5 Program Studi Langka yang Ada di Indonesia

Pendaftaran UTBK masih berlangsung hingga 25 Maret 2019. Apakah kamu sudah memilih program studi yang kamu impikan? Apakah kamu masih bingung mau pilih program studi Pendidikan Dokter, Teknik Mesin, Psikologi, atau Manajemen

Nih, ya, ada banyak sekali program studi yang nggak kalah menarik dari program studi yang disebutkan di atas dan memberikan peluang karier yang menjanjikan.Yups, setidaknya ada 5 program studi yang tergolong anti mainstream yang harus kamu ketahui, lho. Kenapa bisa saya bilang anti mainstream?

Soalnya program studi tersebut hanya ada sedikit jumlahnya di Indonesia. Penasaran program studi apa saja? Cekidot!

1. Teknik Nuklir 

Teknik Nuklir

Daftar program studi langka di Indonesia yang pertama adalah Teknik Nuklir, gaes. Kalau kamu kuliah di proram studi ini kamu akan membahas tentang teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, radiasi dan radioisotop di industri, serta radiologi klinik—seperti radiodiagnostik dan radioterapi.

Seperti yang dilansir di laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), cuma Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, Yogyakarta saja yang memiliki program studi Teknik Nuklir. Bahkan, program studi Teknik Nuklir di UGM pun sudah mengantongi akreditasi A pada 2018.

- Daya tampung SBMPTN 2019: 30

2. Oseanografi 

Oseanografi

Buat kamu yang suka dengan laut, program studi Oseanografi bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu melanjutkan pendidikan selepas lulus nanti. Program studi ini mempelajari tentang masalah-masalah kelautan seperti, lingkungan laut dan pesisir, eksplorasi sumber daya laut, serta pengembangan dan penerapan rekayasa teknologi kelautan. (Baca mengenai program studi Oseanografi selengkapnya di: Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya)

Di Indonesia, cuma ada 4 kampus yang membuka program studi ini, gaes. Di antaranya adalah:

Namun, hanya Undip dan ITB yang mengantongi akreditasi A dari BAN-PT sejak 2015 untuk program studi Oseanografinya.

- Daya tampung SBMPTN 2019 program studi Oseanografi di Undip: 60

- Fyi, program studi Oseanografi di ITB berada di bawah naungan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB). Dan untuk daya tampung SBMPTN 2019 FITB: 112

3. Astronomi 

Astronomi

Kalau kamu berminat untuk mengambil kuiliah dengan program studi Astronomi, kamu akan mempelajari seputar peristiwa yang terjadi di ruang angkasa, gaes. Program studi ini terdiri dari tiga bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang, serta Galaksi dan Kosmologi.

Institut Teknologi Bandung menjadi satu-satunya kampus yang memiliki program studi Astronomi. Meskipun jadi menjadi satu-satunya, program studi ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT untuk program strata1 (S1), master (S2) hingga doktoral (S3). Oyaa, jangan keliru, Astronomi itu berbeda dengan Astrologi, lho.

- Program studi Astronomi di ITB berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dan untuk daya tampung SBMPTN 2019 FMIPA: 180

4. Jamu

Jamu

Siapa yang masih sering minum jamu di sini? Jangan bilang, kamu nggak tahu apa itu jamu. Selain seni dan budaya, Indonesia itu terkenal banget sama obat-obatan tradisionalnya, gaes—termasuk jamu.

Buat kamu yang tertarik mempelajari soal jamu, program studi Jamu hanya ada di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, dengan akreditasi B untuk program D3. Di program studi ini akan mempelajari tentang meracik, menyediakan, hingga melakukan penyembuhan atau terapi dengan jamu.

5. Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan) 

Teknik Pengairan

Daftar program studi langka di Indonesia yang terakhir adalah Teknik Pengairan. Program studi ini akan mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan yang berkaitan dengan sumber daya air, gaes.

Universitas Brawijaya menjadi satu-satunya kampus yang membuka program studi Teknik Pengairan. Untuk program strata1 (S1) Teknik Pengairan memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Sementara, untuk gelar master (S2) mendapat akreditasi B.

- Daya tampung SBMPTN 2019: 70

***

Itu dia 5 program studi langka yang ada di Indonesia. Apakah kamu berminat untuk memilih salah satunya?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: learningscientists.org, youtube.com, awesomeocean.com,  amilyfuncanada.com, suratkabar.id, sunriseirrigationandsprinklers.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1