10 Tips Membuat Esai Untuk Mahasiswa

Percaya, deh, sama kakak. Begitu jadi mahasiswa, kamu bakal harus banyak menulis paper, esai, makalah dan sejenisnya. Saat kamu duduk di bangku kuliah, menulis paper atau esai bukan sekedar ngetik ngalor-ngidul dengan kata-kata “berat” sebanyak mungkin, lho. Ada banyak strateginya. Esai juga harus terstruktur, rapi, dan scientific *pijet-pijet kepala sendiri*

Udah baca panduan membuat esai disini? Kalau udah, sesuai janji di artikel tersebut, Youthmanual mau ngasih beberapa tips menulis esai dari Harumi Manik Ayu Yamin M.Hum, dosen manis dari Program Studi Inggris FIB UI.

#dosenkumanissekali

Silahkan Miss Harumi, digeber…

1. Sebelum mulai nulis, pastikan kamu mengerti instruksi dan paham apa yang harus dijelaskan dalam esaimu. Kalau dosen ngasih pertanyaan yang harus dijawab, jawab lah! Jangan sampai esai kamu ngalor-ngidul panjang, tapi nggak menjawab apa yang ditanya dosen.

Kalau ada instruksi yang nggak dimengerti, langsung tanya ke dosen, ya. Jangan males, malu, apalagi takut-takut.

2. Tanya ke dosen, seperti apa kriteria penilaian tugas esainya.

3. Ikuti ketentuan dosen, baik ketentuan struktur, panjang ataupun format.

4. Kalau esai kamu ngebahas ilmu yang memang sudah “pakem”, hati-hati, jangan salah ketik nama tokoh dan teori.

5. Apabila dosen nggak ngasih topik yang spesifik—atau kalau topik esai kamu bisa agak bebas—angkat topik yang benar-benar kamu kuasai.

6. Dalam esai kamu, terapkan apa yang sudah dipelajari dan dibahas di kelas. Kalau misalnya dosen kamu pernah ngejelasin tentang rumus A atau teori B, nah, pake deh rumus dan teori tersebut untuk membuat analisa dalam esai kamu. Dosen bakal hepi, lho! Soalnya ini berarti kamu ngedengerin penjelasan beliau dan (berusaha) memahami silabusnya.

7. Kalau di dalam esai kamu terdapat istilah-istilah khusus—misalnya istilah dalam bidang musik—jelaskan dalam esaimu, supaya dosen kamu ngerti.

8. Cantumkan semua sumber teori dan kutipan yang kamu tulis dalam esai, supaya nggak dicurigai plagiarisme alias nyontek. Gunakan teknik kutipan dan referensi yang baik.

9. Cek, baca ulang dan revisi esai kamu sebelum dikumpulkan. Jangan ragu minta tolong teman atau keluarga untuk ngecek. Minimal mereka bisa memastikan alur tulisannya enak dibaca dan nggak ada salah ejaan.

10. Kumpulkan tepat waktu. Jangan sampai lupa deadline-nya!

Sekarang buka Microsoft Word di komputer kamu, letakkan jari-jari di atas keyboard, dan mulailah menulis. Good luck!

(sumber gambar: Harumi Yamin, Giphy, Gifsgallery, Teach With A Mac)

Profesi Terkait

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 hari yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 1 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 1 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1