5 Kegiatan Seru Jurusan Hubungan Internasional

Salah satu hal yang bikin saya hepi saat kuliah di jurusan Hubungan Internasional adalah karena berbagai kegiatan mahasiswanya yang cool banget! Biasanya, kegiatan-kegiatan ini bersifat akademik dan diselenggarakan oleh hampir semua jurusan Hubungan Internasional di berbagai universitas. Apa aja, sih?  

Short Diplomatic Course 

Short Diplomatic Course adalah kegiatan dimana mahasiswa belajar tata cara simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa. Satu kelompok terdiri dari dua atau tiga orang, yang merepresentasikan sebuah negara atau organisasi pemerintahan maupun non-pemerintahan. Biasanya panitia akan menentukan sebuah tema dan siapa saja peserta sidang yang hadir, kemudian masing-masing kelompok perwakilan akan membuat position paper terkait pandangan mereka tentang masalah tersebut. Seru banget, deh! Berasa lagi mewakili salah satu negara beneran! 

Diplomatic Dinner  

Mau belajar table manner alias tata cara makan internasional? Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional biasanya langsung belajar praktek di hotel berbintang, lho!

Pelajaran table manner ini merupakan bagian awal dari acara Diplomatic Dinner, sebuah acara makan malam resmi. Mahasiswa biasanya diajari oleh trainer dari hotel tentang etiket saat makan dan juga penggunaan peralatan makan yang tepat. Jadi kamu nggak bingung lagi, deh, yang mana pisau buat steak, yang mana pisau buat ngoles mentega! 

Trus, saat acara Diplomatic Dinner, biasanya mahasiswa diharuskan dress up. Para mahasiswi pakai gaun malam sementara mahasiswa pake jas. Biar makin berasa jamuan makan malam ala-ala diplomat, gitcuuu… 

Hubungan Internasional Expo 

Hubungan Internasional Expo umumnya diselenggarakan sebagai salah satu program kegiatan organisasi himpunan mahasiswa internal kampus. Misalnya, dalam acara Hubungan Internasional Expo Universitas Jayabaya, mereka menggelar pameran dan pagelaran dari beberapa negara. Yang dipamerkan bukan hanya budaya, tetapi juga kampus dan beasiswa yang ditawarkan oleh negara-negara tersebut.

Untuk acara ini, biasanya Himpunan Mahasiswa menjalin kerjasama dengan beberapa kedutaan besar. Kadang beberapa kedutaan besar mau, lho, meminjamkan property, bahkan ngasih merchandise keren untuk event ini. Jadi, meski acara ini diselenggarakan di dalam kampus aja, rasanya kayak jalan-jalan keliling dunia! 

Bedah Buku dan Screening Movie 

Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional sering banget mengadakan kegiatan bedah buku dan screening movie. Kenapa? Karena banyak sekali tokoh dunia dan fenomena dunia internasional yang harus mereka ketahui. Buku dan film yang dibedah biasanya tentang tokoh-tokoh legendaris seperti Karl Marx, Tan Malaka, Adolf Hitler, Soekarno, dan banyak lainnya.  

Model United Nation dan FKMHI 

Model United Nation (MUN) dan Forum Komunikasi Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional (FKMHI) adalah salah satu kegiatan jurusan Hubungan Internasional yang nggak hanya menambah wawasan, tapi juga gebetan networking. Pasalnya, di kegiatan ini kamu akan bertemu dengan mahasiswa jurusan Hubungan Intenasional lainnya, sekaligus membawa nama almamater di seminar nasional dan banyak berdiskusi dengan tema dan tempat yang berbeda setiap tahun.

Sttt… udah banyak banget, lho, mahasiswa yang berhasil meraih penghargaan di Model United Nation tingkat internasional

***

Gimana? Seru-seru banget ‘kan? Duh, ngomongin yang serba internasional jadi pengen ngegebet anak jurusan Hubungan Internasional jalan-jalan keliling duniaaaaa! 

(Sumber gambar: Tumblr, Twimg, Doubletree3, Freepik, Dwdove, Muslim Issues, Keep Calm)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 7 jam yang lalu

Maksudnya mengulang mata kuliah dengan nilai C+? Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan kampusmu. Untuk memastikan, konsultasi lah dengan pembimbing akademik.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Zanita Safitri | 2 hari yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 3 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 3 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 4 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1