Perilaku yang Perlu Dihindari Anak Kos

Kalau dihitung-hitung, saya sudah ngekos selama 6 tahun. Empat tahun kos sebagai mahasiswa dan dua tahun saat sudah kerja. Makanya saya pantas disebut sebagai anak kos senior.

Segala suka-duka sebagai anak kos rasanya udah komplit saya rasakan. Dari mulai heboh-hebohan sama temen kos, belanja bareng, sampai curhat-curhatan. Bahkan diem-dieman pun juga pernah, hehe.

Tinggal bersama para penghuni selama bertahun-tahun, pasti adalah "berantem-berantemannya". Yup, beda orang, beda karakter, dan beda keinginan. Walaupun pernah berantem kecil-kecilan, yang penting jangan keterusan. Dan sebenarnya menghindari ribut sesama teman kos itu nggak susah, kok. Kalau kamu masih melakukan hal-hal ini, mulai sekarang kurang-kurangin, ya.

1. Keseringan mengurung diri dalam kamar

Emang sih, kalau udah capek dari kuliah terus nyampe kosan rasanya tuh, pengen langsung bobok aja. Nggak mau ngobrol sama teman kosan dan lebih suka nutup pintu kamar kos rapat-rapat, dan nggak menjawab kalau ada yang memanggil. Kalau itu yang masih sering kamu lakukan, sudah saatnya kamu mulai mengurangi kebiasaanmu nutup pintu kamar gaes. 

Mungkin kelihatannya sepele, tapi membuka pintu kamar bisa memberi kesan kalau kamu orangnya mau berteman dan membuka diri. Bukan berarti buka pintu gede-gede sih, nanti malah ada tikus masuk. Ew! Setidaknya, menjawab kalau ada yang mengetuk dan sesekali lihat keadaan di luar.

Penting diingat bahwa kamu tinggal bersama penghuni kos yang lain. Kalau nanti kamu ada apa-apa, mereka lah orang terdekat yang bisa kamu mintain tolong. So, be more open, gaes.

2. Pura-pura nggak ada apa-apa. Padahal gmz.

Well, biasanya yang begini terjadi sama kamu yang orangnya nggak enakan. Misalnya nih, temanmu suka nyalain musik keras-keras, sementara kamu tipe yang nggak bisa belajar sambil dengerin musik. Tapi bukannya bilang ke temanmu bahwa kamu terganggu, kamu malah milih untuk diam. Seolah nggak ada apa-apa, padahal sebenarnya ada apa-apa. 

Kalau kamu merasa terganggu dengan kelakuan teman kos, cobalah untuk mengajaknya bicara gaes. jangan disimpan sendirian dalam hati. Biar sama-sama enak gaes, karena menyimpan kekesalan itu nggak enak banget. Apalagi sama teman kos.

3. Nggak suka ngeberesin

Nah, ini nih, yang paling besar kemungkinannya buat memicu keributan. Please, jangan jorok ya, gaes, terutama saat menggunakan fasilitas/ruang bersama. Kalau habis masak, jangan lupa buang sampahnya. Kalau habis cuci piring, jangan lupa bersihin wastafelnya. Dan yang paling penting, buat para cewek, jangan lupa buang pembalut pada tempatnya. Iyuuuh.

Anggaplah kosan itu sebagai rumah kalian bersama. Kebersihan dan kerapian kos menjadi tanggung jawab semua penghuninya. Kalau kosan kamu nggak ada ART-nya, bisa diakali dengan membuat jadwal piket kos. Biar nggak ada pihak yang merasa dirugikan gaes.

4. Cuma main sama "geng" kamu

Kalau kamu ngekos sama teman-teman sejurusan atau teman seorganisasi, jangan sampai kamu cuek sama teman kos yang lainnya. Tetap jaga hubungan baik dengan yang lainnya. Seandainya squad alias geng kamu pas nggak ada di kosan atau pindah kos, kamu nggak akan mati gaya. Trus, ada saarnya kamu butuh bantuan teman lainnya. 

(sumber gambar : hipwee.com, itsmeegan.com, kaskushootthreads.blogspot.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1