Menu

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Akuntansi

Nggak salah, sih, kalau ada yang bilang jurusan Akuntansi‍ nggak bakal sepi peminat sampai kiamat. Selain fokus pembelajarannya yang pasti dalam dunia keuangan, prospek kerjanya juga sangat luas karena nggak ada perusahaan yang nggak membutuhkan tenaga akuntansi yang kompeten.

Tapi, kamu harus tau kalau belajar akuntansi di bangku perkuliahan itu aslinya nggak cuma sekadar fasih ngitung akun-akun di neraca sampai balans, trus lulus langsung sukses jadi seorang akuntan!

Seperti jurusan-jurusan kuliah lainnya, jurusan akuntasi juga punya pilihan konsentrasi yang lebih spesifik, dan prospek kerjanya pun nggak melulu berujung jadi akuntan. Ilmu akuntansi itu jauh lebih luas dari apa yang kamu dapetin selama di bangku sekolah, sob!

So, agar pilihan kamu untuk memilih jurusan kuliah ini makin mantap, berikut adalah berbagai konsentrasi di jurusan Akuntansi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu.

1. Akuntansi Keuangan

akuntansi keuangan

Konsentrasi akuntansi keuangan pastinya memiliki kaitan yang sangat erat dengan pergerakan pasar modal. Jadi, neraca yang kamu hitung sampai balans itu bakal digunakan untuk menganalisis siklus akuntansi perusahaan serta sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak manajerial.

Simpelnya, di konsentrasi ini, ilmu akuntansi yang kamu pelajari lebih menitikberatkan pada pencatatan dan pelaporan dari data kinerja keuangan internal perusahaan, dan hasilnya dapat digunakan oleh pihak eksternal (kreditor/investor/pemerintah) untuk mengambil keputusan investasi perusahaan tersebut.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Analisis sekuritas dan portfolio
  • Analisis laporan keuangan
  • Akuntansi syariah

2. Akuntansi Sektor Publik

Nggak jauh beda dari ilmu ekonomi sektor publik, akuntansi sektor publik juga membahas seputar kondisi keuangan di instansi publik, baik di tingkat daerah maupun pusat. Bedanya, kalau di ilmu ekonomi kamu fokus ke kajian fenomenanya, kalau di akuntansi kamu lebih banyak ngitung pendanaan dan ngecek pengelolaan serta realisasi anggarannya.

Eniwei, sektor publik nggak selalu berurusan dengan pemerintah aja, kok. Banyak banget “lahan” yang bisa kamu incar sebagai prospek kerja masa depan kamu sebagai lulusan akuntansi sektor publik seperti organisasi nirlaba swasta.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Standar akuntansi sektor publik
  • Perencanaan dan pengembangan sektor publik
  • Audit akuntansi sektor publik

3. Akuntansi Perpajakan

akuntansi perpajakan

Belajar di konsentrasi akuntansi perpajakan bukan berarti setelah lulus kamu kerjaannya berkeliaran mungutin pajak, lho, ya. Lebih tepatnya kamu akan mempelajari lebih jauh mengenai transaksi ekonomi dan aset sebagai objek pajak, yang pengelolaannya perlu kaji dan analisa sesuai dengan perundangan.

Di Indonesia sendiri, kamu pasti udah paham lah ya sama masyarakatnya yang suka mangkir pajak. Makanya, konsentrasi ini cocok banget buat kamu yang ingin membantu pemerintah kita untuk mengatasi masalah pajak-memajak, hihihi.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Perencanaan pajak
  • Pemeriksaan pajak
  • Manajemen perpajakan

4. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan lebih dikenal dengan nama kerennya, yaitu auditing. Pastinya, di konsentrasi ini kemampuan kamu dalam memeriksa/mengaudit laporan bakal dipertajam. Dengan kata lain, kamu harus banget teliti dan jeli dalam menganalisa data yang sudah diproses demi menghindari kerancuan atau bias. Atau dalam bahasa yang lebih merakyat: korupsi.

Di konsentrasi ini kamu juga nggak sekadar fasih mengaudit laporan keuangan aja, lho, gaes. Kamu juga harus mampu untuk mengaudit proses yang lebih rumit, seperti data elektronik sampai investigasi data keuangan. Syedap!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Sistem akuntansi pemeriksaan
  • Internal audit
  • Akuntansi forensik

5. Sistem Informasi Akuntansi

sistem informasi akuntansi

Karena zaman yang semakin maju, semua kegiatan yang kita lakukan sekarang ini nggak bisa lepas dari campur tangan teknologi, dan nggak terkecuali dengan akuntansi. Makanya, di konsentrasi sistem informasi akuntansi, kamu bakal belajar banyak mengenai instrumen dalam pengendalian manajemen siklus akuntansi suatu perusahaan, baik yang masih konvensional maupun yang sudah terkomputerisasi.

Nggak cuma dibekali pemahaman soal cara penggunaannya, kamu juga sedikit banyak diajarkan bagaimana cara mengembangkan sistem informasi yang sudah ada menjadi lebih efektif dan efisien dalam menunjang proses pengambilan keputusan. Jadi, ilmu akuntansi dapet, ilmu teknologinya juga dapet!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Perancangan sistem informasi akuntansi
  • Support system management
  • Sistem informasi akuntansi berbasis komputer

***

Selamat menentukan pilihan!

(sumber gambar: techstory.in, businessnewdaily.com, calypsoaccounting.co.za, bpoconnect.com.au)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©