Menu

Ikutan UTBK Gelombang 2, Ini Tips Suksesnya

Kamu ikutan UTBK gelombang 2? Untuk kedua kalinya, atau kali perdana? Mengambil rumpun tes yang sama atau berbeda (saintek dan soshum)? Youthmanual membagikan tips sukses UTBK gelombang 2 untuk kalian semua. Baidewey, UTBK gelombang kedua ini berlangsung 11 hingga 26 Mei 2019. Inilah yang harus diperhatikan dan disiapkan.

Baru Ikutan UTBK Gelombang 2

Situasi: Baru mengikuti UTBK pada gelombang dua. Pastinya, udah banyak informasi yang beredar. Nah, inilah langkah yang perlu kamu jalankan:

1. Kamu bisa ikuti berita dan info mengenai pelaksanaan UTBK baik secara formal dari media, atau dari pengalaman orang lain. Tapi pilah-pilih informasi dasar, relevan dan penting, seperti bagaimana proses pelaksanaannya. Nggak perlu kebanyakan info juga (apalagi yang nggak jelas sumbernya), supaya kamu nggak bingung.

2. Cek-ricek hasil UTBK sebelumnya. Yang penting diperhatikan adalah nilai tertinggi, nilai kuartil 3, dan range nilai yang diraih peserta.

3. Jangan nervous apalagi ciut melihat nilai saingan alias peserta lain. Oke, mengetahui performa ratusan ribu saingan memang bisa bikin deg-degan. Tapi tetap positive thinking Informasi nilai memberikan gambaran nilai yang dimiliki peserta sehingga bisa membantu kamu menentukan target skor.

 4. Tentunya, target kamu mesti tinggi, ya. Di tahun tahun sebelumnya, presentasi yang lolos SBMPTN di bawah 20 persen. Itu artinya, setidaknya nilaimu harus termasuk 10 hingga 20 persen terbaik.

5.  Di hari H, usahakan datang lebih awal. Selain terhindari dari risiko telat atau mepet, kamu juga jadi  punya cukup waktu  untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar dan membuat diri kamu nyaman. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan diri.

6. Kerjakan soal dengan teliti, nggak terburu-buru namun juga nggak membuang waktu. Jangan panik ketika ada pertanyaan yang nggak sesuai ekspektasi kamu. Lewati dulu dan kerjakan yang lainnya agar kamu nggak membuang banyak waktu dengan stuck di satu soal.

7. Biasakan mengerjakan soal dengan media komputer.

Ikutan UTBK Untuk kedua kalinya dengan Tipe Soal Sama

Situasi: Setelah mengikuti UTBK gelombang pertama, kamu kembali ikut gelombang kedua dengan rumpun soal sama.

1. Evaluasi hasil UTBK yang lalu. Cek mana saja nilai yang sudah baik, mana yang perlu ditingkatkan. Perdalam materi yang belum kamu kuasai.

Kamu perlu membaca ini:

Cara Membaca Pengumuman Hasil Skor UTBK

2. Jika nilai belum baik, jangan down. Ini merupakan kesempatanmu untuk meningkatkan hasil. Mirip seperti poin satu cari tahu kelemahan dirimu, baik dari segi penguasaan materi maupun pengerjaan. Misalnya, apakah kamu terburu-buru menjawab sehingga kurang teliti atau malah terlalu ragu sehingga waktu banyak terbuang? Dengan mengetahui kelemahan diri kamu bisa mencari solusinya.

3. Perbaiki kesalahan yang kamu lakukan di UTBK sebelumnya. Contohnya, jika pada UTBK pertama kamu terlambat, maka jangan sampai datang telat pada UTBK 2.

4. Pengalaman menghadapi UTBK pertama merupakan keuntungan. Kamu pun sudah tahu “medan” alias suasana dan bentuk soal. Manfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan performa kamu.

5. Kamu perlu tahu bahwa soalnya TIDAK SAMA dengan soal UTBK sebelumnya. Yaeyalah! Tapi komposisi dan bentuk soalnya kurang lebih sama. So, belajar…belajar…belajar!

 Ikutan UTBK Untuk kedua kalinya dengan Rumpun Soal Berbeda

 Situasi: Ikutan UTBK gelombang 1 dengan tipe soal saintek, kemudian gelombang 2 soshum (atau sebaliknya).

1. UTBK terdiri TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TPA (Tes Potensi Akademik). Nah, TPS untuk saintek dan soshum relatif sama, yang berbeda adalah TPA saintek atau TPA soshum. Jadi untuk TPS bisa kamu evaluasi dari hasil UTBK 1.

2. Pelajari hasil UTBK peserta yang telah keluar. Dari situ kamu jadi tahu persaingan di rumpun saintek dan soshum.

3. Belajar ekstra untuk TPA, karena materinya sama sekali beda dengan UTBK pertama.

4. Strategi pengerjaan juga harus disesuaikan, karena tes saintek totalnya adalah 160 soal, sedangkan tes soshum 180 soal, dengan alokasi waktu berbeda pula.

5. Pengalaman mengikuti UTBK pertama, (walau rumpun soal beda) sangat bermanfaat. Kamu jadi tahu situasi dan kondisi ketika menjalani tes. Semoga kali ini kamu bisa mengerjakan dengan lebih tenang, ya.

Tips Sukses UTBK Untuk Semua

* Latihan soal merupakan salah satu cara terbaik dan paling efisien untuk belajar, apalagi waktu ujian semakin dekat. Pelajari contoh soal UTBK, soal SBMPTN tahun sebelumnya, serta soal latihan dari sekolah/bimbel.

* Apabila ketika ada soal yang nggak dipahami, kamu bisa buka buku dan catatan terkait materi tersebut. Pelajari hingga kamu menguasainya.

* Jaga kesehatan dan kondisi tubuh. Jangan forsir diri hingga kelelahan.  Apalagi sebagian besar peserta melakukan tes saat berpuasa.

* Kendalikan rasa nervous saat mengerjakan. Nggak perlu perhatikan peserta lain, fokus dengan pekerjaan (ujian) kalian.

* Walau konsentrasi mengerjakan tes, jangan sampai lupa waktu ya. Pastikan waktumu cukup.

* Usahakan menjawab SEMUA soal dengan teliti. Jika stuck atau nggak yakin, pilih jawaban yang kamu rasa paling tepat. Sebab nggak berlaku sistem minus dalam penilaian UTBK.  

Break a leg!

(sumber gambar: pixabay.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©