keigintahuan dan pertanyaan kalian di mesin pencarian Google. Lalu, hanya dalam hitungan beberapa detik saja kalian bisa memperoleh jawabannya.

Kemudian, saat kalian mulai mencari-cari suatu informasi pada halaman website, seringkali berlanjut dari informasi satu ke informasi lainnya, baik itu informasi yang berkaitan dengan tugas ataupun informasi random yang menarik perhatian kalian. Tanpa disadari tab atau window yang kalian buka sudah sangat banyak, hingga bingung informasi mana yang hendak digunakan. Itulah kenapa, terlalu lama dalam mencari informasi juga bisa membuat kalian sering menunda tugas.

6. Memilah-milih atau membuat playlist lagu

Hayoo… siapa disini yang suka banget dengerin lagu?

Well, di antara kalian mungkin ada yang lebih semangat ditemani berbagai jenis musik saat sedang menyelesaikan tugas. Tapi, ada juga, lho, orang yang nggak suka mendengarkan lagu dan butuh ketenangan saat mengerjakan tugas.

Nah, buat kalian yang suka dengerin lagu, nggak jarang memilah-milih atau membuat playlist lagu yang ingin didengar menjadi aktivitas yang menyenangkan. Karena terlalu asyik dengan mencari lagu dan mengurutkannya ke dalam playlist di ponsel pintar atau laptop kalian. Akhirnya tanpa disadari, kalian jadi membuang-buang waktu untuk menyelesaikan tugasnya.

***

Itulah keenam aktivitas yang bisa membuat kalian menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas, gaes. Eitss… tungu dulu! Keenam aktivitas di atas kalau sering dilakukan memang nggak baik. Tapi, bukan berarti kalian nggak boleh melakukan aktivitas tersebut, lho, ya. Kalian tetap boleh, kok, melakukannya.

Hanya saja, kalian nggak boleh terlalu lama terlena hingga melupakan tugas-tugas kalian. Soalnya, kalau kalian terlalu sering menunda-nunda mengerjakan tugas. Percaya, deh, kalian akan merasa semakin malas buat menyelesaikan tugas tersebut.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: qz.com, projectboldlife.com, verywellmind.com, tes.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©