Menu

Pro Kontra: Haruskah Kamu Pindah Jalur Karier?

Di masa-masa ketika memulai karier, pastinya kamu merasakan semangat yang menggebu-gebu dan penuh harapan untuk mewujudkan mimpi kamu di masa depan. Tapi, setelah beberapa lama menjalani karier, mungkin ada yang akan merasa kalau rencana karier yang sudah mereka susun sedemikian rupa nggak akan terealisasi… karena kamu merasa ternyata jalan karier kamu bukanlah di sana.

Yup, terkadang jalan karier seseorang emang nggak selalu mulus. Entah karena seseorang makin mengenali dirinya sendiri selama berkarier, adanya pergeseran tren karier, atau emang udah ngerasa stuck di jalur karier yang sekarang, pindah jalur karier udah bukan jadi hal yang aneh untuk dilakukan.

Setiap keputusan pasti memiliki pro dan kontra. Apalagi kalau kita bicara soal jalur karier—semua orang pasti sudah punya rencana kariernya masing masing, dan keputusan pindah jalur karier seseorang pun bisa jadi nggak sama dengan orang lain baik dalam proses ataupun jalur yang dipilih. Mungkin ada yang dari bankir ingin jadi programmer, dari insinyur jadi entrepreneur, atau dari tentara militer jadi Presiden. Kemungkinannya banyak!

Eniwei, apa pun alasan kamu pindah jalur karier dan bagaimana pun rencana pindah jalur karier yang kamu rencanakan, berikut pro kontra pindah jalur karier secara umum yang sebaiknya kamu jadikan pertimbangan.

lithan academy indonesia pelatihan programmer

Pro: Kamu bisa lebih fokus berkarier di bidang yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Ingat, mengenali diri adalah proses seumur hidup. Mungkin aja kamu baru menemukan minat dan kemampuan kamu yang sebenarnya setelah mencoba melakukan sesuatu hal ketika berkarier—dan ternyata baru nyadar juga ternyata karier yang kamu jalani nggak sesuai dengan apa yang jadi minat dan kemampuanmu. Ketika hal ini bikin kamu stuck, bisa jadi ganti jalur karier adalah pilihan yang tepat untuk kamu akhirnya mulai fokus ke karier yang kamu banget.

Kontra: Kamu harus mulai dari nol. Karier bersifat kumulatif, dimana segala pengalaman dan pencapaian yang kamu dapat akan berkontribusi terhadap peningkatan dalam kariermu. Berhubung ganti jalur karier artinya kamu harus mulai dari nol, mulai dari menguasai berbagai skill pendukung untuk bidang karier pilihan, beradaptasi dengan industri baru, sampai “merangkak” dari bawah untuk mencapai posisi yang kamu inginkan.

Pro: Kamu bisa mencoba karier baru yang lagi hits dan prospeknya jauh lebih cerah. Berburu karier emang nggak lepas dari tren profesi yang paling dibutuhkan pada masanya. Ketika lagi ngetren, pasti kebutuhannya akan berkali-kali lipat dari profesi lainnya. Dengan kata lain, mencari pekerjaan di bidang ini tidak akan sesulit mencari pekerjaan di industri yang kebutuhannya lebih sedikit, seperti web developer yang kini dibutuhkan di industri mana pun. So, jika kamu merasa udah saatnya kamu mencoba rumput tetangga yang terlihat lebih hijau dan kamu punya kapabilitas yang oke untuk bekerja di bidang tersebut, kenapa nggak?

Kontra: Kamu (mungkin) bisa jadi yang lebih baik di kariermu yang sekarang. Ada baiknya jika kamu refleksikan lagi apa yang selama ini sudah kamu lakukan dan capai di kariermu yang sekarang. Kira-kira, apakah pekerjaan kamu yang sekarang memang seburuk itu sampai kamu ingin ganti jalur karier, atau kamu sebenarnya masih bisa melakukan hal yang lebih baik lagi di kariermu yang sekarang? Jangan lupa, kalau kamu ingin berpindah jalur karier, kamu tetap membutuhkan track record dan rekomendasi yang baik dari lingkungan pekerjaanmu yang sebelumnya.

pindah jalur karier jadi programmer

Pro: Memberikan kamu ruang untuk berkembang dan kontrol penuh dalam kariermu. Bekerja di suatu tempat dan melakukan hal yang sama berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama pasti bikin jenuh. Apalagi kalau minatmu semakin luas dan kemampuanmu semakin berkembang, pasti kamu memiliki aspirasi untuk melakukan hal yang lebih bahkan hal yang baru. Jika kamu nggak menemukan kontrol dalam jalur kariermu yang sekarang untuk melakukan apa yang kamu suka dan apa yang kamu bisa—dimana dan kapan saja, mungkin udah saatnya kamu pindah jalur karier ke bidang yang lebih sesuai dengan diri kamu yang sekarang.

Kontra: Kalau terlalu sering dilakukan, akan berdampak buruk untuk kariermu dalam jangka panjang. Zaman sekarang, emang ada baiknya kalau kamu memiliki beberapa skill dan pengetahuan lintas bidang dengan cara memperbanyak pengalaman di berbagai kesempatan. Tapi kalau kamu terlalu sering “kebawa angin” dan loncat-loncat dari satu bidang ke bidang lain dalam karier kamu, perusahaan bisa saja memiliki pemikiran kalau kamu orangnya kurang komitmen dan nggak bisa dipercaya untuk membangun kariernya di perusahaan tersebut dalam jangka panjang.

***

Pindah jalur karier emang bukan keputusan yang mudah—you will either make it or break it. Tapi, kalau kamu emang udah di titik jenuh dan nggak akan ada kesempatan untuk berkembang di tempatmu yang sekarang (dan ada bidang lain yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuanmu di luar sana), mungkin emang udah saatnya kamu ganti haluan.

Kalau kamu sudah menimbang dengan matang pro dan kontra pindah jalur karier di atas dan membulatkan keputusan untuk pindah jalur karier, berarti sudah saatnya kamu mempersiapkan diri untuk “banting setir” dan mengemudi di jalur karier baru yang menjadi pilihanmu. Tentunya ada banyak agenda yang harus kamu lakukan—mulai dari mencari berbagai kesempatan baru sampai menguasai skill dan kemampuan baru yang dibutuhkan sesegera mungkin agar nggak sampai “kebalap” dengan yang lain.

Nah, buat kamu yang berencana ingin banting setir ke dunia komputer dan teknologi sebagai seorang web developer, ada program training bootcamp seru dari LITHAN Academy, yaitu Full Stack Web Developer Bootcamp. Program ini cocok banget untuk kamu yang udah jenuh di kariermu yang sekarang dan (pastinya) ingin pindah jalur karier menjadi seorang web developer handal dalam waktu kurang dari satu tahun.

Ikutan FSWD Bootcamp pun nggak perlu “membahayakan” kariermu yang sekarang, karena kamu bisa ikutan part time setelah jam kerja selama 9 bulan. Untuk kamu yang ingin fokus dengan jalur karier barumu pun bisa ikutan training bootcamp secara full time selama 9 bulan. Dengan training selama 1000 jam bareng para tutor profesional dan kaya pengalaman, dijamin kamu bakal siap menjalani karier baru kamu sebagai seorang web developer meskipun judulnya baru ganti jalur karier.

Untuk informasi selengkapnya seputar FSWD Bootcamp LITHAN Academy, kamu bisa langsung cek di sini.

Baca juga:

(sumber gambar: hudson.com, cloudfront.net, licdn.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 1 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©