Menu

SMA Negeri 1 Surakarta dan 6 Agenda Kegiatan Seru Mereka

Salah satu SMA yang ngetop di Solo, Jawa Tengah, adalah SMA Negeri 1 Surakarta. Hampir tiap orang yang saya temui di Solo bilang kalau SMAN 1  ini terkenal sebagai sekolah unggulan dan tempatnya anak pintar.

Saya pun berkesempatan untuk intip-intip ke sekolah yang terletak di Jl.Jalan Monginsidi, Gilingan, Banjarsari dan bersebelahan dengan SMA Negeri 2 Surakarta. Di sana, saya ngobrol dengan Rifqi Ahmad Makarim, si ketua OSIS periode 2016-2017 yang baru terpilih. Rifqi cerita bahwa salah satu hal yang unik dan membanggakan dari SMAN 1 Solo adalah banyaknya kegiatan yang seru dan bervariasi.

sma ngeri 1 surakarta

Jadi apa saja nih, agenda kegiatan SMAN 1 Surakarta (Smansa) selama setahun? Berikut ini merupakan 6 event andalan mereka

1.  Legoland

Kapan:  15 Oktober

Event internal SMAN 1 ini diadakan buat menyambut bulan bahasa, yang diisi dengan pentas musikalisasi puisi, resensi cerpen, serta bazar buku. Temanya adalah Setetes Rindu Tak Bersayap. Puitis banget, 'kan?

legoland 2016

Program ini sekaligus untuk mendukung gerakan literasi sekolah---program pemerintah untuk meningkatkan minat dan budaya baca pelajar. Apalagi, SMAN 1 ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang dipandang memiliki tingkat literasi tinggi.  

Supaya makin rame sekaligus meningkatkan sisi kewirausahaan siswa, Legoland dimeriahkan dengan  kegiatan Market Day, alias bazar dari dan untuk siswa.  

2. Smart (Smansa Movement of Art)

Kapan: Januari 201

Ini merupakan salah satu event tahunan yang paling spesial karena digelar untuk merayakan ulang tahun Smansa. Sebelum acara puncak acara, ada rangkaian lomba seperti lomba MC, pemilihan Rama-Sinta, alias putra-putri Smansa, lomba fotografi, serta pameran senirupa.

“Kalau tahun lalu Smart digelar secara internal, tahun ini diusahakan supaya bisa untuk eksternal juga,” jelas Rifqi yang juga menyebutkan bahwa puncak acara rencananya berlangsung tanggal 16 Desember mendatang.

3. Smansa Futsal Comptition (SFC) dan Smansa Basketball Competition (SBC)

Kapan: Semester depan

Kegiatan ini merupakan program OSIS bidang pendidikan jasmani (olahraga), namun menyelenggarakannya barengan. “Di OSIS, kami selalu bekerja sama dalam penyelenggaraan acara. Nggak hanya bidang tertentu atau orang-orang tertentu yang terlibat. Trus, di setiap event, pembagian kerjanya jelas. Sudah ada bagian yang mengurusi dana, properti, hadiah, dan lainnya,” Rifqi menjabarkan.

Sifat event SFC dan SBC sendiri masih tentative, antara kompetisi antarsekolah atau khusus anak Smansa saja.

4. Smansa Food Fest

Kapan: Semester depan

Inilah festival kuliner internal yang rencananya diikuti seluruh warga Smansa.

5. Kolosal Musikal

Kapan: Semester depan

Nah, kegiatan Seni ini bisa diikuti SMA-SMA di Solo. Rencananya, mereka akan membuat penampilan seni besar-besaran, berkolaborasi dengan sekolah lain. Dari mulai pertunjukkan teater, tari, seni musik, hingga band performance.

6. Stand Up Solo (SUS)

Kapan: Mei 2017

“Rencananya kami akan mengundang komedian (komik) Indonesia dan juga komedian dari Solo serta dari SMAN 1. Ini akan menjadi salah satu kegiatan terbesar SMAN 1,” ungkap Rifqi.

rifqi ahmad ketua osis sman 1 surakarta

Wah, semoga acaranya sukses, ya!

(sumber gambar: Tisam, dok. SMAN 1 Surakarta, OASE SMAN 1 Surakarta)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©