8 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Mengusir Jenuh saat Mager di Kost

Kamu pernah nggak, sih, gaes, merasa malas bergerak alias mager saat weekend? Jangankan untuk sekadar membeli saus di warung depan, bangun dari tempat tidur pun rasanya kaki sangat berat buat diajak berdiri. Alhasil, seharian kamu pasti cuma rebahan aja di kasur, tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Nah, biar kamu nggak jadi kaum rebahan yang kerjanya cuma tidur-tiduran sambil merenung di kost. Di bawah berikut ini senggaknya ada 8 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama akhir pekan.

1. Maraton film dan serial

Biasanya hal pertama yang jadi favorit anak kost saat mager di kost-an adalah maraton nonton film atau serial. Kalau sudah maraton nonton serial—apalagi kalau nontonnya drama Korea. Wah, nggak usah ditanya lagi, bisa-bisa kamu nggak akan berhenti dari pagi sampai pagi lagi! Bener nggak? Hehehe.

Buat kamu yang nggak suka nonton drama korea, kamu tetap bisa, kok, maraton film. Misalnya dengan menonton film horor biar weekend-mu jadi makin seru. Takut nonton sendirian? Ah, nggak usah bingung, gaes. Ajak saja teman satu kamarmu atau teman kost-mu yang lainnya.

Jangan lupa siapkan camilan buat teman nontonnya, ya. Eitss… kalau awal atau akhir bulan kamu belum dapet kiriman uang, nonton film sambil minum air putih juga nggak masalah.

2. Main game bareng

Untuk kegiatan yang satu ini sepertinya juga jadi kegiatan favorit anak kost (khususnya anak cowok), deh. Yap, main game.

Anyway, main game bisa kamu lakukan dengan siapa saja. Entah itu bareng teman-teman satu kost atau sendirian. Hah? Main game sendirian? Gimana caranya?

Biasanya, sih, kalau sudah mager maksimal (bahkan untuk main ke kamar kost sebelah), main game sendirian secara online bisa jadi pilihan. Chat saja teman kamu untuk mabar alias main bareng.

Atau kalau kamu nggak mau sendirian, pilih game yang bisa dimainkan banyak orang saja. Seperti monopoli, catur, ular tangga atau PlayStation. Pasang taruhan kecil-kecilan biar makin seru—misalnya yang kalah disuruh bersih-bersih halaman kos atau disuruh masakin mie instan, dan lain sebagainya.

3. Masak-masak

Jauh dari rumah memang mengharuskan kamu untuk survive dan mandiri sebagai anak kost. Mulai dari merapikan kamar sendiri hingga memasak untuk makan malam.

Nah, kalau akhir pekan tiba dan kamu lagi malas ke mana-mana, mending kamu masak saja. Kamu bisa masak kue, makanan berat atau bikin camilan.

Merasa bosan masak sendirian? Ajak tetangga kost atau undang teman-temanmu lainnya biar bisa masak dan makan bareng-bareng. Selain seru, bisa jadi lebih hemat karena ada yang diajak patungan bukan? Hehehe.

4. Main gitar atau bikin video cover

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan anak kost saat mager adalah main musik atau buat video cover. Nggak harus punya suara bagus, kok, yang penting adalah percaya diri.

Kamu bisa main gitar sendirian di kamar sambil melamunkan si dia (cielah) atau bisa juga main ke kamar kost sebelah sambil bawa gitar. Soalnya, main gitar sambil nyanyi bareng teman, ’kan, lebih asyik. Apalagi, kalau kamu dan temanmu itu sangat percaya diri, kamu juga bisa bikin cover lagu bareng teman dan di-upload ke YouTube atau Instagram. Ya, siapa tahu cover lagumu bisa jadi viral karena dilihat ribuan orang?

5. Melakukan perawatan diri atau belajar make up

Kegiatan satu ini sepertinya jadi aktivitas favorit buat kamu (perempuan) yang sering mager di kost setiap weekend-nya. Kamu bisa maskeran, luluran atau creambath rambut. Selain hemat karena dilakukan di kost, perawatan diri berfungsi sekaligus sebagai ajang relaksasi. Jadi, makin cantik dan fresh, deh!

Buat kamu yang sedang nggak ingin maskeran, kamu juga bisa mencoba mengaplikasikan make up yang kamu lihat di video tutorial YouTube, lho. Kalau kamu nggak punya peralatan make up yang lengkap, coba tanya ke teman kost-mu yang lain. Siapa tahu mereka punya. Alhasil, kamu bisa belajar make up bareng, deh!

6. Mendekorasi ulang kamar

‘Kan, kamu selama ini terbentur dengan aktivitas sehari-hari yang super padat, sehingga kamu nggak bisa merawat kamar kost-mu dengan baik. Jadi, waktu yang tepat adalah akhir pekan. Nah, mumpung kamu sedang malas untuk keluar kost, kenapa nggak mendekor ulang kamar saja?

Realisasikan ide desain ulang kamar kost-mu yang selama ini tertunda. Mulailah dengan membersihkan kamar kost terlebih dahulu sebelum mendekor ulang. Kamu bisa menemukan inspirasi dekorasi kamar yang keren lewat Pinterest, Tumblr atau website-website inspiratif lainnya. Tampilan kamar baru pasti membuat kamu jadi lebih semangat belajar!

7. Membaca atau menulis

Nah, kegiatan ini ditujukan untuk kamu yang hobi menulis dan baca buku. Saat mager menyerang, habiskan waktu dengan cara menuntaskan buku yang sedang kamu baca.

Kamu bebas membaca dari buku ataupun website. Mungkin dengan membaca buku, kamu akan menemukan inspirasi kegiatan yang dilakukan untuk weekend selanjutnya.

Bosan dengan membaca buku? Kenapa nggak menulis saja?

Cobalah membuat blog pribadi agar karya tulis kamu bisa diketahui orang banyak. Kalau kamu punya blog pribadi, kamu bebas menulis tentang apa saja. Boleh curhat tentang sibuknya kamu akhir-akhir ini, pengalaman traveling kamu bersama teman-teman, tips dan trik yang bermanfaat serta hal-hal lainnya yang positif.

Oyaa, buat kamu yang nggak punya hobi menulis dan baca buku. Kamu juga bisa, lho, mencoba kegiatan yang satu ini. Siapa tahu dengan kegiatan yang satu ini kamu bisa menemukan passion-mu yang baru.  

8. Menanam tanaman

Last but not least, menanam tanaman juga jadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat mager di kost. Nggak perlu tanaman yang besar dan sulit dirawat, cukup dengan tanaman yang mudah dirawat seperti kaktus dan sukulen.

Kalau kost kamu punya lahan atau teras yang lumayan memadai untuk ditanami, boleh banget mencoba menanam tanaman obat-obatan atau sayuran. Kalau sudah waktunya panen, ‘kan, jadi bisa digunakan untuk memasak. Jadi, sisihkan uang jajan kamu untuk membeli bibit tanaman, ya!

***

Itulah dia beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat sedang mager di kost. Jadi, gimana? Akhir pekan-mu bakal lebih bermanfaat, ‘kan?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: universiteitleiden.nl, musicradar.com, stocksy.com, wikihow.com, dreams.co.uk)

LATEST COMMENT
Nurul Hidayah | 5 jam yang lalu

pengen kali waktu smk masuk jurusan akuntansi, tapi ga ada smk yg membuka jurusan itu, akhirnya milih jurusan desain grafis. jadi ya... agak susah nerima pelajarannya gitu. rencana nya waktu kuliah aku mau ambil jurusan akuntansi. kira2 alasan nya mendukung ga ya? saya takut salah jalan:'

Ingin Memilih Jurusan Kuliah yang berbeda dengan Jurusan SMK? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini
Vidia Astuti | 10 jam yang lalu

Program studi pastry itu masih masuk jurusan tata boga atau bukan ya?

Kenal lebih Dekat dengan Program Studi Pastry, Yuk!
may | 1 hari yang lalu

Tahun ini anak ipa yang mau masuk ke soshum itu bayarnya yang IPC ya/yang saintek?

Lintas Jurusan SBMPTN 2020: IPS Sulit Ambil Saintek, IPA Bebas Pilih Prodi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1