Menu

Ini, Lho, 5 Jurusan Buat Kamu yang Nggak Suka Matematika!

Saya yakin, pasti banyak dari kamu yang nggak suka matematika. Alasan kenapa kamu nggak suka matematika pastinya beragam juga, nih. Ada yang nggak suka matematika karena emang sulit, ada juga yang nggak suka matematika karena males menghitung dan ada juga yang nggak suka matematika karena sering mendapatkan nilai merah. Yap, kamu pasti punya alasannya masing-masing tentang kenapa kamu nggak suka matematika.

Hmm... Gimana, ya, caranya supaya lamu nggak belajar matematika lagi? Well, kalau kamu masih bersekolah, kamu masih harus mengikuti pelajaran matematika, nih. Tetapi, kalau kamu sudah duduk di bangku SMA kelas tiga, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang ada kaitannya dengan matematika, nih, gaes. Penasaran ada jurusan apa saja? Cek dulu, yuk, artikel berikut ini!

1. Jurusan Ilmu Komunikasi 

ilmu komunikasi

Nah, buat kamu yang nggak suka matematika dan ingin masuk jurusan yang nggak sama sekali membahas tentang matematika, kamu bisa masuk jurusan komunikasi, nih, gaes. Pada jurusan ini kamu lebih banyak belajar tentang hal-hal komunikasi dibandingkan belajar matematika. Mata kuliah yang akan kamu pelajari ialah bagaimana cara berkomunikasi antara kamu dengan orang lain, kamu dengan kelompok dan sebagainya. Di dalam ilmu ini, kamu akan mempelajari cara-cara komunikasi agar kamu dapat memberikan informasi secara maksimal.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini diantaranya adalah pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Ilmu Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunitas, Komunitas Keorganisasian, Komunitas Antar Pribadi, Teknologi Komunikasi, Metode Penelitian Komunikasi, Pengantar Ilmu Jurnalistik dan masih banyak lagi. Tentunya, mata pelajaran yang kamu pelajari ini dapat digunakan ketika kamu sudah bekerja di ranah komunikasi ataupun di luar ranah komunikasi.

2. Jurusan Ilmu Hukum 

Di jurusan ini, kamu pastinya akan sangat jarang sekali untuk hitung menghitung. Kenapa begitu? Karena di jurusan ini kamu akan belajar tentang segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Pada jurusan ini, kamu akan lebih banyak mempelajari tentang hukum-hukum yang dapat mengatur bagaimana manusia bertindah dan bertingkah laku supaya nggak merugikan orang-orang di sekitarnya.

Kamu nggak akan belajar tentang teori dan konsep saja, nih, gaes, di jurusan yang satu ini. Kalau kamu sudah berada di semester akhir, kamu akan sering melakukan kerja praktek di berbagai perusahaan atau lembaga yang berhubungan dengan hukum seperti firma hukum, kejaksaan atau pengadilan. Dengan adanya kerja praktek ini, kamu jadi mengerti konsep dan teori hukum di kehidupan masyarakat.

Kalau kamu masuk ke Jurusan Hukum, mata pelajaran yang akan kamu pelajari ialah Pancasila, Ilmu Negara, Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Pengantar Ilmu Ekonomi, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara dan sebagainya.

3. Jurusan Ilmu Sejarah 

Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kalau kamu suka banget, nih, untuk membahas hal-hal yang sudah terjadi di masa lampau, kamu bisa banget, nih, masuk ke Jurusan Sejarah. Ketika kamu masuk di Jurusan Sejarah, kamu akan banyak mempelajari tentang segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno seperti Mesir, Yunani, India yang dimulai dari sebelum masehi hingga ke masa modern di atas abad dua puluh.

Buat kamu yang nggak suka menghitung dan lebih suka kegiatan hafal-menghafal, pasti kamu cocok, deh, di jurusan yang satu ini. Di Jurusan Sejarah, kamu pasti akan jarang sekali bertemu dengan pelajaran yang mengharuskan kamu hitung-menghitung. Kamu akan lebih sering menghafal tentang suatu peristiwa, tanggal-tanggal suatu peristiwa dan juga berbagai nama-nama orang yang relate dengan peristiwa tersebut.

Buat kamu yang sudah tertarik dengan Jurusan Sejarah, mata pelajaran yang akan kamu pelajari diantaranya ialah Pengantar Ilmu Sejarah, Geografi Sejarah, Sejarah Indonesia, Sejarah Dunia, Sejarah Militer Indonesia, Pengantar Sejarah Pemikiran Politik di Indonesia, Sejarah Perjuangan kemerdekaan Indonesia, Bahasa Sumber Sejarah dan masih banyak lagi. Buat kamu yang suka dan jago menghafal, jurusan ini direkomendasikan banget, nih, buat kamu.

4. Jurusan Filsafat 

Filsafat merupakan suatu ilmu yang merupakan induk dari semua ilmu. Filsafat merupakan ilmu yang berbeda daripada jurusan lainnya. Ilmu di jurusan lainnya, biasanya lebih menekankan kepada ilmu prkatis dan bersifat pragmatis. Sedangkan Ilmu Filsafat lebih mempelajari tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita.

Pada ilmu ini, kamu akan mempelajari hal-hal yang bersifat esensial atau mendasar. Kamu akan membahas berbagai permasalahan-permasalahan seperti tujuan hidup, esensi manusia, moralitas dan hati nurani. Kamu perlu tahu, nih, gaes, Ilmu Filsafat sangat memiliki kaitan yang erat dengan Ilmu Sejarah, lho. Kenapa begitu? Karena dalam Jurusan Filsafat, kamu akan mempelajari hal-hal seperti pemikaran-pemikiran kuno yang dilontarkan dari para filsuf kuno seperti Thales, Pythagoras, Socrates dan juga filsuf-filsuf di atas abad dua puluh seperti Sartre, Bertrand Russell atau Jurgen Habermas.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari hal-hal seperti Logika, Sejarah Filsafat Yunani, Filsafat Manusia, Sejarah Filsafat Abad Pertengahan, Epistemologi, Kebudayaan Indonesia, Filsafat Islam, Estetika, Sejarah Filsafat Kontemporer dan sebagainya. Nah, buat kamu yang jago menghafal, kamu bisa, nih, masuk ke jurusan yang satu ini. Tertarik?

5. Jurusan Antropologi 

jurusan antropologi

Suka membicarakan budaya yang ada di suatu masyarakat? Tertarik untuk mempelajari Budaya Indonesia yang sangat beragam dan menarik? Jurusan yang satu ini menjadi jurusan yang sangat tepat untukmu! Antropologi merupakan program studi yang mempelajari seluk beluk, unsur-unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia.

Perlu kamu ketahui, nih, gaes, Ilmu Antropologi terbagi atas dua, lho, yaitu Antropologi Budaya dan Antropologi Fisik. Antropologi budaya adalah suatu ilmu yang fokus mempelajari interaksi dan hubungan antar manusia. Sedangkan ilmu Antropologi Fisik ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang ciri-ciri fisik dan forensik.

Kalau kamu berkuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, nih, gaes, di antaranya adalah Folklore, Antropologi Pariwisata, Antropologi Ekologi, Etnofotografi, Studi Gender, Antropologi Hukum, Antropologi Ekonomi, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat dan sebagainya.

***

Wah, ternyata banyak, ya, jurusan-jurusan yang nggak mempelajari matematika. Eh, tetapi, perlu kamu ingat, nih, gaes, meskipun jurusan tersebut nggak belajar matematika sebagai dasarnya, tetapi, dalam satu semester atau dua semester, kemungkinan kamu akan belajar tentang matematika dasar.

Selain itu, kamu pun dalam satu semester atau dua semester, akan belajar tentang statistika, lho. Namun, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing fakultas dan universitas. Kamu nggak perlu takut kalau matematika atau statistika  yang akan dipelajari adalah suatu hal yang sulit. Matematika dan Statistika yang akan kamu pelajari, nggak, sulit, kok. Jadi, jangan khawatir, ya, kalau kamu masih menemukan pelajaran Matematika atau Statistika di beberapa semester. Tetap semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: mamikos.com, cisthetaglobal.com, feminem.org)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©