15 Info Dasar yang Penting Diketahui Mahasiswa Baru

Namanya juga mahasiswa baru, sob, wajar kalau kamu masih beraba-raba dan belum tahu ini-itu. Tapi demi kelancaran proses adaptasi dan perkuliahan, kamu-kamu yang berstatus Maba harus mencari tahu 15 informasi penting berikut ini, ASAP!

1. Jadwal kuliah dan kelas

Cari tahu apa saja mata kuliah yang kamu dapatkan semester ini, beserta jadwal dan ruang kuliahnya. Kalau jadwalnya bisa diakses secara online, sih, enak dan praktis, ya. Tapi pastikan kamu up-to-date kalau ada perubahan.

2. Denah gedung perkuliahan

Kamu harus tahu di mana letak Gedung 1, 2, Gedung A,B, Z, dan sebagainya, yang menjadi tempat kuliah plus aktivitas kamu. Cari tahu juga di mana toilet terdekat di gedung tersebut. Jadi kalau kamu kebelet saat kuliah, kamu nggak perlu berlama-lama mencari toilet.  

3. Pembimbing Akademik (PA)

Kamu wajib tahu, lho, siapakah gerangan PA kamu. Soalnya segala urusan kuliah kamu bakal berkaitan dengan do’i. Rempong 'kan kalau kamu blank yang mana orangnya. Setealh PA, tahap selanjutnya adalah mengenal para dosen jurusan kamu dengan komplit!

4. Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Ketua BEM

Pasti susah lah, ya, kalau mau mengenal dan menghafal nama para senior di kampus satu persatu. Seenggaknya kamu harus tahu dulu dua figur (ter)penting di kampusketua HIMA jurusan dan ketua BEM.

5. Rute (dan angkutan) ke kampus

Supaya aman tenteram di jalan, pastikan kamu paham rute rumah ke kampus, dan sebaliknya. Termasuk kamu-kamu yang biasanya diantar jemput (dan ditungguin Mama, eaaak!), atau bawa kendaraan sendiri.

Bisa jadi, sewaktu-waktu kamu harus pulang/pergi sendiri naik angkutan umum atau taksi.

6. Letak perpustakaan

Jangan sampai udah kuliah selama hampir satu semester kuliah, tapi kamu nggak tahu di mana perpus kampus kamu. TETOT!

Padahal banyak banget kebutuhan mahasiswa di perpus, mulai dari meminjam buku, mencari bahan kuliah, ngadem *uhuk*, ngerjain tugas, dan lain sebagainya.

7. Letak kantin

Ini, nih, tempat berbaur dan bersosialisasi paling penting di kampus. Kebangetan amat kalau kamu sampai nggak tau lokasi kantin, sob!

8. Teman seangkatan dan sejurusan

Mereka juga penting untuk segera dikenal. Pokoknya jangan gengsi untuk kenalan dan tanya-tanya, ya. Malu bertanya =  nggak punya teman = susah sepanjang kuliah. Amit-amit!

kuliah mahasiswa

9. Teman seangkatan beda jurusan

Penting juga, lho, memperluas pergaulan kamu dengan berkenalan sama anak-anak jurusan lain. Kali-kali aja…. *modus*

10. Teman yang ngekos

Ngekos ataupun nggak, akan sangat bermanfaat kalau kamu tahu siapa aja teman-teman kamu yang ngekos. Apalagi teman-teman yang lumayan akrab dengan kamu. Tujuannya supaya kalau ada keperluan mendadak—seperti pinjam bukukamu bisa meminta tolong teman kamu yang ngekos tersebut.  

11. Nomor Induk Mahasiswa

Ketika sudah jadi mahasiswa, banyak banget, lho, data yang mengharuskan kamu mengisi NIM. Mesti hapal di luar kepala, sob!

12. Letak koperasi mahasiswa

Banyak kebutuhan kuliah yang dijual di sini.

13. Letak tempat print dan fotokopi

14. Password wifi di area kampus

Supaya pulsa kamu nggak jebol, sob! Selain bisa menghemat paket data, wi-fi gratisan juga sangat bermanfaat saat kamu butuh browsing buat tugas.

15. Gambaran umum jurusanmu

“Lo di jurusan apa?”

“Teknik Informatika, sob!”

“Di sana belajar apaan sih? Sama nggak kayak Manajemen Informasi?”

“………..” *hilang sinyal*

Ya iya lah sob, kamu kudu tau tentang jurusan kamu. Kamu juga harus paham, kenapa kamu memilih jurusan tersebut. Kalau masih bingung, lihat, deh, contekannya di database jurusan Youthmanual di sini.

(sumber gambar: cowleystanich.co.nz, hackcollege.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 8 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 12 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 13 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 14 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 15 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1