Bercita-cita Jadi Influencer di Media Sosial? Sekarang ada Sekolahnya, Lho!
- Nov 20, 2017
- Fildza Hasna
Hayo ngaku, siapa di sini yang bercita-cita atau seenggaknya pernah berangan-angan menjadi seleb medsos? Punya ratusan ribu followers, di-endorse banyak brand ternama, mendapat kesempatan untuk datang ke acara-acara hits nan kekinian, dan bisa berteman dengan sesama seleb jadi beberapa alasan mengapa kids zaman now banyak yang bercita-cita jadi seleb medsos aka influencer.
Well, good news for y’all aspiring social media influencers, saat ini sudah ada akademi yang siap mendidik kamu untuk menjadi seorang influencer yang baik dan benar plus memberikan sertifikasi untuk berkarir di bidang tersebut ketika lulus nanti.
Condé Nast Italia, sebuah peruashaan di bidang media asal negeri pizza ini baru aja meluncurkan sebuah program pendidikan bertajuk Social Academy, yang fokus utamanya adalah untuk membina insan-insan yang ingin berkarir menjadi influencer dengan ilmu dan skill yang dibutuhkan agar dapat bersaing secara profesional di industri tersebut.
Di tahun pertamanya, Condé Nast memiliki goal untuk meluluskan 100 influencer bersertifikat yang nantinya akan tergabung dalam jaringan influencer yang dimiliki oleh Condé Nast sendiri.
Dilansir dari WWD, Fedele Usai, direktur eksekutif Condé Nast Italia, menyatakan bahwa tujuan utama dari akademi ini adalah untuk mendidik generasi baru pengguna medsos tentang transparansi, kualitas konten, dan cara mengelola konten-konten berbayar serta endorsement pada laman media sosial mereka.
“Ini adalah tanggung jawab sosial kami sebagai sebuah perusahaan media untuk melatih [para influencer]. Jika suatu saat nanti perusahaan-perusahaan membutuhkan jasa influencer, kami akan siap untuk menyediakan tenaga profesional itu untuk mereka” tutur Usai.
Luca Dini, Direktur Bagian Editorial dan Corporate Communication Condé Nast Italia, juga menambahkan bahwa akademi ini juga memiliki tujuan untuk membantah mitos bahwa influencer adalah “musuh” bagi perusahaan media.
Dengan perkembangan yang pesat di beragam platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, bukan sesuatu yang mengherankan kalau influencer menjadi sorotan di berbagai negara. Chiarra Ferragni misalnya, blogger dan social media influencer asal Italia ini memiliki kurang lebih 11 juta followers di instagram, sebuah label fashion sendiri, dan pemasukan tahunan yang mencapai 8 juta dollar. All of this started and generated mainly from the internet.
Condé Nast Social Academy resmi diluncurkan pada awal November ini di kota Milan, Italia. Dengan total masa pendidikanselama enam bulan, siswa-siswanya akan diberikan materi mengenai media sosial dan digital marketing untuk influencer yang menitik beratkan pada isu lifestyle dan kecantikan. Materi-materi yang diberikan antara lain adalah mengenai audience engagement, manajemen komunitas, SEO, editing video dan foto, dan juga strategi konten.
Hm, kira-kira gimana ya kalau jurusan ini ada di Indonesia? Tertarik untuk mendaftar nggak nih, gaes?
(sumber gambar: instagram.com)
Baca juga:
- Buzzer dan Influencer—Siapa Mereka dan Apa Pekerjaannya?
- Etos Kerja Para Freelancer, Content Creator, Instagramer atau Influencer yang Penting untuk Dimiliki – Yuk, Kita Pelajari dan Jadikan Contoh!
- Cara-Cara Supaya di-Endorse di Instagram
gimana? udh wisuda?
Ciri-Ciri Proposal Skripsi yang Baik dan Berkualitas (dan Nggak Bakal Bikin Kamu Dibantai Dosen Penguji)ka mau tanya kalo dari smk keehatan apa bisa ngambil kedokteran hewan?
Mengenal Lebih Dekat Dengan Program Studi Kedokteran HewanKak, ada ga univ yang punya jurusan khusus baking and pastry aja?
5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Suka Makanansemangat terusss https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/
5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagussemoga selalu bermanfaat kontennya https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/
5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagus