Double Programs di BINUS University: Kuliah di 2 Prodi Sekaligus

Kuliah di 2 program studi sekaligus, memangnya bisa? Bisa, walaupun belum banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki double programs. Nah, kamu yang tertarik untuk kuliah di dua jurusan S1 secara bersamaan bisa mengecek Double Programs di BINUS University 

Prodi Ganda, Gelar Ganda

Banyak orang yang ingin fokus di satu bidang studi, tapi ada juga orang yang berminat ingin mendalami dua prodi sekaligus.

Saya pernah merasakan, mengambil 2 prodi sekaligus. Tapi karena bukan program resmi dari kampus, saya hanya bisa menjalani prodi S1 dan D3 (bukan S1 dan S1). Jadwal yang bentrok pun kerap menjadi hambatan.

Namun, sekarang sudah ada kampus seperti BINUS University yang memang memiliki program jurusan kuliah S1 ganda alias Double Programs.  

Double Programs disusun secara khusus oleh kampus sehingga efektif, baik dari segi jadwal maupun mata kuliah. Nggak perlu mengulang mata kuliah dasar yang sama.

Karena mengambil 2 program studi S1, maka tentu jumlah mata kuliah dan SKS lebih banyak ketimbang kuliah reguler. Dan jika S1 reguler standarnya selesai setelah 4 tahun, maka Double Programs umumnya sepanjang 5 tahun. Lulusannya memperoleh dua gelar sarjana berbeda, sesuai studi yang diambil.

Pilihan Studi Double Programs

Jika mengikuti Double Programs, mahasiswa akan mempelajari dua bidang yang berbeda, namun kedua ilmunya saling menunjang.

Nah, inilah prodi Double Programs yang ditawarkan BINUS University:

1. Computer Science & Mathematics

Syarat pendaftar: khusus untuk jurusan IPA / SMK sederajat

Biaya kuliah total: Rp224,680,000              

Penguasaan Ilmu Komputer serta Matematika dibutuhkan dalam industri, terutama dalam bidang usaha atau divisi pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi. Matematika murni, kecakapan dan pengetahuan, komputer, matematika komputer, analisa matematika, hingga perkembangan teknologi terbaru dipelajari di sini. Lulusannya cocok bekerja sebagai aktuaris, analis bisnis, pengembang software, hingga konsultan IT.

2. Computer Science & Statistics

Syarat pendaftar: khusus untuk jurusan IPA /SMK yang sejalan

Biaya kuliah total: Rp224,680,000

Statistika merupakan bidang yang dicari di era teknologi dan data. Statistik berbasis komputer, ilmu komputer, pengetahuan statistika serta teknologi pengolahan data dipelajari di sini. Lulusannya dapat bekerja antara lain sebagai  data scientist, analis bisnis, periset pasar, analis sistem, pengembang database, serta risk analyst.

3. Information Systems & Management

Syarat pendaftar: untuk semua jurusan SMA/sederajat

Biaya kuliah total: Rp224,680,000

Program ini pas banget untuk kamu yang ingin memperdalam bidang teknologi yang merupakan rumpun saintek dan Managemen yang merupakan bidang soshum. Apalagi program ini terbuka untuk semua jurusan baik IPA, IPS, maupun lainnya. Dengan keahlian Sistem Informasi dan Manajemen, lulusannya berpeluang menjadi pengusaha bidang teknologi, pelaku bisnis digital, konsultan teknologi, konsultan sistem informasi, desainer sistem, dan manajer sistem informasi.

4. Information Systems & Accounting

Syarat pendaftar: untuk semua jurusan SMA/sederajat

Biaya kuliah total: Rp224,680,000

Dalam program ini kamu akan menempuh 202 SKS untuk mempelajari studi Akuntansi dan Sistem Informasi, dengan gelar SE, dan S.Kom. Walau kesannya berbeda, namun ilmu dan keahlian di kedua bidang ini dibutuhkan dalam industri dan saling mendukung. Lulusannya diharapkan menguasai keahlian seperti menyusun dan menganalisa laporan keuangan, merekomendasikan berbagai keputusan finansial,  melakukan audit, menganalisa dan memberikan rekomendasi untuk sistem informasi akuntansi, mendesain sistem informasi, dan memberi solusi seputar pajak.

Hal lain yang perlu kamu ketahui seputar kuliah Double Programs di BINUS University adalah:

1. Untuk masuk program ini, kamu perlu mendaftar dan mengikuti Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS) yang materinya mencakup logika, kemampuan belajar, abstraksi non verbal, dan tes kemampuan bahasa.

2. Total SKS dipadatkan hingga sekitar 200an SKS.

3. Perkuliahan umumnya selama 10 semester atau sekitar 4,5 tahun hingga 5tahun.

4. Ada program magang sesuai prodi yang diambil.

5. Tugas akhir (skripsi) hanya satu tetapi isinya mencakup dua bidang studi yang diambil.

6. Dalam 1 semester terdapat mata kuliah dari kedua program studi.

7. Berhubungan dengan poin 6, Indeks Prestasi (IP) merupakan gabungan dari berbagai mata kuliah dari dua prodi. Jadi IP-nya sudah tergabung, dan mewakili kedua jurusan.

Ambil Kuliah Double Programs?

Sebelum memutuskan kuliah di dua jurusan sekaligus, ini yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Kamu memang berminat dengan kedua jurusan tersebut. Nggak bisa hanya salah satunya. Walaupun mungkin saja ada satu studi yang lebih fokus/paling favorit. Intinya, kamu mesti menjalani keduanya.

2. Harus siap dengan perkuliahan yang lebih banyak, jadwal yang lebih padat, tugas yang bertumpuk, dan ujian yang “double”. Kamu mesti memberikan perhatian dan waktu ekstra untuk urusan akademis, sehingga waktu untuk hal lain seperti hangout, berorganisasi, dan lainnya mesti dikurangi.

3. Waktu studi juga lebih panjang. S1 reguler bisa ditempuh 3.5 atau 4 tahun. Sementara double programs 4,5 - 5 tahun. Mesti konsisten selama sekita 5 tahun mempelajari 2 bidang tersebut.

4. Biayanya sedikit lebih besar dibandingkan S1 reguler.

5. Mesti punya manajemen waktu yang canggih. Rencanamu pernah ngobrol sama Misya Afraismu Wardah, yang menjalani Double Programs di BINUS University. Misya mengaku bahwa tugasnya sangat banyak, sehingga siswa yang mengambi kuliah ganda harus pintar mengatur waktu. “Sebaiknya, hindari jurusan ganda (Double Program) jika tidak bisa mengatur waktu atau suka menunda mengerjakan tugas,” jelas Misya.

Kalau pengen tahu cerita Misya lebih lanjut, bisa kamu baca di sini.

Selain Misya, Iman Sjafei creativepreneur muda sukses sekaligus pendiri dan CFO agensi kreatif Rekreasi juga mengambil Double Programs di BINUS University. Ia lulus dengan 2 gelar sarjana, sebelum akhirnya meneruskan S2 di BINUS University.

(Sumber gambar: Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1