5 Interpersonal skills yang Wajib Kamu Miliki!

Skill atau kemampuan merupakan suatu hal yang paling penting untuk dimiliki oleh semua orang. kemampuan ini akan digunakan oleh orang lain baik itu untuk berorganisasi, mengerjakan pekerjaannya atau bahkan bersosialisasi di masyarakat. Kamu akan mendapatkan kemampuan-kemampuan ketika kamu sering mengasahnya. Kemampuan ini nggak muncul dengan sendirinya, akan tetapi, membutuhkan waktu dan usaha agar kemampuan itu muncul.

Misalnya, nih, kamu memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan. Well, kemampuan ini nggak muncul dengan sendirinya. Kamu pasti membutuhkan waktu dan coba-coba sebelum memiliki kemampuan ini. Mungkin dulunya kamu memiliki kebiasaan boros, namun, karena kamu menyadarinya, akhirnya kamu berusaha untuk mengurangi keborosanmu dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Awalnya, pasti kamu melewatkan banyak hal, tapi karena kamu selalu mempraktekannya, akhirnya, kamu sendiri pun memiliki kemampuan tersebut.

Nah, kalau yang sudah disebutkan di atas kan lebih ke hard skill, lalu, gimana dengan soft skill? Yap, soft skill sendiri muncul karena sering diasah juga, gaes. Pada saat ini soft skill yang paling penting untuk dimiliki ialah interpersonal skill. Wah, apaan, nih, interpersonal skill? Well, interpersonal skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengenal, menghadapi dan berkomunikasi dengan pihak lain baik itu individu atau berkelompok. Ada juga yang bilang bahwa interpersonal skill adalah kemampuan dimana kamu bisa merespon terhadap keinginan, perasaan, perilaku atau sikap dari orang lain. Interpersonal skill itu sendiri terbagi atas beberapa hal, lho. Hmm... Ada apa saja, ya?

1. Kemampuan mendengarkan

Hah? Mendengarkan aktivitas yang gampang banget. Masa iya, sih, mendengarkan merupakan kemampuan juga? Well, perlu kamu ketahui, gaes, mendengarkan merupakan kemampuan yang nggak semua orang miliki, lho. Ada nih, teman-teman saya yang suka sekali berbicara sehingga ia enggan mendengarkan. Kalau ketemu pun, ia yang mendominasi pembicaraan tanpa mau mendengarkan cerita atau keluh kesah yang dimiliki oleh temannya.

Nah, kalau kamu punya teman yang seperti ini, bagaimana rasanya? Pasti bete banget, dong? Di dunia kerja pun, kamu harus mengetahui kapan kamu harus mendengarkan dan kapan kamu harus berbicara. Kalau kamu terus-terusan ingin di dengar, justru, kamu nggak memiliki kesempatan untuk mengembangkan dirimu sendiri. Jadi, mulai dari sekarang, coba yuk, asah kemampuan mendengarkanmu!

2. Kemampuan memahami informasi yang diberikan oleh orang lain

Nah, mendengarkan tuh nggak hanya kamu diam dan memdengarkan apa yang dibicarakan oleh orang lain. Itu mah namanya bengong, bukan mendengarkan. Ketika kamu mendengarkan orang lain, kamu nggak hanya diam dan menyimak, tetapi kamu pun harus memahami apa yang dibicarakan oleh orang yang sedang berbicara tersebut.

Kemampuan menganalisa dan memahami informasi ini pun termasuk interpersonal skill, lho. Maka dari itu, gaes, buat kamu yang masih sulit untuk mendengarkan orang lain dan sulit menarik kesimpulan dari apa yang kamu dengar, cobalah untuk mengasah kemampuan tersebut, ya. Setiap informasi yang dibicarakan oleh orang lain, pasti akan memberikanmu banyak manfaat seperti pengembangan diri atau informasi lainnya untuk mempermudah kamu dalam mencapai suatu tujuan.

3. Membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain

Terkadang, pasti banyak dari kita yang sulit untuk membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain. Misalnya gini, ketika kamu ke duatu tempat baru, pasti banyak dari kamu yang berdiam diri dan menunggu orang lain mengajakmu berkenalan. Ada juga yang sudah lama kenal dengan seseorang namun karena terpisah, akhirnya hubungan tersebut terputus.

Saya pun termasuk orang yang sulit memelihara hubungan, lho. Kalau saya sudah terpisah dengan seseorang, misalnya terpisah tempat kerja, kesibukan dan sebagainya, saya akan lebih memilih untuk membangun hubungan baru dengan orang-orang yang ada di lingkungan saya yang sekarang.

Padahal, nih, hal yang saya lakukan bukanlah suatu hal yang benar untuk dilakukan. Kamu harus menjaga hubunganmu dengan orang lain. Kamu nggak pernah tahu apa yang mungkin akan memberikanmu manfaat ketika kamu menjaga hubungan dengan orang lain. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu menjaga hubungan adalah kamu akan memiliki koneksi pertemanan yang luas dan tentunya kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut.

4. Keterampilan dalam memberikan feedback

memberikan feedback

Memberikan feedback alias umpan balik bukanlah suatu hal yang gampang, lho. Ketika saya sudah memasuki dunia kerja, banyak banget projek-projek kerjaan yang dipresentasikan untuk dimintai feedback. Bukannya banyak orang yang akan membahas dan memberikan feedback terhadap presentasi tersebut, malahan, banyak dari orang-orang yang diam-diam saja tanpa memberikan feedback apapun.

Saya nggak bisa memberikan alasan yang pasti kenapa orang-orang ini banyak yang diam dan nggak memberikan feedback, namun, seseorang enggan memberikan feedback karena takut mengemukakan pendapatnya dan ada juga yang nggak mendengarkan presentasi dengan benar sehingga ia nggak memiliki feedback untuk disampaikan.

5. Keterampilan membujuk

kemampuan membujuk

Ketika kamu masih kecil dan menginginkan sesuatu, kamu pasti akan membujuk kedua orangtuamu agar mereka bisa memberikan apa yang kamu mau, kan? Nah, hal seperti ini tetap akan terjadi ketika kamu dewasa dan keluar dari bangku pendidikan. Hal bujuk-membujuk akan tetap kamu lakukan ketika di dunia kerja.

Saat bekerja, kamu pasti akan bekerjasama dengan orang lain. Nah, ketika kamu bekerjasama dengan orang lain, pasti ada saatnya kamu membujuk orang tersebut untuk melakukan atau mengerjakan hal-hal yang harus diselesaikan.

Contohnya gini, gaes, ketika saya bekerja, ada beberapa hal yang nggak bisa saya lakukan namun hal tersebut masuk sebagai hal yang harus selesaikan. Untuk menyelesaikan tugas ini, saya harus meminta tim lain untuk mengerjakannya karena mereka lah yang paling bisa dan paling paham dalam menyelesaikan tugas ini. Tetapi, hal ini menjadi pekerjaan tambahan untuk mereka. Nah, disinilah kamu akan menggunakan kemampuan membujukmu. Agar orang lain mau mengerjakan tugas tersebut, kamu harus bisa membujuk orang-orang itu. Membujuk disini bukan berarti kamu harus merengek stau sebagainya, ya, gaes, hehe, tetapi, kamu harus memberikan informasi kepada mereka kenapa mereka harus mengerjakan hal tersebut dan manfaat yang akan mereka dapatkan.

***

Nah, itu dia beberapa contoh keahlian atau kemampuan dari interpersonal skill. Menurut saya, kemampuan interpersonal skill merupakan kemampuan yang penting banget untuk kamu miliki, lho. Kenapa begitu? Yep, kemampuan ini merupakan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, well, bisa dibilang kesuksesanmu ditentukan oleh kemampuan ini, lho.

Maka dari itu, gaes, buat kamu yang masih sekolah, coba deh, untuk memperkuat kemampuan yang satu ini. Nggak ada salahnya, kok, kalau kamu terus berusaha meningkatkan kemampuan ini. Pastinya, kemampuan ini merupakan kemampuan yang akan terus kamu gunakan baik itu kamu bekerja, berwirausaha atau saat kamu masih duduk di bangku sekolah. Semangat terus untuk belajar, ya!

Sumber gambar:

(Sumber gambar: techcrunch.com, medium.com, wikijob.co.uk)

LATEST COMMENT
Ade Siip | 2 jam yang lalu

Gimana, caranya saya bisa kuliah, nya.?

8 Hal yang Nggak Diajarkan di Bangku Perkuliahan Tapi Bermanfaat untuk Kesuksesan
Dieva M | 1 hari yang lalu

Kak itu kakak ambil jurusan sastra apa kak, dan di universitas mana? Dan untuk matkul mintologi Yunani itu ambil jurusan sastra apa kak?

8 Mata Kuliah Paling Seru di Jurusan Sastra
Ignatius Yulianda Adi Prakasa | 2 hari yang lalu

Terimakasih ka....

Keuntungan Mencatat di Kelas
Naufal | 3 hari yang lalu

kalo gua sih suka olahraga dan fotografi nya ya. Apalagi main futsal, lebih bisa bonding dan bisa reunian aja gitu sama temen tongkrongan jaman SMA hehehe :D. Tapi makin kesini makin nyari hobi yang bisa menghasilkan uang sih, kayak dari artikel ini http://www.hobiberuang.com/hobi-yang-menghasilkan-uang/…

10 Hobi yang Mencerminkan Kepribadianmu
Alivia Salsabila | 4 hari yang lalu

Kalau tulisan tangan jelek, kira" masih bisa masuk ngga ya?

7 Hal yang Dialami Mahasiswa Jurusan Sejarah
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1