Berbagai Alasan Kenapa Orang Tua Nggak Setuju Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Orang tua nggak sreg dengan pilihan jurusan kuliahmu? Sebelum ngambek berat atau malah nyerah dengan pilihanmu, coba cari tahu dulu penyebab kenapa mereka tidak setuju. Hal yang bisa bikin orang tua nggak mendukung jurusan yang kamu minati adalah:

1. Takut berbahaya

Ada jurusan-jurusan yang menurut sebagian orang tua dianggap bahaya. Biasanya sih, yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Sahil Mulachela, seorang penyiar radio yang lulusan Komputerisasi Akuntansi Universitas Bina Nusantara‍ ini sempat cerita kepada Youthmanual, “Cita-cita gue adalah pilot, tapi dilarang sama orang tua, katanya takut gue celaka.”

Bapak Bakar, ayah dari siswa kelas 11 mengaku bahwa dia dan istri juga nggak setuju dengan cita-cita anaknya menjadi pilot atau polisi. Alasannya, karena merasa tahap pendidikan dan pekerjaan pilot serta polisi berisiko tinggi dari segi keselamatan.

2. Khawatir ikut-ikutan

Ada juga kekhawatiran ortu kalau anaknya memilih jurusan kuliah lantaran sekadar ikutan teman-temannya. Bukan karena passion, apalagi bakat. Makanya, akhirnya orang tua memilih untuk mencegah supaya si anak nggak menyesal di kemudian hari.

3.  Ragu soal masa depan

Banyak lho, ortu yang merasa bingung dan nggak yakin dengan lapangan pekerjaan jurusan yang dituju oleh si anak. Lantaran merasa jurusan lain lebih berpeluang dan menjanjikan, maka mereka pun mengambil sikap "menolak" jurusan yang dianggap kurang poluler dan bergengsi.

“Saya sebenarnya mendukung anak saya untuk kuliah bidang Ekonomi atau Teknik karena bidang kerjanya menjanjikan. Sebaliknya, saya kurang setuju kalau mengambil Sastra,” ijar Ibu Ima, yang  putranya duduk di kelas 12.

4. Gender

Alasan lainnya  berkaitan dengan jenis kelamin. Maksudnya kayak gimana, ya?

“Saya merasa jurusan seperti Psikologiatau Desain Interiorlebih cocok untuk anak perempuan ketimbang laki-laki,” jelas Ibu Ima. Yup, banyak  juga lho, ortu yang berpendapat bahwa  jurusan-jurusan tertentu seperti bidang ilmu budaya, ilmu sosial, dan seni nggak cocok buat cowok.

Sebaliknya, nggak sedikit pula anak perempuan yang ditentang ketika ingin mengambil bidang Teknik atau Teknologi yang dianggap "nggak cewek".

"Kalau anak saya perempuan, saya akan mengarahkan dia untuk memilih jurusan yang nantinya bisa untuk bekerja di rumah. Seperti yang berkaitan dengan masak (kuliner), jahit, atau farmasi," cerita Ibu Ima.

barbie chef

5. Merasa anaknya berbakat di bidang lain

Teman saya sempat bete berat ketika ayahnya menyuruhnya mengambil kuliah jurusan bisnis. Sebab si ayah yakin bahwa teman saya ini berbakat di bidang tersebut. Walau awalnya berat, tapi ternyata apa yang diyakini ayahnya itu benar.

Kasus yang juga sering terjadi adalah seorang dokter yang ingin anaknya mengikuti jejaknya menjadi dokter. Intinya, ortu merasa jurusan dan profesi tersebut bagus dan cocok buat sang anak.

Walaupun pada kenyataannya, nggak semuanya begitu, sih. Ada jyang memang cocok dan ada pula yang nggak cocok dengan jurusan pilihan ortu.

***

Saya teringat beberapa waktu lalu Youthmanual menggelar event Youthmanual Rise Up  dengan menghadirkan inisiator pendidikan sekaligus psikolog Najeela Shihab sebagai salah satu pembicaranya.

Di situ, sempat ada peserta talkshow yang bertanya tentang pilihan jurusan kuliah yang ditentang ortu. Nah, Kak Najeela bilang bahwa hal pertama yang sangat penting dilakukan adalah mendengarkan. Ya, si anak perlu mendengarkan alasan ortu, dan sebaliknya orang tua juga mendengarkan keinginan anak.

Bukan berarti kamu langsung menyerah dengan pilihanmu dan dengan terpaksa mengikuti ortu. Tapi dengan mendengarkan alasannya, kamu jadi bisa lebih memahami mereka, sehingga bisa memberikan pengertian serta berusaha meyakinkan ortu dengan pilihanmu. Di sisi lain, kamu pun bisa mempertimbangkan saran mama-papa dan membuka kesempatan buat berdiskusi.

Kalau dari awal udah sama-sama antipati, sampai lebaran kuda pun masalah ini nggak kelar-kelar. Hehehehe!

(sumber gambar: huffingtonpost.com, educationonline.com, walmart.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
miaaa | 3 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 3 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 4 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1