11 Tipe Penghuni Kosan yang Selalu Ada

oleh Nadia Fernanda

Para penghuni kosan itu ibarat Pokémon. Bisa disimpan di dalam bola dan dikoleksi. Nggak, deng! Maksudnya, sifat dan karakter mereka sangat beragam. Nah, kalau kamu anak kosan, nggak ada salahnya untuk “mengulik” tipe-tipe penghuni kos yang biasanya selalu ada di setiap kosan, karena toh kamu bakal hidup seatap dengan mereka dalam jangka waktu lama.

Inilah mereka! Eng, ing, eng!

Si Penyendiri

Si Penyendiri adalah tipe penghuni kosan paling misterius yang nggak pernah kelihatan keluar kamar, kecuali kalau dia mau makan atau berangkat ke kampus. Hobinya menyendiri dan mengurung diri di kamar. Kemunculan dia bahkan lebih langka daripada kemunculan komet Halley #lebay. Nggak ada yang tahu seperti apa persisnya kepribadian Si Penyendiri karena dia jarang bergaul dengan penghuni kosan lainnya.

Si Banyak Acara

Sama seperti Si Penyendiri, Si Banyak Acara juga jarang kelihatan di kosan. Bukan karena nggak pernah keluar kamar, tetapi justru karena dia selalu di luar kamar alias pergi melulu! Agendanya beragam, mulai dari ikut kegiatan kampus sampai hang out bareng teman-teman. Bisa dibilang, dia paling nggak betah diam aja di kosan. Maka jangan heran kalau dia bakal sering ngajak kamu atau penghuni kosan lain jalan-jalan.

Si Always Homesick

si always homesick

Kalau kamu ketemu Si Always Homesick, kemungkinan besar dia cuma lagi melakukan dua hal: 1) nelpon orang tuanya, atau 2) ngebahas betapa kangennya dia dengan kampung halaman tercinta sampai mulutnya berbusa. Jangan harap bisa ketemu Si Always Homesick di hari libur atau weekend, karena dia pasti lagi pulang kampung!

Si Raja Mager

Jangankan menjaga kebersihan kamarnya sendiri. Menjaga kerapihan area bersama di kosan aja dia malesnya minta ampuuuun! Jadi jangan bosan-bosan mengingatkan tipe penghuni satu yang ini untuk sekedar mencuci piringnya sendiri atau melaksanakan piket bersih-bersih kosan.

Si Super Bersih

Tipe penghuni kosan yang satu ini, sih, sudah pasti benci banget sama yang namanya kotor dan berantakan, entah di kamarnya sendiri atau di area bersama rumah kosan. Istilahnya, bikin mata dia buluan! Kalau Si Super Bersih lihat sesuatu yang kotor atau berantakan di deket kamu, siap-siap, deh, diceramahin sama dia, biarpun yang bikin kotor bukan kamu!

Si “Mama/Papa”

Kenapa disebut Si “Mama/Papa?” Soalnya, seperti halnya orang tua, penghuni kosan yang satu ini adalah sosok paling “ngemong” dan paling bisa diandalkan di seantero kosan. Dia adalah pilihan pertama kamu saat kamu butuh bantuan, butuh solusi, atau sekedar butuh curhat. Tapi bukan saat kamu butuh uang jajan, yaaa...

Si Intel

si intel

Dijamin, deh. Hidup kamu nggak akan pernah kudet kalau ada tipe penghuni kosan yang satu ini. Ibarat Tuhan, dia tahu tentang siapapun dan apapun yang mereka kerjakan, terutama seputar para penghuni kosan! Karena hidupnya nggak jauh-jauh dari gosip, hati-hati, kamu sendiri jangan sampai melakukan hal aneh-aneh atau bikin skandal selama masih satu kosan sama dia, ya!

Si Metroseksual

Penghuni kosan yang berciri-ciri metroseksual biasanya cowok, dan penampilannya super necis, wangi, bin perlente. Kalau lagi dandan bersiap-siap pergi, beuh, lamanya bisa nyaingin perjalanan Jakarta-Bandung via tol! Positifnya, sih, dia bisa bikin mata kamu “segar” dengan penampilannya yang apik.

Si Diktator

Andaikata ibu kosan punya minion alias kaki tangan, Si Diktator ini adalah wujudnya. Baginya, peraturan kosan dari A sampai Z harus dituruti dan pantangannya nggak boleh sampai dilanggar! Yang ngeselin, dia suka berlaku seperti polisi dan sering ikut campur—bahkan mengatur—hal-hal yang bukan urusannya. Zbl!

Si Irit

Ini dia, nih, tipe penghuni kosan yang ciri-cirinya paling khas. Memang, sih, mahasiswa harus hidup hemat, tapi gaya hidup hemat Si Irit patut dianugerahi piala, deh, saking “ekstrem”nya. Berhari-hari makan cuma pakai nasi dan kuah gulai warung Padang juga dia kuat. Radar “irit”nya pun bisa mendeteksi segala macam diskonan dari radius berpuluh-puluh kilometer. Trus, di mana ada gratisan, pasti ada dia. Oya, saking hematnya, Si Irit juga terkenal sebagai tukang pinjam (tapi dibalikin nggak, tuh?!)

Si Dermawan

anak kos youthmanual

Sedermawan-dermawannya, kalau disuruh ngasih makan anak kos segini banyak, sih, males juga, ya!

Kebalikan dari Si Irit, kalau di kosan kamu terdapat penghuni tipe dermawan, berbahagialah! Kamu nggak akan pernah merasakan ancaman mati kelaperan di kosan, karena dia pasti nggak akan ragu untuk berbagi makanannya dengan para penghuni kosan, bahkan memberi traktiran. Ada makanan tergeletak di ruang bersama? Sikat aja, sob! Asumsinya, sih, makanan itu palingan “sedekah” dari Si Dermawan. Selain suka bagi-bagi makanan, dia juga selalu bermurah hati mau meminjamkan barang-barangnya. Kalau kamu punya teman kosan baik seperti Si Dermawan ini, jangan dimanfaatin, ya. Nanti bisa kualat!

***

Tipe penghuni kosan mana yang sudah pernah kamu temui sejauh ini? Atau mungkin kamu pernah ketemu tipe penghuni kosan lain yang belum disebutkan di atas? Ceritain di kolom komen, dong!

(sumber gambar: theodysseyonline.com, youniversitytv.com, penginanuitu.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1