Menu

Mencari Program Studi yang Sesuai Untukmu dengan Konsep Ikigai

Masih ingat dengan konsep ikigai yang kemarin dibahas? Nah, untuk mengingat kembali, ikigai adalah suatu alasan yang membuatmu selalu bangkit atau selalu bangun di setiap paginya untuk menjalankan aktivitas. Ikigai ini sendiri terdiri dari passion, profession, vocation dan juga mission. Kalau kamu sudah menemukan keempat hal tersebut pasti kamu pun akan menemukan ikigai-mu.

Dengan memiliki ikigai, pasti kamu akan memiliki hidup yang lebih bermakna. Kenapa bisa begitu? Karena dengan memiliki ikigai kamu dapat menjalankan hal-hal yang kamu suka dan kuasai dengan dibayar dan tentunya hal yang kamu lakukan adalah hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak. Apa, sih, hal yang lebih bermakna dari hal-hal tersebut? Mampu dan suka dalam suatu hal lalu dibayar dan hal tersebut bermanfaat bagi orang lain merupakan hal yang tentunya sangat bermakna dalam kehidupan, gaes, karena semua aspek dalam kehidupan dapat terpenuhi.

diagram ikigai

Sebelumnya, saya juga bilang meskipun konsep ikigai ini berasal dari Jepang, namun prakteknya bisa dilakukan dimana pun dan dalam kondisi apapun, kan? Nah, tahukah kamu? Konsep ikigai ini pun bisa kamu terapkan dalam mencari program studi yang sangat sesuai denganmu, lho! Penasaran? Yuk, Cek informasi dibawah ini!

1. Cari pelajaran atau aktivitas yang kamu sukai

Yap! Ketika kamu bersekolah, pasti kamu memiliki beberapa mata pelajaran yang kamu suka, kan? Nah, mata pelajaran yang kamu sukai ini bisa menjadi dasar untuk memilih program studi ketika nanti kamu berkuliah. Misalnya, nih, ketika kamu suka sama mata pelajaran matematika, kamu bisa mencari program studi yang berhubungan dengan matematika seperti Program Studi Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Statistika dan sebagainya.

Contoh lainnya, ketika kamu suka sama mata pelajaran bahasa Jepang, kamu juga bisa, kok, mencari program studi yang sesuai dengan pelajaran yang kamu sukai itu, misalnya seperti pendidikan bahasa dan sastra Jepang atau Program Studi Sastra Jepang.

Hal yang kamu sukai ini, nggak selalu tentang mata pelajaran, kok. Kalau kamu memiliki hobi, maka hobi ini bisa menjadi dasar dalam memilih program studi. Misalnya, nih, kamu hobi dalam hal menggambar dan membuat animasi, kamu bisa kok memilih Program Studi Animasi. Pokoknya, ketika kamu memilih program studi kamu harus suka terlebih dahulu dengan hal-hal yang akan dipelajari di program studi tersebut.

2. Setelah kamu tahu pelajaran atau aktivitas apa yang kamu suka, cari tahu apakah kamu mampu pada pelajaran tersebut

Jujur saja, nih, gaes, dulu saya memilih Program Studi Ekonomi ketika saya kelas sepuluh karena menurut saya masuk Program Studi Ekonomi itu keren. Padahal, saya nggak paham betul dengan pelajaran ekonomi, apalagi akuntansi. Nah, pasti banyak di antara kamu yang masih memiliki pemikiran seperti ini, kan?

Ketika mencari program studi, selain kamu suka dengan pelajarannya, kamu pun juga harus tahu apakah kamu mampu untuk belajar hal tersebut atau malah sebaliknya.  Misalnya, nih, kamu suka nonton anime dan suka sekali dengan budaya Jepang, akhirnya, kamu pun memilih program studi sastra Jepang. Namun, entah kenapa kamu merasa bahwa kamu kesulitan untuk paham bahasa Jepang. Kamu pun merasa bahwa menghafal huruf Jepang merupakan suatu hal yang sulit untukmu.

Well, kalau kamu merasa demikian, menurut saya, kamu harus cari pelajaran atau aktivitas lain yang kamu suka dan tentunya yang kamu mampu atau kuasai. Bingung sama kemampuanmu? Yuk, cari tahu apa saja, sih, kemampuanmu bersama youthmanual! Hehe.

3. Cari tahu prospek kerja setelah lulus dari program studi tersebut

Yap, setelah kamu mengetahui hal-hal apa saja yang kamu suka dan kamu kuasai, kamu pun harus mencari tahu pekerjaan apa yang cocok untuk program studi yang ingin kamu daftar. Misalnya, nih, kamu merasa bahwa kamu bisa dan mampu untuk belajar di Program Studi Ekonomi. Kamu pun harus memikirkan prospek kerja dari program studi ekonomi. Misalnya prospek kerja lulusan Program Studi Ekonomi dapat bekerja sebagai akuntan profesional, seorang analisis keuangan, konsultan manajemen, konsultan ekonomi dan sebagainya.

Kenapa, sih, kamu harus cari tahu prospek kerja dari program studi tersebut? Karena, salah satu hal yang perlu kamu ingat dari ikigai adalah carilah sesuatu pekerjaan yang bisa membayarmu. Kalau kamu memiliki suatu pelajaran atau aktivitas yang kamu suka dan kamu kuasai, lalu dengan program studi tersebut, setelah lulus kamu memiliki prospek kerja yang bagus, berarti kamu sudah memiliki tiga komponen dalam ikigai.

4. Cari tahu apakah program studi tersebut dapat membantu kebutuhan dari orang banyak

Yap, setelah kamu mengetahui pelajaran atau aktivitas yang kamu sukai dan kamu kuasai, dan kamu pun tahu bagaimana prospek kerja setelah lulus dari program studi tersebut, selanjutnya, kamu harus tahu apakah program studi tersebut dapat membantu kebutuhan dari orang banyak atau nggak.

Misalnya, nih, kamu suka dengan mata pelajaran bahasa Inggris ketika di sekolah. Selain itu, kamu pun merupakan seseorang yang pintar dalam mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Akhirnya kamu memutuskan untuk mencari tahu program studi apa saja, sih, yang masih ada hubungannya dengan mata pelajaran bahasa Inggris.

Setelah mendapatkan beberapa nama program studi, kamu pun mencaritahu prospek kerja dari masing-masing program studi tersebut. Setelah kamu mengetahuinya, kamu cari tahu juga, apakah program studi-program studi tersebut bermanfaat bagi orang banyak atau nggak. Akhirnya kamu memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris karena program studi tersebut merupakan suatu hal yang kamu suka dan kamu mampu. Prospek kerja dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pun bagus dan tentunya dapat membantu kebutuhan orang lain dalam mengerti bahasa Inggris.

***

Perlu diingat, ketika kamu memilih program studi dengan konsep ikigai ini, kamu harus memiliki empat unsur di atas, ya. Program studi tersebut haruslah merupakan suatu pelajaran yang kamu sukai dan kuasai. Selain itu, kamu pun harus tahu bagaimana prospek kerja ketika kamu sudah lulus dari program studi tersebut. Kamu pun perlu tahu apakah ketika lulus nanti ilmumu akan bermanfaat bagi orang banyak?

Kalau kamu mempraktekkan konsep ikigai ini dalam mencari program studi, saya yakin pasti kamu nggak akan ketemu yang namanya capek belajar dan merasa salah program studi. Nah, maka dari itu, yuk, terapkan konsep ikigai dalam mencari program studi yang tepat untukmu!

Baca juga:

(Sumber gambar: pinterest.com, medium.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©