Kegiatan-Kegiatan Seru yang Nggak Boleh Dilewatkan Saat di Bangku SMA

Mungkin kamu sering melihat gambaran gimana rasanya jadi anak SMA melalui film seperti film Dilan atau film Ada Apa dengan Cinta. Well, di beberapa film kebanyakan menggambarkan kehidupan anak SMA yang menyenangkan. Seberat-beratnya permasalahan paling hanya mengenai permasalan percintaan atau persahabatan (ya, namanya aja juga film).

Tapi, asal kamu tahu aja, nih, gaes. Sebenarnya, semakin tinggi jenjang sekolahmu, ternyata tanggung jawabmu akan berbagai hal juga semakin berat dan banyak, lho. Walaupun begitu, kamu tetep nggak boleh patah semangat!

Nah, untuk menyeimbangkan tanggung jawab yang besar sebagai pelajar. Kamu harus tahu, kegiatan-kegiatan seru apa yang nggak boleh dilewatkan saat duduk di bangku SMA. Penasaran? Mending langsung cek artikel yang berikut ini, deh. 

1. Belajar

Yap! Hal utama yang harus kamu lakukan sebagai seorang siswa adalah belajar. Karena, setelah lulus SMA, biasanya para pelajar akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu kuliah.

Well, kamu pasti tahu, dong, bahwa persaingan untuk mendapatkan kursi di bangku kuliah itu sangat ketat? Maka dari itu, kamu memerlukan banyak persiapan dari jauh-jauh hari alias sejak kelas 10, gaes.

Menurut saya, nih, ya. Memulai persiapan sejak di bangku kelas 10 nggak akan membuatmu mengalami kerugian yang besar kok. Justru, hal tersebut akan menjadi fondasi yang kuat kalau kamu bisa terus konsisten dalam kegiatan belajar. Selain belajar, kamu juga bisa menggali potensi apa aja yang ada pada dirimu, bakat, minat, dan passion apa yang kamu miliki, serta bidang ilmu apa yang ingin kamu tekuni (ilmu matemataika, sains, bahasa, dan lain-lain).

Intinya, jangan sampai, ketika kelas 12 nanti yang kamu rasakan hanyalah perasaan menyesal.

2. Berorganisasi

Belajar memang menjadi prioritas utama. Tapi, aktif di luar akademik juga nggak boleh kamu lewatkan ketika kamu berada di SMA. Kenapa demikian?

Soalnya, terdapat aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selain belajar di dalam kelas—seperti ikut organisasi di sekolah. Nah, salah satu organisasi di sekolah adalah OSIS. Pastinya, kamu sudah akrab dengan yang namanya OSIS, ‘kan?

Fyi, menjadi pengurus OSIS di sekolah dapat membawa banyak manfaat, lho. Di antaranya, kamu akan belajar untuk mengatur waktu, melatih kepemimpinan, hingga menumbuhkan toleransi antar teman.

Nggak cuma itu aja, gaes. Kalau kamu jadi ketua OSIS di SMA, kamu bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur ketua OSIS, seperti yang ditawarkan oleh Institut Pertanian Bogor. Wow, menguntungkan sekali, ya!

3. Aktif mengikuti ekstrakurikuler di sekolah

Kegiatan di luar akademik lainnya, yang harus kamu cobain juga adalah aktif di kegiatan ekskul a.k.a ekstrakurikuler. Well, kegiatan ekstrakurikuler memang sudah identik banget sama kehidupan anak sekolah.

Bahkan beberapa ahli sepakat bahwa ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler bisa memberikan banyak manfaat. Di antaranya adalah mendukung kemajuan akademis siswa, mengeksplor diri sendiri hingga meningkatkan sosial skill (baca selengkapnya di sini).

Ngomong-ngomong tentang kegiatan ekstrakurikuler, ada bermacam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa kamu kamu pilih sesuai minat dan bakat kamu, baik dalam bidang seni dan olahraga. Misalnya aja Pramuka, Palang Merah Remaja, Paskibra, Musik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Ikutan kompetisi atau lomba

Gaes, kamu pernah tahu apa itu Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), atau Festival Literasi Sekolah (FLS) nggak? Ya, benar! Semua itu adalah beberapa kompetisi yang biasanya diadakan di sekolah-sekolah.

Nah, dengan mengikuti ajang kompetisi, baik di dalam atau luar negeri, bisa menjadi wadah pembuktian akan kemampuan diri sendiri. Baik itu, bidang seni, olahraga, atau akademik, menjadi siswa yang berprestasi merupakan hal yang luar biasa bukan?

Nggak cuma itu, hal ini tentunya bisa membanggakan untuk kedua orang tua, sekolah, bahkan nama negara sekaligus. Siapa yang tahu, kalau kamu bisa terus tampil dengan konsisten dan memberikan usaha terbaikmu, bukan hal yang nggak mungkin kamu bisa mewakili Indonesia dalam kompetisi-kompetisi internasional yang bergengsi.

5. Turut serta dalam pertukaran pelajar sejak di bangku sekolah, mengapa nggak?

Buat kamu yang punya keinginan untuk bisa merasakan travelling ke luar negeri secara gratis, ikut serta dalam pertukaran pelajar bisa menjadi solusi, nih, gaes.

Eitss… jangan seneng dulu denger kata gratis, ya! Program pertukaran pelajar ke luar negeri ini isinya nggak sekedar hura-hura aja, lho. Di sana, selain belajar seperti anak sekolah pada umumnya, kamu juga membawa misi budaya.

Hah? Misi budaya? Maksudnya gimana, tuh?

Jadi, gini. Walaupun kamu ikut program pertukaran pelajar dengan biaya pihak sponsor (baik itu dari institusi atau pemerintah), bukan berarti pihak sponsor membiayai kamu begitu aja. Mereka berharap kamu juga bisa memberi keuntungan buat mereka atau buat Indonesia. Misal, selama belajar di negara A, kamu diharuskan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada penduduk lokal, termasuk host family serta lingkungan sekolah kamu.

Oyaa, program pertukaran pelajaran yang ditawarkan itu bermacam-macam, gaes. Ada program pertukaran pelajaran selama setahun, 6 atau 3 bulan. Selain itu, negara tujuan yang bisa kamu pilih juga beragam, seperti Jepang, Amerika Serikat, bahkan negara-negara di Eropa.

Kalau kamu tertarik, informasi tentang pertukaran pelajar sangat terbuka lebar, kok. Kamau bisa mencari informasinya di internet, pihak sekolah, atau pihak keluarga-mu yang bergelut di dunia pendidikan. Jadi, jangan takut nggak mendapatkan kesempatan, ya.

***

Itulah kegiatan-kegiatan seru yang nggak boleh kamu lewatkan saat duduk di bangku SMA, gaes. Well, semoga kamu bisa membuat masa-masa SMA-mu lebih berarti dan bermanfaat, ya.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: taosnews.com, sweetyhigh.com, themoscowtimes.com)

LATEST COMMENT
Widya Pebriyanti | 6 jam yang lalu

Jurusan farmasi ada ga si kelas karyawan?

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Farmasi dan Apoteker Terbaik di Indonesia
Fatimah Ibtisam | 9 jam yang lalu

Hanifah, coba ditanyakan ke pihak sekolah, ya.

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
hanifah permata | 19 jam yang lalu

kak knpa ya, sklah saya gak bsa daftar SNMPTN? padahal udah daftar LTMPT

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©