Sebelum Mengirim Surat Lamaran Kerja, Cek Lagi 4 Hal Ini

Salah satu dokumen penting untuk melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Mungkin kamu juga lebih mengenalnya dengan sebutan Cover Letter. Surat lamaran kerja memuat uraian seputar alasan kamu berminat melamar kerja di perusahaan. Di surat lamaran kerja, kamu juga bisa memaparkan pengalamammu, yang bisa meyakinkan perusahaan untuk menerimamu. 

Intinya, surat lamaran kerja adalah media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan dirimu. Tentunya, kamu nggak mau dong, kalau sarana "promosi" nggak maksimal karena detail-detail kecil yang luput dari perhatianmu? Makanya, sebelum kamu mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan kamu bebas dari kesalahan-kesalahan ini, gaes.

1. Nama perusahaan

Terutama kamu para fresh graduate yang lagi gencar-gencarnya cari kerja, harus hati-hati. Jangan sampai salah menyebutkan tujuan di surat lamaran kerja. Harusnya ke PT.A, kamu nulisnya PT.X.

Ketika hunting kerja dulu, dalam sehari saya bisa mengirimkan surat lamaran kerja ke LIMA perusahaan sekaligus. Sampai-sampai, saya harus membuat format penamaan file surat lamaran kerja, supaya nggak tertukar. Karena kalau tertukar, alias salah kirim, ya wassalam.

Jangan sampai juga kamu salah dalam pengejaan nama perusahaannya. Ingat, nggak boleh terkecoh antara nama produk dan nama perusahaannya. Yang dipakai adalah nama perusahaan, bukan nama produk.

2. Informasi kontakmu

Apa yang kamu harapkan setelah surat lamaran kerja-mu dibaca oleh bagian HRD? Pastinya kamu ingin mereka menghubungimu untuk tahap seleksi selanjutnya dong. So, pastikan kamu memberikan alamat kontak yang benar. Cek lagi apakah penulisan alamat, email, dan no handphone-mu sudah betul. Percuma aja kalau surat lamaran kerja-mu oke, tapi HRD nggak bisa menghubungimu karena kurang satu digit nomor handphone.

3. Tanggal

Tanggal yang kamu tuliskan di surat lamaran kerja, harus sesuai dengan tanggal pengiriman suratnya. Kalau kamu sudah membuat template surat lamaran kerja, pastikan kamu sudah menyesuaikan dengan tanggalnya. Jangan sampai nih, kamu mengirim surat lamaran kerja hari ini, tapi pas dilihat tanggalnya ternyata udah dya minggu yang lalu -___- Ketahuan banget kalau kamu pake template gaes.

4. Ejaan

Sebelum kamu mengirim, cek cek lagi penulisan setiap kata yang ada di surat lamaran kerja. Soalnya, kebanyakan typo bisa bikin ilfil.

Sebelum dikirim, pastikan kamu membaca ulang surat lamaran tersebut.

(sumber gambar : scholarshipjamaica.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 20 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1