Menu

Surat Lamaran Kerja Ini Membuat Si Pelamar Langsung Diterima Kerja… Tanpa Wawancara!

Alkisah, ada seorang cowok 21 tahun dari Bangalore, India, bernama Sumukh Mehta yang pekerjaannya memang membantu para pelamar kerja menyusun surat lamaran yang bagus. Mehta pernah membantu membuat sekitar 160 surat lamaran kerja, lho.

Nah, sampai pada suatu hari, Mehta akhirnya membuat surat lamaran kerja yang keren banget untuk dirinya sendiri.

Ceritanya, Sumukh Mehta kepengen banget bisa bekerja di bagian pemasaran majalah Gentlemen Quarterly alias GQ. Dikutip dari Buzzfeed, Mehta bilang, “Saya ingin bekerja di majalah GQ karena saya ingin bekerja di perusahaan dimana saya bisa memanfaatkan pengetahuan marketing saya dengan sekreatif mungkin.”

Demi menarik perhatian GQ, Mehta pun membuat surat lamaran yang keren banget… yaitu berbentuk majalah beneran!

Jadi, Sumukh Mehta dengan niatnya membuat surat lamaran berbentuk majalah GQ setebal 20 halaman, yang mencakup info-info utama diri Sumukh Mehta—seperti layaknya dalam surat lamaran kerja biasa—seperti pengalaman kerjanya, riwayat pendidikannya, skills alias kemampuannya, serta alasan kenapa menurut Mehta, GQ harus nge-hire dia.

“Zaman sekarang, dunia semakin kompetitif, semua jadi lebih sulit dicapai. Maka kita harus kreatif kalau kamu mau sukses mendapatkan sesuatu, dan itulah yang saya lakukan,” jelas Mehta di akun Facebooknya.

Surat lamaran Mehta yang berbentuk “majalah” GQ ini didesain dengan super kece, sehingga benar-benar berbentuk seperti sebuah edisi aslinya. Ada halaman daftar isi, halaman surat editor, dan sampul majalah yang dibuat profesional. Content-nya pun digarap dengan serius a la editorial spread beneran.

Mehta bilang, “Saya membuat resume ini selama lebih dari tiga minggu, termasuk melakukan pemotretannya, membuat desain grafisnya, dan menulis untuk kontennya.” Dia nggak menggarap proyek ini sendirian, sih, tetapi juga dibantu oleh beberapa temannya, terutama untuk membuat kontennya, meskipun teman-temannya nggak diberitahu tujuannya buat apa.

Setelah jadi, Mehta mengirimkan CVnya ini lewat pos ke kantor GQ di London, New York, dan Mumbai.

Hasilnya? Editor-in-chief majalah GQ, Dylan Jones, langsung memberikan Mehta posisi pekerjaan magang di London TANPA INTERVIEW. Editor GQ India, Che Kurrien, bahkan nge-post CV-nya Mehta yang warbiyasak ini di Instagram GQ India.

Keren abis!

Pelajaran yang bisa kamu petik di sini?

1. Benar-benar pahami kemampuan dan minat kamu apa, trus cari perusahaan yang kamu yakini bisa mengakomodir kemampuan dan minat kamu itu. In other words, cari perusahaan impian kamu! Dari awal, Mehta sudah mengincar bekerja di majalah GQ, sehingga dia mempelajari GQ luar dalam, dan berusaha membuat surat lamaran yang bisa bikin GQ "kepincut".

2. Jangan tengok kanan-kiri, dan kejar perusahaan impian kamu ini sekencang mungkin. Pelajari perusahaannya, cari tahu gayanya, buat CV yang sesuai mereka. Yakini mereka bahwa kamu bener-bener-bener-bener-bener kepengen kerja di sana, dan perusahaan tersebut nggak akan rugi kalau nge-hire kamu.

Good luck!

(sumber gambar: Facebook Sumukh Mehta, buzzfeed.com, mashable.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©