Menu

6 Jurusan Sains Teknologi yang Sepi Peminat dan Prospek Kerjanya!

Kata siapa, sih, cuma rumpun ilmu pengetahuan Sosial dan Humaniora saja yang memiliki jurusan sepi peminat? Kamu perlu tahu, nih, bahwa rumpun ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi pun memiliki jurusan yang sepi peminat, lho.

Kok, bisa, sih, jurusan-jurusan di rumpun ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi memiliki jurusan yang jarang peminat? Bukannya rumpun ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi memiliki banyak peminat? Well, nyatanya, nggak semua jurusan rumpun ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi banyak peminatnya, nih, gaes.

Sepi peminat di rumpun ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi bukan karena jurusan tersebut jelek atau prospek kerja yang nggak bagus, gaes. Jurusan-jurusan tersebut jarang peminat biasanya karena banyaknya orang-orang yang nggak familiar dengan jurusan-jurusan tersebut. Hmm... Kira-kira, jurusan apa saja, ya, yang sepi peminat di rumpun Sains dan Teknologi?

1. Oseanografi 

oseanografi

Wah, apaan, nih, Jurusan Oseanografi? Well, jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang samudera dan juga lautan. Nah, karena Indonesia sendiri merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan, jurusan yang satu ini cocok banget buat kamu semua.

Memangnya, apa saja, sih, hal yang dipelajari di jurusan Oseanografi? Yap, kamu akan mempelajari tentang organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang dan dinamika cairan geofisika, tektonik lempeng dan geologi dasar laut, serta arus berbagai zat kimia dan fisika di dalam laut dan perbatasannya. Wah, duh, keren nggak, tuh?

Kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi peneliti di lembaga riset seperti LIPI, BNPB, BMKG dan sebagainya. Kamu pun bisa menjadi Metocean Engineer, Coastal Modeler, Surveryor, Offshore Navigator dan sebagainya. Menarik, kan, gaes?

2. Budidaya Perikanan

Hayo, siapa yang suka ngeledekin temannya untuk ternak lele saja? Haha. Jangan salah, gaes, ternak lele pun termasuk budiya perikanan, lho. Budidaya perikanan ini pun masuk ke dalam hal yang bisa dipelajari di dunia perkuliahan. Memangnya, di Jurusan Budidaya perikanan belajar apa saja, sih?

Budidaya Perikanan mempelajari tentang teknik budidaya perikanan darat dan laut yang ramah lingkungan dan ekonomis. Dalam melakukan budidaya perikanan diperlukan pengetahuan tentang teknik pembenihan ikan yang tepat dan produksi benih yang baik. Selain itu di program studi ini akan dipelajari juga tentang formulasi pakan ikan, mengelola dan mengendalikan kualitas air untuk budidaya ikan serta mengatasi hama dan penyakit pada ikan.

Lalu, kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu akan menjadi apa setelahnya? Well, mudahnya, kamu bisa memiliki usaha sendiri yang berhubungan dengan budidaya ikan. Namun, kamu pun dapat bekerja di sektor agrikultural atau pertanian. Kamu pun bisa bekerja di perusahaan eksportir perikanan, lho. Kalau kamu mau jadi PNS, pun, bisa, lho.

3. Astronomi 

Astronomi itu hal-hal yang mempelajari tentang zodiak, ya? Eits... Jangan salah, hal yang mempelajari tentang zodiak adalah astrologi bukan astronomi. Astronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perbintangan. Nah, kalau kamu suka memperhatikan bintang-bintang, udah saatnya, nih, kamu mempelajari lebih lanjut tentang perbintangan di jurusan yang satu ini.

Pada jurusan yang satu ini, kamu akan mempelajari banyak hal tentang perbintangan seperti astronomi posisi, mekanika benda langit, astronomi komputasi, tata surya, fisika galaksi, fisika bintang dan sebagainya. Nah, selain itu, kamu pun akan mempelajari hal-hal dasar seperti matrmatika dasar, fisika dasar, pengenalan tentang MIPA, kimia dasar dan sebagainya.

Nah, kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu bisa, lho, bekerja pada lembaga keilmuan seperi LIPI atau LAPAN. Karena kamu juga mempelajari tentang teknologi, nggak sedikit, lho, pekerjaan dalam ranah ilmu teknologi yang mempekerjakan lulusan astronomi. Meskipun peminat jurusan ini sedikit, namun, prospek kerjanya cukup luas, lho.

4. Teknik Biomedik (Teknobiomedik) 

Wah, Jurusan Biomedik, tuh, jurusan tentang apa, sih? Jurusan Biomedik adalah jurusan yang mempelajari tentang teknik terapan dalam bidang medis/kedokteran yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan terhadap materi-materinya yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Jurusan ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur terhadap ilmu medis dan biologis, karena menggabungkan beberapa jenis elemen-elemen teknik dan kedokteran yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien dan kesehatan seseorang secara umum.

Nah, pada jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, nih, gaes seperti ilmu dasar elektronika dan komputer, anatomi tubuh, ilmu faal, ilmu fisika medis dan sebagainya. Kamu juga perlu tahu, nih, gaes, ilmu yang satu ini pun mempelajari tentang hal-hal seputar dunia biologi. Dengan mempelajari ilmu biologi, diharapkan ilmu ini pun dapat mengembangkan peralatan dalam dunia medis.

Kalau kamu lulus dari jurusan ini, kamu pun memiliki prospek kerja yang baik, lho. Kamu bisa bekerja menjadi di bidang kesehatan tenaga ahli mitra, di bidang industri dan bahkan di bidang pendidikan. Kamu pun dapat bekerja di bidang layanan kesehatan non klinik yaitu menangani peralatan fisik, analisis biologi, dan analisis bahan kimia yang diperlukan dalam bidang medis.

5. Teknik Geologi 

geologi

Teknik Geologi adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu yang mempelajari komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Kamu sebagai mahasiswa teknik geologi pun harus memiliki berbagai pendapat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada bumi kita.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan kebumian seperti geologi dasar, mineralogi, paleontologi, sendimentologi, tektonika dan sebagainya. Bahkan kamu pun mempelajari sejarah, lho, tetapi sejarah yang dimaksud ialah sejarah yang berhubungan dengan pembentukan bumi, ya, hehe.

Setelah lulus, kamu dapat menjadi seorang pegawai di perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Adaro, Antam, Kideco, dan masih banyak lagi. Selain itu, mereka juga bisa masuk ke perusahaan perminyakan seperti Pertamina, Exxon, Chevron, British Petroleum, dan lain-lain. Jangan lupakan instansi pemerintah, ya, kamu bisa bekerja di Kementrian Lingkungan Hidup, Energi dan Sumber Daya Mineral, hingga BPPT dan LIPI.

***

Saya yakin, pasti banyak dari kamu yang sudah mendengar jurusan-jurusan di atas. Perlu diingat kembali, jurusan-jurusan tersebut jarang peminat bukan karena jurusan tersebut jelek atau bahkan karena prospek kerja yang nggak bagus.

Jurusan tersebut jarang peminat karena banyak orang yang tahu namanya, namun nggak familiar dengan ilmu yang dipelajarinya. Nah, sekarang, kamu kan sudah tahu, nih, prospek kerja dan hal apa yang dipelajari di jurusan-jurusan tersebut, apakah sekarang kamu tertarik untuk masuk di salah satu jurusan di atas, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: blog.ruangguru.com, d-onenews.com, rajras.in)

LATEST COMMENT
Rika Pratiwi | 15 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©