Ini Dia 7 Perguruan Tinggi Kedinasan Yang Nggak Kalah Kece Dari Perguruan Tinggi Negeri!

Perguruan Tinggi Kedinasan atau yang seringkali disebut juga sebagai Sekolah Kedinasan adalah sebuah lembaga perguruan tinggi yang lagi banyak diminati anak-anak kelas 12 yang tengah mempersiapkan masa depannya. Selain biaya kuliah yang relatif lebih murah (bahkan gratis!), perguruan tinggi jenis ini juga menawarkan prospek kerja yang mumpuni banget dengan sistem ikatan dinasnya.

Maka itu, kali ini Youthmanual mau bahas 7 Sekolah Kedinasan yang bisa kamu pertimbangkan buat melanjutkan pendidikan kamu nanti setelah lulus. Siapa tau ‘kan, tahun depan kamu bisa menyandang almamater/seragam sekolah-sekolah ini dengan bangga.

1. Politeknik Keuangan Negara‍ STAN (PKN STAN) 

Sekolah kedinasan yang dulunya hanya bernama STAN ini merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah Kementrian Keuangan. Udah jelas banget ‘kan gimana prospek kerjanya? Pastinya mumpuni banget sih, secara ini Kementrian Keuangan gitu lho. PKN STAN menawarkan beragam program studi dengan gelar Diploma I sampai dengan Diploma IV.

Program studi: Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, Pajak, Akuntansi, Manajemen Aset, dan Pajak Bumi dan Bangunan

Website resmi: http://pknstan.ac.id

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik‍ (STIS)

Merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS), perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akadami Ilmu Statistik (AIS). STIS hanya memiliki 2 program studi utama dengan gelar Diploma IV.

Program studi: Statistik dan Komputasi Statistik

Website resmi: http://stis.ac.id

3. Akademi Militer‍ (Akmil)

Siapa yang nggak kenal sekolah kedinasan yang satu ini? Dari akademi inilah, lahir para punggawa TNI nan gagah berani yang bertugas melindungi NKRI tercinta ini. Aisedap. Kamu tertarik untuk berkarir di dunia militer? Yuk persiapkan dirimu dari sekarang untuk masuk Akademi Militer.

Program studi: Tamtama, Bintara Angkatan Darat, Taruna Akmil

Website resmi: http://akmil.ac.id

4.  Institut Pemerintahan Dalam Negeri‍ (IPDN)

Meski sekolah kedinasan ini terbilang cukup kontroversional, tapi nyatanya IPDN masih menjadi pilihan banyak anak SMA untuk melanjutkan pendidikannya. Berada di bawah Kementrian Dalam Negeri, IPDN memiliki kampus yang terletak di daerah dataran tinggi Jatinangor, Jawa Barat.

Program studi: Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Maanusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan

Website resmi: http://spcp.ipdn.ac.id/spcp/

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara‍ (STIN)

Nggak cuma Amerika aja yang punya badan intelijen kenamaan, Indonesia juga punya lho. Yup, Badan Intelijen Nasional alias BIN merupakan organisasi intel yang membawahi sekolah kedinasan yang satu ini. Hmm, kebayang nggak gimana rasanya belajar jadi intel? Pasti seru banget deh.

Program studi: Agen dan Analis Intelijen

Website resmi: http://stin.ac.id

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Kilmatologi dan Geofisika (STMKG)

Tertarik mempelajari soal perubahan iklim dan meteorologi? STMKG mungkin bisa jadi pilihan kamu. Berada di bawah BMKG, perguruan tinggi kedinasan ini mempersiapkan lulusannya buat jadi tingkat madya guna mendukung tugas badan meteorologi itu sendiri

Program studi: Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi

Website resmi: http://ptb.stmkg.ac.id

7. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

Belajar soal nuklir di sekolah kedinasan? Di sini tempatnya. Perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Badan Tenaga Nuklir (BATAN), merupakan satu-satunya sekolah kedinasan di Indonesia yang benar-benar fokus di bidang teknologi nuklir, lho. Keren banget nggak sih, sob?

Program studi: Teknofisika Nuklir dan Teknokimia Nuklir

Website resmi: http://sttn-batan.ac.id

***

Itu dia, sob, beberapa sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih buat melanjutkan pendidikanmu nanti. Kira-kira yang mana nih sekolah kedinasan mana yang jadi impianmu? Komen di bawah ini yuk!

(sumber gambar: ilhamsrko.blogspot.com, bimapknstan.files.wordpress.com, bryantwin03.blogspot.com, sttn-batan.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 4 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 25 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 25 hari yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 26 hari yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1