Berbagai Alasan Kenapa Orang Tua Nggak Setuju Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Orang tua nggak sreg dengan pilihan jurusan kuliahmu? Sebelum ngambek berat atau malah nyerah dengan pilihanmu, coba cari tahu dulu penyebab kenapa mereka tidak setuju. Hal yang bisa bikin orang tua nggak mendukung jurusan yang kamu minati adalah:

1. Takut berbahaya

Ada jurusan-jurusan yang menurut sebagian orang tua dianggap bahaya. Biasanya sih, yang berkaitan dengan aktivitas fisik. Sahil Mulachela, seorang penyiar radio yang lulusan Komputerisasi Akuntansi Universitas Bina Nusantara‍ ini sempat cerita kepada Youthmanual, “Cita-cita gue adalah pilot, tapi dilarang sama orang tua, katanya takut gue celaka.”

Bapak Bakar, ayah dari siswa kelas 11 mengaku bahwa dia dan istri juga nggak setuju dengan cita-cita anaknya menjadi pilot atau polisi. Alasannya, karena merasa tahap pendidikan dan pekerjaan pilot serta polisi berisiko tinggi dari segi keselamatan.

2. Khawatir ikut-ikutan

Ada juga kekhawatiran ortu kalau anaknya memilih jurusan kuliah lantaran sekadar ikutan teman-temannya. Bukan karena passion, apalagi bakat. Makanya, akhirnya orang tua memilih untuk mencegah supaya si anak nggak menyesal di kemudian hari.

3.  Ragu soal masa depan

Banyak lho, ortu yang merasa bingung dan nggak yakin dengan lapangan pekerjaan jurusan yang dituju oleh si anak. Lantaran merasa jurusan lain lebih berpeluang dan menjanjikan, maka mereka pun mengambil sikap "menolak" jurusan yang dianggap kurang poluler dan bergengsi.

“Saya sebenarnya mendukung anak saya untuk kuliah bidang Ekonomi atau Teknik karena bidang kerjanya menjanjikan. Sebaliknya, saya kurang setuju kalau mengambil Sastra,” ijar Ibu Ima, yang  putranya duduk di kelas 12.

4. Gender

Alasan lainnya  berkaitan dengan jenis kelamin. Maksudnya kayak gimana, ya?

“Saya merasa jurusan seperti Psikologiatau Desain Interiorlebih cocok untuk anak perempuan ketimbang laki-laki,” jelas Ibu Ima. Yup, banyak  juga lho, ortu yang berpendapat bahwa  jurusan-jurusan tertentu seperti bidang ilmu budaya, ilmu sosial, dan seni nggak cocok buat cowok.

Sebaliknya, nggak sedikit pula anak perempuan yang ditentang ketika ingin mengambil bidang Teknik atau Teknologi yang dianggap "nggak cewek".

"Kalau anak saya perempuan, saya akan mengarahkan dia untuk memilih jurusan yang nantinya bisa untuk bekerja di rumah. Seperti yang berkaitan dengan masak (kuliner), jahit, atau farmasi," cerita Ibu Ima.

barbie chef

5. Merasa anaknya berbakat di bidang lain

Teman saya sempat bete berat ketika ayahnya menyuruhnya mengambil kuliah jurusan bisnis. Sebab si ayah yakin bahwa teman saya ini berbakat di bidang tersebut. Walau awalnya berat, tapi ternyata apa yang diyakini ayahnya itu benar.

Kasus yang juga sering terjadi adalah seorang dokter yang ingin anaknya mengikuti jejaknya menjadi dokter. Intinya, ortu merasa jurusan dan profesi tersebut bagus dan cocok buat sang anak.

Walaupun pada kenyataannya, nggak semuanya begitu, sih. Ada jyang memang cocok dan ada pula yang nggak cocok dengan jurusan pilihan ortu.

***

Saya teringat beberapa waktu lalu Youthmanual menggelar event Youthmanual Rise Up  dengan menghadirkan inisiator pendidikan sekaligus psikolog Najeela Shihab sebagai salah satu pembicaranya.

Di situ, sempat ada peserta talkshow yang bertanya tentang pilihan jurusan kuliah yang ditentang ortu. Nah, Kak Najeela bilang bahwa hal pertama yang sangat penting dilakukan adalah mendengarkan. Ya, si anak perlu mendengarkan alasan ortu, dan sebaliknya orang tua juga mendengarkan keinginan anak.

Bukan berarti kamu langsung menyerah dengan pilihanmu dan dengan terpaksa mengikuti ortu. Tapi dengan mendengarkan alasannya, kamu jadi bisa lebih memahami mereka, sehingga bisa memberikan pengertian serta berusaha meyakinkan ortu dengan pilihanmu. Di sisi lain, kamu pun bisa mempertimbangkan saran mama-papa dan membuka kesempatan buat berdiskusi.

Kalau dari awal udah sama-sama antipati, sampai lebaran kuda pun masalah ini nggak kelar-kelar. Hehehehe!

(sumber gambar: huffingtonpost.com, educationonline.com, walmart.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1