Menu

Ini Dia 5 Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Pekerjaan

Apakah kamu seorang gap year yang sedang mencari pekerjaan?

Apakah kamu baru lulus kuliah dan sedang mempersiapkan lamaran pekerjaan untuk pertama kalinya?

Atau apakah kamu seorang jobseeker a.k.a pencari kerja yang merasa telah mengirimkan banyak lamaran namun tak kunjung mendapat panggilan wawancara?

Well, seperti yang kita tahu, karena perkembangan dunia yang lebih ke arah digital. Maka, proses perekrutan karyawan dalam suatu perusahaan pun mengalami perubahan. Kalau dulu para jobseeker mengirim Curriculum Vitae (CV), surat lamaran kerja, dan berkas-berkas lainnya langsung ke perusahaan. Saat ini, mereka dimudahkan dengan kecanggihan teknologi. Para jobseeker bisa mengirim lamaran kerjanya cuma lewat e-mail saja.

As you know, dalam mengirim e-mail lamaran kerja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, gaes. Selain isi atau konten dari e-mail itu sendiri, kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengirimkan e-mail lamaran kerjamu. Karena, pastinya pihak perekut akan mendapatkan banyak e-mail masuk setiap harinya dari para jobseeker.

Untuk meminimalkan risiko lamaran kerja kamu ditolak, kira-kira waktu yang tepat untuk mengirim CV dan surat lamaran kerja, tuh, kapan, sih? Yuk, cek waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja berikut ini!

1. Kirim di hari itu juga (saat lowongan kerja baru dipublikasikan)

Saat menjadi jobseeker, kamu pastinya rajin memantau lowongan kerja—baik itu di website atau aplikasi kerja bukan? Nah, kalau misal ada lowongan baru yang di-publish dan cocok untuk kamu, jangan ragu untuk segera mendaftar di hari itu juga, gaes.

Nggak usah menunggu besok atau lusa atau yang lebih parahnya lagi minggu depannya. Kenapa demikian?

Soalnya, kebanyakan para pelamar kerja sengaja menunggu orang lain untuk mendaftar agar terkesan 'punya teman' untuk mendaftar. Padahal, semakin kamu menjadi orang yang tercepat mendaftar, maka semakin cepat pula para perekrut melihat CV dan surat lamaran kerjamu.

2. Jam terbaik untuk mengirim lamaran kerja adalah jam 06.00 hingga 10.00 pagi

Well, saat kamu mengirim  CV dan surat lamaran kerja pada hari perusahahaan itu mem-publish informasi lowongann pekerjaan, kamu pun perlu memperhatikan jam berapa kamu harus mengirimnya.

Dilansir dari laman Business Insider, disebutkan bahwa jam terbaik untuk mengirim lamaran kerja adalah jam 06.00 hingga 10.00 pagi. Di jam tersebut, para perekrut biasanya belum terlalu disibukkan dengan tuntutan kerja. Sehingga, mereka akan punya waktu dan bisa lebih fokus untuk melakukan penyortiran CV yang telah diterimanya.

Hal tersebut juga dikuatkan oleh analisis dari Talentworks, lho. Berdasarkan penelitian mereka, orang-orang cenderung mengirim lamaran kerja antara jam 11.00 sampai 01.00 siang. Padahal, waktu terbaik untuk mengirim CV adalah sebelum jam 10 pagi.

3. Mengirim pada jam 01 hingga 02.00 siang

Selain di pagi hari, CV dan surat lamaran kerja kamu juga akan diperiksa oleh para perekrut sekitar jam 01.00 hingga 02.00 siang atau lebih tepatnya setelah jam makan siang, gaes.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Talentworks. Mereka menyebutkan 11% dari para perekrut akan melihat CV pelamar kerja setelah jam makan siang. Hal ini dikarenakan setelah jam makan siang, mereka memiliki waktu bebas terlebih dahulu sebelum akhirnya kembali disibukkan dengan tuntutan kerja.

Oyaa, perlu diingat buat para jobseeker, nih! Jangan mengirim lamaran kerja setelah jam 02.00 siang, ya! Apalagi setelah jam 04.00 sore. Duh! Kemungkinan CV dan surat lamaran kerjamu akan dilirik itu sangat kecil sekali.

4. Kirim CV dan surat lamaran pada hari kerja

Tentu saja, hari terbaik untuk mengirim lamaran kerja, ya, pada hari kerja. Hihihi.

Para peneliti di Amerika Serikat setuju bahwa awal pekan, atau lebih tepatnya pada hari Senin, menjadi hari terbaik untuk mengirim lamaran kerja. Hasil penelitian mereka menyatakan 30% surat lamaran kerja yang masuk di hari Senin cenderung sukses menjadi perhatian para perekrut kerja.

Alasannya? Cukup sederhana, gaes. Di awal pekan, lamaran pekerjaan yang masuk ke perusahaan belum terlalu banyak. Sehingga, mereka bisa lebih fokus dengan lamaran kerja yang sudah masuk terlebih dahulu.

5. Di industri kreatif dan seni, lamaran kerja bisa dikirim di akhir pekan

Yap! Kebanyakan perusahaan, hari Senin memang menjadi hari terbaik untuk mengirim lamaran kerja. Dan hari Sabtu dinilai menjadi hari paling buruk dalam sepekan untuk megirim lamaran kera.

Tapi, hal ini nggak berlaku untuk mereka yang bekerja di bidang kreatif dan seni, lho, gaes. Mereka yang terjun ke dalam dua industri ini cenderung memiliki waktu yang lebih fleksibel. Dengan kata lain, mereka nggak berkutat dengan hari kerja senin hingga jumat dan jam kerja pukul 09.00 pagi sampai 05.00 sore.

Well, buat kamu yang tertarik untuk melamar pekerjaan di industri kreatif dan seni, kamu tetap bisa mengirim lamaran kerja saat akhir pekan, kok. Sebab mereka tetap siap sedia melihat lamaran kerjamu.

Pssstt… pastikan CV kamu berkualitas dan semenarik mungkin, ya, karena ini, ‘kan, dunia kreatif dan seni!

***

Setelah tahu waktu-waktu terbaik untuk mengirim lamaran kerja, pastikan kamu nggak salah waktu lagi, ya. Semoga berhasil!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: medium.com, entrepreneur.com, wapix.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©