15 Tahun Yang Lalu, Nggak Ada Yang Kepikiran Untuk Menjadikan 6 Bidang Ini Sebagai Jurusan Kuliah

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, bidang-bidang pekerjaan baru pun muncul dan kebutuhan akan tenaga profesional yang paham mengenai bidang tersebut pun meningkat. Peningkatan ini tentunya ditanggapi oleh institusi pendidikan tinggi sebagai penyuplai sumber daya manusia dengan cara mengembangkan jurusan-jurusan baru agar sesuai dengan permintaan industri dan perkembangan zaman.

Lima belas tahun yang lalu, nggak ada yang kepikiran untuk menjadikan bidang-bidang berikut ini sebagai sebuah jurusan kuliah. Sekarang? Justru lulusan dengan skill di bidang ini yang banyak dicari di dunia kerja. Yuk kepoin apa aja!

1. Rekayasa Robotik (Robotic Engineering)

Saat ini, robot dan teknologi robotik—apapun itu bentuknya—digunakan di hampir seluruh bidang pekerjaan mulai dari industri manufaktur, pusat pelayanan, laboratorium, rumah sakit, bahkan dibidang-bidang pekerjaan domestik. Nggak heran kalau perguruan tinggi mulai menjawab kebutuhan akan tenaga profesional di bidang robotik dengan membuka jurusan rekayasa robotik.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini ada di Universitas Bina Nusantara dengan nama Industrial Robotics Design dan Automotive and Robotics Engineering .

2. Keamanan Siber (Cyber Security)

Semakin pesat perkembangan teknologi, semakin canggih pula bahaya yang mengintai. Nggak usah dipungkiri lagi ya, ancaman hacker mengintai di setiap tautan yang ada di dunia maya. Untuk lembaga-lembaga pemerintah dan perusahaan besar hal ini bisa menjadi ancaman serius—apalagi setiap harinya, banyak informasi penting yang dibagikan via online.

Maka itu, jurusan Keamanan Siber pun hadir untuk mengajarkan generasi muda mengenai pentingnya pertahanan di dunia maya (Cyber Defense). Sama seperti jurusan Rekayasa Robotik, universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Bina Nusantara.

3. Teknologi Nano (Nanotechnology)

Studi dan penelitian mengenai materi pada tingkat terkecilnya telah berhasil jadi kenyataan akibat gebrakan hebat dalam bidang teknologi nano. Bidang ini mempelajari sebuah sistem dalam level molekular, yang bisa diaplikasikan dalam beragam bidang STEM mulai dari fisika, rekayasa, dan kimia.

Sayangnya, di Indonesia belum ada nih universitas yang menyediakan jurusan ini. Kalau kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini, kamu harus mencari universitas di luar negeri seperti University of Pennsylvenia dan Louisiana Tech University di Amerika Serikat.

4. Bioteknologi 

Menggabungkan ilmu biologi dengan teknologi, jurusan Bioteknologi bertujuan untuk mengembangkan dan memecahkan masalah di bidang pertanian, teknologi pangan, dan medis.  Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika.

Beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Bioteknologi adalah Institut Teknologi Bandung dan Institut Pertanian Bogor.

5. Teknologi Game 

Pada tahun 2015, sebanyak 41.4 milyar dollar Amerika dihasilkan dari pasar game online global. Dan pada 2017, angka yang dihasilkan dari industri mobile gaming mencapai 100 milyar dollar Amerika. Sebuah angka yang fantastis ‘kan, gaes?

Nah, makanya, jurusan Teknologi Game pun menjadi jurusan yang tengah berkembang pesat nih, gaes, terutama dikalangan pecinta teknologi. Trend gamification di dunia kerja membutuhkan banyak tenaga profesional yang dapat mengembangkan dan merancang produk-produk dengan elemen ‘game’ di dalamnya.

Tertarik untuk masuk jurusan ini? Kamu bisa coba mendaftar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Multimedia Nusantara, Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta, dan Universitas Negeri Malang.

6. New Media/Online Journalism

Area yang tengah memiliki pertumbuhan tercepat dalam bidang jurnalistik dan media adalah media online, yang menggabungkan studi mengenai jurnalistik konvensional dengan ilmu desain dan dan manajemen media digital. Tren media sosial yang tengah marak juga membuka cabang lain dari bidang ini, salahsatunya berupa sekolah khusus influencer medsos yang ada di Milan, Italia.

***

Nah, gaes, jurusan pilihan kamu yang mana nih?

Baca juga:

(sumber gambar: archive.defense.gov, flickr.com, commons.wikimedia.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1