Menu

Jurusanku: Administrasi Negara Universitas Jayabaya, Kartika Geovani

Dalam seri "Jurusanku", Kartika Geovani, mahasiswi Universitas Jayabaya, akan menjelaskan mengenai jurusannya: Administrasi Negara. Jangan salah, jurusan ini berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, lho. 

Kartika Geovani, yang lebih akrab dipanggil Geo, adalah mahasiswi tingkat akhir Universitas Jayabaya‍ jurusan Administrasi Negara Penasaran sama jurusan ini? Yuk, simak cerita Geo seputar jurusannya.

Jurusanku:

“Aku lagi kuliah di jurusan Administrasi Negara (AN). Secara umum, Administrasi Negara (atau Public Administration) adalah jurusan yang mempelajari gimana mengelola administrasi dengan baik. Khususnya, mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan dan unsur-unsur di dalamnya.

AN meliputi proses yang dilakukan organisasi maupun perseorangan, kaitannya dengan penerapan atau pelaksanaan kebijakan. Dan karena di kampusku jurusan AN ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), maka kita belajar sosial politik dengan porsi lebih besar.”

Mata kuliah penting:

“Menurut aku, setiap mata kuliah penting. Karena satu dengan lainnya berhubungan satu sama lain. Misalnya, di awal kuliah, kita bakal belajar pengantar statistik dan pengantar ilmu politik. Nanti kalau semesternya udah semakin meningkat, kita akan belajar masalah-masalah publik. Nah, mata kuliah awal itu ya bakal bermanfaat juga di akhir-akhir kuliah.”

Alasan kenapa memilih jurusan ini:

“Sebetulnya, waktu SMA aku ambil jurusan IPA. Tapi akhirnya aku memutuskan untuk banting setir ambil AN pas kuliah. Harapannya, aku nggak ketemu lagi sama pelajaran-pelajaran IPA. Hehehe…”

Tugas kuliah yang umum di dalam jurusan:

“Tugas AN banyak berhubungan dengan membuat makalah tentang politik, sistem pemerintahan serta pelayanan publik. Biasanya, dosen meminta kita menganalisa masalah-masalah yang ada dalam pelayanan publik.”

Peminatan dalam jurusan:

“Di berbagai universitas lain, misalnya Universitas Diponegoro, AN punya nama Administrasi Publik, sedangkan di UGM, namanya Manajemen Kebijakan Publik. Konsentrasinya bisa mengenai Administrasi Pembangunan, Kebijakan Publik dan Manajemen Publik. Di kampusku sendiri nggak ada konsentrasi lagi.”

Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami jurusan ini:

“Karena aku dari jurusan IPA, aku merasa harus mengulang belajar dari awal. Mungkin kalau kamu awalnya dari jurusan IPS, mata pelajaran Ekonomi, Statistik, Pendidikan Pancasila bakal berguna banget.”

Peluang karier jurusan ini:

“Banyak, kok. Kamu bisa menjadi aparat pemerintah baik pusat ataupun daerah. Menjadi peneliti kebijakan publik, masuk partai politik dan jadi anggota legislatif atau malah berkecimpung di lembaga masyarakat. Pada intinya, jurusan AN adalah memahami pola pemerintahan dan masyarakat. Jadi kita bisa menerapkan ilmu kita di bidang tersebut.

Teman-temanku banyak juga yang jadi jurnalis politik.”

Tips untuk anak muda yang ingin memilih jurusan kuliah ini:

Sering-sering baca masalah publik dan pemerintahan, lalu belajarlah menganalisa masalah tersebut. Di kampusku, semakin dalam analisa kita terhadap sebuah masalah dan manajemen publik, maka semakin baik.

Banyak yang bilang anak AN cuma tahu lapisan luar mengenai manajemen dan sistem pemerintahan. Tapi lapisan luar itu sangat melebar. Makanya, kita harus memperdalam lewat belajar dan rajin mencari informasi sendiri.”

 

Tertarik sharing mengenai jurusan kuliahmu seperti ini?  Kamu bisa berbagi cerita dan pengalaman di sini

(Sumber gambar: Geo, Youtube)

LATEST COMMENT
Muhammad Akbar | 12 jam yang lalu

Kak masuk jurusan ini harus hobbi baca buku gak??

Jurusanku: Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia, Alwansyah Nawal
Beby Nurdiana Rohman | 2 hari yang lalu

Sudah coba unduh aplikasi rencanamu belum? Coba deh, disitu kamu bisa tes minat dan potensi kamu. Siapa tau kalo udah unduh bisa kejawab pertanyaannya. Hehe :D

5 Jurusan dari Pendidikan Vokasi yang Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Kerja
Beby Nurdiana Rohman | 2 hari yang lalu

Sudah coba unduh aplikasi rencanamu belum? Coba deh, disitu kamu bisa tes minat dan potensi kamu. Siapa tau kalo udah unduh bisa kejawab pertanyaannya. Hehe :D

5 Jurusan dari Pendidikan Vokasi yang Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Kerja
Fadhilla Inayah | 3 hari yang lalu

OPEN PAID PROMOTE / ENDORSEMENT @fadhillanyhhh_ check bio

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©