Menu

5 Jurusan yang Hanya Ada di Indonesia

“Ah, kenapa sih jurusan ini cuma ada di universitas luar negeri saja?”, “Duh, kenapa , ya, di Indonesia nggak ada jurusan yang benar-benar fokus pada talent dan juga pengembangan sumber daya manusia?”.

Pernah, nggak sih, gaes, kamu ingin masuk ke suatu jurusan, kamu sudah mencari tahu tentang apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut, sudah membaca beberapa jurnal mengenai jurusan tersebut, eh, taunya jurusan tersebut nggak tersedia di Indonesia? Memang, sih, ada beberapa jurusan yang nggak tersedia di Indonesia namun tersedia di luar negeri. Hal ini bisa terjadi karena adanya perbedaan minat dan kebutuhan akan jurusan tersebut.

Misalnya, di luar negeri, ada lho, Jurusan yang mempelajari tentang kertas-kertas, mulai dari teknik percetakan kertas, bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mencetak kertas dan sebagainya. Jurusan ini ialah disebut sebagai Ilmu dan Teknik Kertas (Paper Science and Engineering). Kamu bisa mengambil jurusan ini di Institut Teknologi Georgia.

Hmm… Kalau ada beberapa jurusan yang hanya tersedia di luar negeri, bagaimana dengan sebaliknya? Apakah ada jurusan yang hanya ada di Indonesia dan nggak tersedia di luar negeri? Jawabannya, tentu ada dong, gaes. Berikut beberapa jurusan yang hanya tersedia di Indonesia!

1. Jurusan Manajemen Industri Katering 

Dunia usaha katering merupakan usaha yang nggak akan ada matinya. Hampir di setiap saat katering merupakan suatu hal yang sangat penting dan dibutuhkan. Misalnya, ketika kamu bekerja dan kamu ingin mengadakan suatu seminar, katering merupakan suatu hal yang wajib untuk memberikan suguhan makanan dan minuman kepada para peserta seminar.

Selain itu, usaha katering pun dibutuhkan oleh semua orang untuk berbagai acara seperti syukuran, pengajian atau acara-acara ibadah lainnya, acara ulang tahun, acara tunangan, pernikahan dan sebagainya. Nah, karena industri katering ini merupakan suatu hal yang nggak ada matinya dan merupakan suatu hal yang sangat penting di Indonesia, maka, muncullah Jurusan Manajemen Industri Katering.

Jurusan Manajemen Industri Katering merupakan salah satu bagian dari jurusan Pariwisata, namun prodi ini berfokus pada bidang kuliner. Pada prodi ini akan diajarkan pengetahuan dasar bidang kuliner lokal, nasional, dan internasional, manajemen operasional usaha kuliner, serta perencanaan, pengelolaan, hingga pemasarannya. Saat ini prodi Manajemen Studi Katering merupakan yang pertama dan satu-satunya dalam jenjang Strata I (S1) di Indonesia. Walaupun S1, tapi dalam kegiatan perkuliahannya juga akan di dapat kegiatan praktikum di laboratorium kitchen, disertai dengan praktik kerja lapangan yang dilaksanakan di hotel-hotel berbintang.

Pada jurusan satu ini, kamu akan bertemu beberapa mata kuliah seperti               Hygiene, Gizi dan Gaya Hidup, Pengantar Pariwisata, Manajemen Hotel, Etika dan Pelayanan Prima, Teknik Pengolahan Roti (Bakery), Restoran dan Katering, Pengetahuan Bahan Pangan, Teknik Pengolahan Makanan dan sebagainya. Nggak hanya berhubungan dengan makanan saja nih, gaes, tetapi kamu pun akan belajar tentang pengaturan keuangan, lho. Menarik banget, kan?

2. Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh 

jurusan kartografi

Indonesia merupakan wilayah yang sangatlah luas. Selain luas, permukaan bumi di Indonesia pun sangat beragam, ada lembah, pegunungan dan sebagainya. Pembangunan di Indonesia pun pada saat ini sangat berkembang pesat. Saat ini, ada banyak sekali pembangunan jalanan yang sedang dilakukan ataupun yang sudah selesai.

Nah, terus apa hubungannya dengan hal yang sudah dijelaskan di atas dengan jurusan Kartografi? Well, kamu harus tahu dulu, nih, apa itu Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh. Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemetaan, sedangkan Penginderaan Jauh (remote sensing) adalah ilmu tentang cara memeroleh informasi mengenai objek atau fenomena yang berada di sekitar permukaan bumi tanpa melalui kontak langsung, melainkan dengan meggunakan alat perekam yang memanfaatkan energi dari gelombang elektromagnetik untuk menghasilkan citra. Jadi, kira-kira yang akan kamu pelajari di program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh adalah bagaimana mendapatkan informasi spasial geografi dan menyajikannya dalam bentuk peta, gambar, tabel, dan sebagainya.

Jadi, ketika Indonesia sedang mengalami berbagai pembangunan, maka, dibutuhkan orang-orang yang mampu dalam membuat kembali peta yang baru dan sesuai dengan keadaan Indonesia pada saat ini. Ketika dalam melakukan pembangunan pun, kemampuan penginderaan jauh pun sangat dibutuhkan, lho.

Pada jurusan ini, kamu akan bertemu dengan berbagai mata pelajaran seperti Kartografi Dasar, Dasar Geografi, Geografi Regional Indonesia, Sistem Informasi Geografis, Proyeksi Peta, Oceanografi, Fisika Optik dan Gelombang, Manajemen Survey dan Pemetaan, Ilmu Ukur Tanah, Biogeografi, Hidrologi Dasar dan sebagainya. Nah, kalau kamu suka banget sama Mata Pelajaran Geografi ketika sekolah, jurusan yang ini cocok banget deh sama kamu.

3. Jurusan Sastra Nusantara

Indonesia merupakan negara yang luas dengan bentuk negara kepulauan. Dengan wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan, maka, dapat menghasilkan berbagai macam budaya yang beragam. Nggak hanya makanan khas, pakaian adat, senjata tradisional dan tarian saja yang berbeda, Indonesia pun memiliki berbagai bahasa yang berbeda-beda, lho.

Untuk melestarikan budaya dan bahasa ini, maka dari itu, banyak universitas di Indonesia yang membuka berbagai jurusan yang berhubungan dengan bahasa daerah Indonesia seperti Sastra Jawa, Sastra Minangkabau, Sastra Bugis, Sastra Batak dan sebagainya. Sebagai mahasiswa dan masyarakat Indonesia, sudah seharusnya Jurusan Sastra Nusantara ini menjadi pilihan untuk memelihara budaya Indonesia.

Pada jurusan ini, tentunya kamu akan belajar berbagai macam hal yang berhubungan dengan linguistik, bahasa, karya sastra dan juga kebudayaan. Pada jurusan ini, kamu akan menemukan berbagai macam karya sastra yang membicarakan tentang banyak hal, lho, seperti kebudayaan, politik, filsafat dan sebagainya.

Kenapa, sih, kamu harus memilih jurusan ini? Pertama, kalau kamu ingin menjadi bagian dalam melestarikan budaya Indonesia, jurusan ini dapat membantumu untuk memahami berbagai macam budaya di Indonesia. Selain itu, jurusan ini pun bisa membentuk menjadi seorang peneliti kebudayaan yang paham tentang berbagai budaya di Indonesia, lho. Menarik, kan?

4. Jurusan Seni Karawitan 

seni karawitan

Biasanya, Seni Karawitan merupakan suatu sebuah seni yang dipelajari ketika kamu menduduki bangku Sekolah Dasar maupun ditingkatan lainnya. Namun, ketika kamu menduduki bangku kuliah, seni karawitan ini muncul kembali dan berdiri menjadi salah satu jurusan di bawah fakultas budaya.

Jurusan Seni Karawitan mempelajari seni musik tradisional atau seni musik daerah khususnya di Jawa, Madura dan Bali. Tapi kamu tidak sebatas belajar seni musik daerah tersebut saja, tapi juga musik-musik daerah lainnya di Indonesia. Di sini kamu akan belajar memainkan berbagai instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, rabab, gamelan, dan gendang. Tidak hanya belajar memainkan alat musik, kamu juga akan belajar teknik vokal dalam musik tradisional, khususnya lagi “nyinden”. Nantinya kamu akan dapat mengaransemen dan menciptakan karya seni karawitan.

Jurusan yang satu ini muncul sebagai salah satu cara untuk mempertahankan budaya terutama Seni Karawitan. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang Manajemen Seni Pertunjukan, Organologi dan Akustika, Estetika Karawitan, Karawitan Gaya Sunda, Karawitan Gaya Bali, Karawitan Gaya Minang, Karawitan Gaya Jogjakarta dan sebagainya.

Pstt… Perlu kamu tahu, nih, gaes, Jurusan Seni Karawitan ini nggak hanya diminati oleh mahasiswa Indonesia, saja, lho. Jurusan yang satu ini pun digemari oleh banyak mahasiswa dari mancanegara. Masih merasa bahwa jurusan yang satu ini nggak menarik, nih, gaes?

5. Jurusan Tasawuf Psikoterapi 

Wah, duh, jurusan apa, nih? Dari namanya sepertinya sudah berat, ya? Well, Jurusan Tasawuf Psikoterapi adalah sebuah jurusan yang menggabungkan dua disiplin ilmu, yaitu Tasawuf dan Psikoterapi. Tasawuf atau yang kerap disebut Sufisme dalam agama islam adalah sebuah dalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, menjernihan akhlaq, membangun dhahir dan batin serta untuk memperoleh kebahagian yang abadi. Sementara itu Psikoterapi sendiri adalah usaha penyembuhan untuk masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku. Prodi Tasawuf Psikoterapi menggabungkan kedua ilmu ini untuk mengkaji topik-topik terkait masalah kejiwaan dengan pendekatan psikologis dan sufistik.

Dari jurusan yang satu ini, kamu akan mempelajari banyak hal, lho, seperti Fiqh, Ulumul Hadist, Ilmu Kalam, Psikologi Agama, Tafsir Ayat-Ayat Sufistik, Pengobatan Ala Nabi dan sebagainya. Nah, kata siapa, ilmu pengetahuan itu harus dipisahkan dengan kepercayaan? Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara menggabungkan ilmu pengetahuan dan kepercayaan, lho.

***

Nah, kelima jurusan di atas merupakan jurusan yang hanya ditemukan di Indonesia saja, nih, gaes. Nggak hanya orang Indonesia saja, lho, yang tertarik dengan kelima jurusan di atas, bahkan, banyak orang-orang asing yang pergi merantau ke Indonesia untuk mempelajari jurusan-jurusan di atas. Kalau begitu, apakah kamu pun tertarik untuk mempelajari salah satu dari kelima jurusan di atas, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: invidious.sh, lesprivatbigbang, finansialku.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©