5 Manfaat yang Kamu Dapatkan dari Interpersonal Skill

Kamu kan sekarang sudah tahu, nih, apa itu interpersonal skill dan apa saja yang termasuk ke dalam interpersonal skill, jadi sekarang, apakah kamu merasa bahwa interpersonal skill meeupakan hal yang cukup penting untuk kamu miliki, gaes? Yap, menurut saya, interpersonal skill merupakan kemampuan yang wajib banget dimiliki oleh kita semua.

Pernah nggak, kamu memiliki teman yang sukanya diam saja? KetIka diajak mengobrol, temanmu malah membalasnya cuma setengah-setengah dan cenderung nggak membahas sesuatu dengan antusias atau detail. Atau apakah kamu pernah merasa bahwa apabila kamu sudah berpisah dengan temanmu baik itu saat kamu sekolah maupun kuliah, kamu merasa malas untuk kembali bertemu atau bercengkrama dengan temanmu tersebut? Nah, kalau jawaban kamu adalah iya, maka, kamu dan temanmu kurang memiliki kemampuan interpersonal yang baik, nih, gaes!

Padahal, kemampuan interpersonal merupakan suatu kemampuan yang wajib banget dimiliki kita semua. Kenapa gitu? Well, lebih tepatnya, kemampuan interpersonal ini dapat memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang memilikinya. Hmm apa, ya, manfaat dalam memiliki kemampuan interpersonal?

1. Dapat mengembangkan diri sendiri

mengembangkan diri sendiri

Salah satu kemampuan interpersonal adalah menerima kritikan dari orang lain. Well, sebagian besar orang pasti merasa sulit ketika mereka mendapatkan kritikan dari orang lain. Parahnya, ada juga, nih, orang-orang yang justru merasa kesal ketika mendapatkan kritikan. Padahal, nih, gaes, kritikan adalah suatu hal yang dapat membangun diri kita menjadi yang lebih baik lagi.

Misalnya gini, ketika kamu menggambar atau mengerjakan suatu desain untuk orang lain, kamu akan sering sekali menerima kritikan. Kritikan tersebut bisa bermacam-macam, ada yang minta warnanya diganti, ada yang minta gambarnya diganti dan sebagainya. Nah, apakah kritikan tersebut akan menjatuhkanmu? Well, nggak gaes, justru kritikan tersebut akan membantu pekerjaanmu jauh lebih baik lagi.

Contoh lainnya, kamu pasti sering kali mendapatkan kritikan ketika di rumah. Kamu yang saat weekend sering sekali tidur-tiduran, pasti, nggak akan lepas dari kritikan orangtuamu. Nah, kritikan ini bukan bermaksud untuk memarahimu, nih, gaes. Justru, kamu dikritik agar kamu bisa berubah menjadi nggak malas-malasan. Kalau kamu memiliki kebiasaan ini di kemudian hari, nanti yang repot kamu sendiri, lho. Sudah mengerti, kan, kenapa kritik merupakan suatu hal yang penting untuk mengembangkan dirimu?

2. Membuka kesempatan

Saya mau curhat, nih, gaes, pada saat ini, status saya bekerja masih merupakan karyawan kontrak alias bukan karyawan tetap. Namun, pada pekerjaan saya sekarang, saya selalu berusaha untuk membantu orang lain dikala mereka butuh bantuan dan saya pun sering kali bekerjasama dengan orang lain demi selesainya pekerjaan saya dan orang yang bersangkutan tersebut. Nah, menolong orang lain dan berkomunikasi dengan orang lain merupakan imterpersonal skill, lho.

Nah, dengan kamu memiliki kemampuan ini, kamu bisa membuka segala peluang-peluang dan juga kesempatan yang ada. Nah, saya yang sering kali bekerjasama dengan orang lain dapat memberikan saya kesempatan untuk mendapatkan suatu hal yang lebih baik dalam karir saya. Setelah saya bekerja selama setahun, akhirnya ada salah satu unit yang pernah bekerjasama dengan saya yang memberikan tawaran untuk bekerja sebagai pegawai tetap di unitnya. Nah, saya selalu percaya bahwa kesempatan ini akan datang jika kita selalu menjaga komunikasi dan menjaga hubungan dengan orang lain.

3. Membantu memperbanyak koneksi pertemananmu

Memperbanyak koneksi pertemanan nggak hanya dilakukan di media sosial aja, ya, gaes. Memperbanyak koneksi pertemanan harus kamu lakukan juga di dunia nyata. Kenapa, sih, kita harus memperbanyak koneksi pertemanan? Well, tentunya dengan kamu miliki banyak koneksi pertemanan, sama saja seperti kamu membuka kesempatan baru, memiliki teman dengan berbagai pengetahuan dan informasi dan sebagainya. Pokoknya, dengan kamu memiliki banyak teman, kamu pun akan mendapatkan berbagai manfaat lainnya.

Terus, gimana sih, caranya menambah koneksi pertemanan? Well, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengasah kemampuan interpersonalmu. Ketika kamu ingin menambah konrksi pertemanan, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada siapapun. Nah, maka dari itu, gaes, buat kamu yang merasa belum memiliki interpersonal skill yang baik, maka, mulai dari sekarang, asah kemampuan interpersonalmu, yuk!

4. Memberikanmu pembelajaran agar bisa berempati

Salah satu kemampuan dari interpersonal skill adalah kemampuan mendengarkan dengan baik. Mendengarkan merupakan aktivitas yang mungkin untuk sebagian besar orang anggap mudah dan sepele. Namun, pada kenyataannya, mendengarkan merupakan suatu hal yang cukup sulit, lho. Bahkan, ada orang-orang yang sama sekali nggak bisa mendengarkan pembicaraan orang lain.

Nah, dengan kamu memiliki kemampuan dalam mendengarkan, kamu bisa mendengarkan cerita dari orang lain. Cerita orang lain pun berbeda-beda, gaes, ada yang bisa membuatmu terharu, sedih, kesal dan sebagainya. Nah, dari macam-macam cerita ini, kamu akan belajar merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, sehingga, kamu pun jadi terasah, nih, gaes kemampuan berempatimu. Psst... FYI, memiliki kemampuan berempati yang baik merupakan kemampuan seorang pemimpin, lho!

5. Mempermudah pekerjaanmu

pekerjaan jadi lebih mudah

Apapun pekerjaanmu, pasti kamu akan membutuhkan apa yang dinamakan kemampuan interpersonal. Pada saat ini, kalau saya lagi iseng buka Linkedin dan menemukan pekerjaan yang menarik bagi saya, pekerjaan tersebut pasti membutuhkan interpersonal skill.

Mau bagaimana pun pekerjaanmu, kamu harus memiliki kemampuan interpersonal agar kamu bisa menerima kritik, mau mengembangkan dirimu sendiri, mampu berkomunikasi dengan orang banyak, mampu membujuk orang lain agar mau mengerjakan sesuatu sesuai dengan keinginanmu dan sebagainya.

Tentunya, ketika kamu bisa melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, saya yakin, kamu akan merasa mudah dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaanmu. Kamu pun bisa dengan mudah menyampaikan suatu hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu kepada orang lain yang membutuhkannya.

***

Yap, itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu memiliki kemampuan interpersonal. Dulu, ketika saya kuliah, saya merasa bahea kemampuan ini merupakan suatu hal yang sulit untuk saya miliki karena saya merupakan seseorang yang introvert. Well, ketika saya bekerja, introvert bukanlah hal yang bisa membatasi diri saya untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Meskipun saya introvert, ketika saya di dunia kerja, saya masih tetap bisa mengasah dan memiliki kemampuan ini.

Menurut saya, kemampuan yang satu ini justru merupakan kemampuan yang mudah untuk dimiliki oleh setiap orang. Kuncinya cuma satu, kamu mau mengasah kemampuan ini dengan banyak berkomunikasi dengan orang lain. Kalau kamu masih duduk di bangku pendidikan, kamu bisa kok, belajar kemampuan ini dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi dan turut aktif pada kegiatan tersebut.

Nggak ada yang nggak mungkin untuk memiliki kemampuan yang satu ini, nih, gaes. Kamu pun nggak dibatasi oleh apakah kamu introvert atau ekstrovert. Yang kamu butuhkan hanyalah latihan dan membiasakan dirimu agar kamu mendapatkan kemampuan yang satu ini. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: fenderbender.com, blog.toggl.com,

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deca Caa | 20 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 20 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 20 hari yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
arif gunawan | 29 hari yang lalu

Kalkulator dan kamus elekteonik termasuk AI, karena kalkulator dilrogram dengan algoritma penghitunganangka.. banyak belajar menganalisa san kumpulkan sata bro.. jgn cm ikut2an, trs copas lalu dituang kedlm sebuah artilel..

Artificial Intelligence dan 8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang AI
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1