10 Kegiatan dan Kelas di SMA yang Bermanfaat Saat Kuliah

Mungkin kamu getol baca buku soal seleksi perguruan tinggi, mungkin juga kamu sibuk les ini itu supaya bisa masuk kampus dan jurusan idaman. Tapi, persiapan kuliah itu nggak cukup dengan jor-joran belajar untuk tembus tes masuk kampus. Ternyata ada banyak pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman selama di SMA yang penting bagi kehidupan kuliah.

Bagi yang masih SMA, cus gabung di kegiatan ini!

1. Les Bahasa Inggris atau ikut English Club. Banyak banget yang bertanya ke kami, apakah untuk masuk jurusan A, B, C harus bisa bahasa Inggris?

Di Indonesia, memang kebanyakan perguruan tinggi nggak mensyaratkan seberapa jago kamu berbahasa Inggris, tapi bahasa ini kepake banget dalam perkuliahan. Banyak buku dan jurnal ilmiah menggunakan bahasa Inggris. Jadi penting banget untuk kamu menguasai bahasa Inggris.

2. Workshop Microsoft Office atau Klub Komputer. Entah kamu mengikuti klub, kursus, pelatihan singkat, atau mengutak-atik sendiri, penggunaan komputer terutama Microsoft Office merupakan standar di kampus. Dari mulai tugas hingga beberapa ujian menggunakan aplikasi tersebut. Dengan melancarkan kemampuan Word, Excel, dan PowerPoint, hari-hari kamu di kampus akan makin mudah. Tambahan lagi soal literasi digital. Kamu harus tahu cara browsing yang baik untuk keperluan akademik.

Cek deh, soal literasi digital di artikel ini.

3. Ikut Penelitian/karya ilmiah. Kalau ada teman, ekskul, atau guru , mengadakan penelitian atau bikin karya ilmiah, kamu bisa ikut serta membantu. Di kampus, ada berbagai proyek penelitian serta perkuliahan yang berhubungan dengan riset dan penelitian. Pengetahuanmu bisa sangat bermanfaat.

 4. Kelas Bahasa Indonesia/pelatihan menulis. Meremehkan kelas B.Indo? Rugi amat, gaes! Di kampus, bikin esai dan tulisan resmi adalah makanan sehari-harimu. Masa’ iya, mau pakai bahasa kekinian nulisnya? Kusedyh!

Simak panduan penulisan esai akademik a la anak kuliah di sini.

5. Kepanitiaan. Bergabung dalam suatu kepanitiaan untuk membuat sesuatu bakalan melatih kerja sama dan tanggung jawab. Kamu juga akan menemukan banyak wawasan baru di situ yang bisa dimanfaatkan ketika kuliah.

6. Organisasi. Beda dengan kepanitiaan yang relatif singkat dan fokus mempersiapkan suatu hal, di organisasi kamu aktif untuk jangka waktu tertentu serta terlibat dalam berbagai hal. Selain belajar komitmen dan kepemimpinan, kamu juga akan belajar berkomunikasi secara formal, baik lisan maupun tulisan. Sebab kegiatan resmi organisasi, seperti rapat, presentasi, dan lainnya, umumnya menggunakan bahasa resmi.

7. Klub debat atau media sekolah (majalah sekolah/mading). Di sini kamu diajari cara untuk menyampaikan pendapat dengan argumen-argumen pendukung. Bukan komen ngasal, apalagi kasar. Selain isinya, diajari pula tata cara penyampaian yang tepat. Hitung-hitung sekalian belajar diskusi dan public speaking. Kemampuan ini kepake banget di kampus nanti.  

8. Makalah. Entah laporan penelitian, tugas sekolah, proyek ekskul, kerjakan makalah dengan sebaik-baiknya. Saat ini, kampus sedang getol mendorong mahasiswa untuk bikin tulisan dan jurnal ilmiah, lho. Jika kamu bisa bikin karya jurnal ilmiah selama kuliah, maka akan menjadi salah satu pencapaianmu.

9. Kompetisi. Kompetisi nggak terbatas lomba yang berkaitan sama pelajaran, tapi bisa seputar hobi dan ekskul. Kegiatan ini nggak hanya mengasah kemampuanmu tapi juga mental. Nggak harus menang, kok. Anak muda justru perlu belajar menghadapi kekalahan dan belajar dari situ. Kalau kamu sudah ikutan kompetisi dari SMA, mental kamu akan lebih kuat saat kuliah serta siap untuk mengikuti berbagai kompetisi lainnya.

10. Suatu kegiatan baru. Kalau selama ini circle kamu itu-itu saja, aktivitasmu juga sama, saatnya mencoba sesuatu yang baru. Keluar dari zona nyamanmu! Karena salah satu poin penting dalam kuliah adalah membuka diri terhadap hal-hal baru. Nggak kaku hanya belajar dari buku. Selama itu hal yang positif, perkaya terus dirimu dengan wawasan dan ilmu..  

(Sumber gambar: miuc.org)


Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1