Menu

Manfaat-Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Ketika Ikut Kegiatan Pramuka

Sebagai anak Indonesia, kamu pasti sudah nggak asing sama yang namanya pramuka, dong? Yaps! Biasanya, pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah. Tapi, ada juga, sih, beberapa sekolah yang nggak mewajibkan siswanya buat mengikuti ekskul ini karena cuma dijadikan sebagai salah satu kegia ekstrakurikuler pilihan aja.

Fyi, buat kamu yang belum tahu. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti "jiwa muda yang suka berkarya".

Kegiatan ini pertama kali ada pada tahun 1923. Kemudian, pada 14 Agustus 1961, dilantiklah sebuah organisasi bernama Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas) Kwarnas dan Kwarnari. Peristiwa inilah yang kemudian menjadi dasar Hari Pramuka—yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus, gaes.

Anyway, pramuka itu nggak cuma sekadar belajar semaphore, mendirikan tenda, atau membuat simpul tali. Kalau kamu ikut kegiatan pramuka, pasti kamu akan mendapatkan manfaat-manfaat seperti berikut ini.

1. Mengajarkan hidup mandiri

Seperti yang kamu ketahui, biasanya kegiatan-kegiatan pramuka diselenggarakan jauh dari rumah dan nggak melibatkan orang tua. Nah, melaui berbagai kegiatan pramuka inilah kamu akan dilatih untuk hidup mandiri, gaes.

Salah satu contoh kegiatan pramuka yang sering dikenal adalah berkemah. Saat berkemah ini kamu dituntut untuk tinggal bersama anggota pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhanmu sendiri. Bahkan saat berkemah, mungkin kamu akan dilarang mengunakan handphone, laptop, bahkan listrik sekalipun! Trus, kamu harus bisa masak masak sendiri, cuci baju sendiri, makan makan sendiri, tidur pun sendiri (eh, kok malah jadi nyanyi).

2. Melatih disiplin

disiplin

Kamu tahu, ‘kan? Kalau kegiatan-kegiatan pramuka itu terkanal dengan jadwal dan tata tertibnya yang sangat ketat. Peraturan ini harus dipatuhi seluruh peserta dari awal hingga akhir kegiatan karena kalau nggak, kamu pasti mendapatkan hukuman.

Salah satu manfaat pramuka yang cukup penting utama adalah disiplin waktu. Kamu harus disiplin saat datang upacara apel, mengumpulkan tugas, hingga istirahat pada waktu yang sudah ditentukan.

Intinya, disiplin waktu ini bakal berguna buat kehidupan sehari-hari kamu. Di antaranya adalah kamu sudah tahu kapan waktu tidur, kapan waktu makan, kapan waktu bermain, kapan waktu untuk belajar, dan lain sebagainya.

3. Melatih gotong royong dan kebersamaan

Fyi, di pramuka kamu diajarkan untuk memiliki rasa kebersamaan yang tinggi atau juga sering disebut  “Jiwa Korsa” melalui beberapa kegiatannya, terutama saat berkemah.

Kita harus mendirikan tenda bersama-sama, tidur harus sama-sama di satu tenda, makan harus sama-sama, kalau ada yang sakit, maka yang lain harus merawatnya bersama bahkan dihukum (karena salah satu anggota ada yang nggak pakai atribut lengkap, seperti sepatu hitam, kaos kaki hitam, topi, dasi, tongkat, dan lainnya) juga harus sama-sama.

That’s why, rasa persaudaraan dan kesetiakawanan di pramuka itu sangat erat—nggak pandang agama, ras, suku, dan bangsa! Keren banget nggak, tuh?

4. Menghilangkan sikap egois, dan meningkatkan rasa kepedulian

Buat kamu yang pernah mudik lewat jalur pantura. Pernah lihat nggak? Ada siswa-siswi berpakaian pramuka yang membantu polisi untuk mengatur kenyamanan lalu lintas bagi si pemudik saat libur lebaran. Dari sini kamu bisa lihat, ‘kan, bahwa mereka menghilangkan ego mereka untuk nggak liburan di hari lebaran.

Nggak cuma itu, rasa kepedulianmu juga dilatih melalui berbagai kegiatan bakti sosial pramuka—seperti penggalangan bantuan korban banjir, gempa bumi, dan sebagainya. Wah!

5. Turut menjaga alam

menjaga alam

Gaes, kegiatan pramuka itu, ‘kan, sering kali dilakukan di alam bebas. Nah, kamu pasti bakalan sering diajak buat melihat dan merasakan alam secara langsung.

Melalui, kegiatan di alam bebas inilah akan memunculkan kepedulianmu untuk nggak merusak alam dan turut melestarikan lingkungan di sekitarmu.

6.  Melatih jiwa kepemimpinan

Last but not least, pramuka juga bisa melatih jiwa kepemimpinanmu, lho, gaes! Kenapa bisamenubuhkan jiwa kepemimpinan? Soalnya, setiap anggota akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin regu.

Kesempatan inilah yang akan membuat kamu belajar mengenai gaya kepemimpinan dan bagaimana caranya memecahkan masalah yang terbaik untuk semua anggota tim. Trus, secara nggak sadar, kamu juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan tugas dengan menggunakan ide-ide yang cemerlang.

***

Wah, ternyata banyak banget manfaatnya. Jadi, buat kamu yang disekolahnya masih mewajibkan buat ikut kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Jangan males-males, ketika ada kegiatan ini, ya. Soalnya kamu bakal rugi banget, deh.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: zetizen.jawapos.com, youth-group-games.com, janjansen.guru)

LATEST COMMENT
Fasyni Sirojuddarori | 11 jam yang lalu

menarik! ikutan nanya... hehe

Ini, Lho, 5 Jurusan Buat Kamu yang Nggak Suka Matematika!
Rika Pratiwi | 16 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©