Menu

Informasi Lengkap Mengenai Jadwal Seleksi PTN Jalur Mandiri 2018

Artikel ini berisi daftar lengkap beserta jadwal Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi mandiri. Informasi lebih lanjut terkait proses seleksi mandiri Perguruan Tinggi Negeri beserta tips sukses menembusnya dapat kamu lihat di Panduan Sukses Tembus Seleksi Mandiri PTN.

***

Selain jadwal SBMPTN, satu hal yang perlu kamu perhatikan selama “musim” pendaftaran PTN ini adalah jadwal seleksi jalur mandiri dari masing-masing kampus. Yep! Buat kamu yang ingin masuk kuliah, khususnya di PTN, jalur mandiri bisa menjadi alternatif untuk menggapai mimpimu.

Kamu mungkin sudah familiar dengan SIMAK UI maupun UM UGM, yang merupakan dua bentuk ujian mandiri dari dua perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia ini. Tapi, masih banyak PTN-PTN lain yang juga membuka jalur seleksi mandirinya sendiri untuk para mahasiswa baru. Menariknya lagi, jalur-jalur seleksi mandiri ini nggak semuanya menggunakan jenis ujian tulis, ada pula universitas yang menggunakan nilai SBMPTN untuk seleksi mandirinya.

Nah, biar kamu bisa bersiap-siap dari sekarang, Youthmanual mau ngasih tau nih kampus-kampus mana aja, sih, yang sudah mengumumkan jadwal pendaftaran ujian mandirinya lengkap dengan jenis seleksi yang mereka gunakan. Jalur mandiri yang dibuka di kampus-kampus berikut menyediakan pendidikan dengan jenjang S1 maupun Diploma III (D-3). Simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Universitas Indonesia (UI)

jadwal simak ui 2018

Jalur Masuk: Ujian Tulis (SIMAK)

Tanggal Pendaftaran: 2 April – 27 April 2018

Tanggal Ujian: 13 Mei 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 350.000,- untuk 2 pilihan prodi pertama dengan tambahan Rp. 50.000,-/prodi jika memilih lebih dari 2 prodi

Website resmi: http://simak.ui.ac.id/

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

jadwal ujian mandiri 2018

Jalur Masuk: Ujian Tulis (UM UGM)

Tanggal Pendaftaran: 21 Mei – 25 Juni 2018

Tanggal Ujian: 8 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 300.000,- untuk kelompok ujian Soshum dan Saintek. Rp. 325.000,- untuk kelompok ujian Campuran

Website Resmi: http://um.ugm.ac.id/

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jalur Masuk: Ujian Tulis

Tanggal Pendaftaran: 16 Mei – 5 Juli 2018

Tanggal Ujian: 14 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 300.000,- jika memilih lokasi ujian di Semarang dan Rp. 375.000,- jika memilih lokasi ujian di luar Semarang

Website Resmi: https://um.undip.ac.id/

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Jalur Masuk: Seleksi berdasarkan nilai SBMPTN

Tanggal Pendaftaran: 4 – 11 juli 2018

Tanggal Ujian: -

Biaya Pendaftaran: -

Website Resmi: http://ppmb.unair.ac.id/id/site/mandiri

BACA JUGA: Inilah PTN dengan Jalur Seleksi Mandiri Tanpa Tes. Pakai Hasil SBMPTN 2018 Aja!

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

jadwal ujian mandiri uns

Jalur Masuk: Seleksi berdasarkan nilai SBMPTN

Tanggal Pendaftaran: 26 Juni – 7 Juli 2018

Tanggal Ujian: -

Biaya Pendaftaran: Rp. 200.000,-

Website Resmi: https://spmb.uns.ac.id/

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jalur Masuk: Jalur Prestasi, Nilai SBMPTN, Ujian Tulis

Tanggal Pendaftaran: 

- 2 Juni - 29 Juni 2018 (Jalur Prestasi)

- 2 Juni Juli 2018 (Nilai SBMPTN)

- 9 Juni - 14 Juli 2018 (Ujian Tulis)

Tanggal Ujian: 22 Juli – 24 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: 

- Rp. 200.000,- (Jalur Prestasi)

Rp. 200.000 untuk kelompok ujian tulis Saintek dan Soshum. Rp. 250.000 untuk kelompok ujian Campuran. Tambahan Rp. 100.000 jika prodi yang dipilih mengharuskan peserta mengikuti ujian keterampilan

Website Resmi: https://spmb.uns.ac.id/

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jalur Masuk: Seleksi berdasarkan nilai SBMPTN

Tanggal Pendaftaran: 11 Mei s.d. 11 Juli 2018

Tanggal Ujian: -

Biaya Pendaftaran: -

Website Resmi: http://pmb.upi.edu/

8. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Jalur Masuk: Ujian Tulis

Tanggal Pendaftaran: 14 Mei - 4 Juli 2018

Tanggal Ujian: 14 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 500.000,-

Website Resmi: http://admisi.ipb.ac.id/

9. Universitas Andalas  (UNAND)

Jalur Masuk: Ujian Tulis

Tanggal Pendaftaran: 2 Mei – 10 Juli 2018

Tanggal Ujian: 17 Juli – 19 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 300.000,- dengan tambahan Rp. 100.000 jika prodi yang diambil mewajibkan peserta untuk ikut ujian keterampilan

Website Resmi: http://pmb.unand.ac.id/

10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember  (ITS)

jadwal seleksi mandiri its

Jalur Masuk: Seleksi berdasarkan nilai SBMPTN

Tanggal Pendaftaran: 15 Mei – 6 Juli 2018

Tanggal Ujian: 8 Juli 2018 khusus untuk peserta yang memilih prodi dengan Ujian Keterampilan Desain

Biaya Pendaftaran: Rp. 250.000,-

Website Resmi: https://smits.its.ac.id/

11. Universitas Negeri Malang (UM)

Jalur Masuk: Jalur Prestasi dan Nilai SBMPTN

Tanggal Pendaftaran: 7 Mei – 27 Juni 2018

Tanggal Ujian: 3 Juli 2018 (Jalur Prestasi)

Biaya Pendaftaran: Rp. 200.000

Website Resmi: http://home.seleksi.um.ac.id

12. Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Wilayah Barat (SMMPTN Barat)

SMMPTN Barat merupakan seleksi jalur mandiri perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah barat. Daftar PTN yang berpartisipasi dalam SMMPTN Barat adalah:

Jalur Masuk: Ujian Tulis dan Keterampilan

Tanggal Pendaftaran: 2 Mei - 10 Juli 2018

Tanggal Ujian Tulis: 17 Juli 2018

Tanggal Ujian Keterampilan: 18 Juli - 19 Juli 2018

Biaya Pendaftaran:

  • Rp. 300.000,- untuk peserta ujian kelompok Saintek dan atau Soshum yang tidak membutuhkan ujian keterampilan
  • Rp. 400.000,- untuk peserta ujian kelompok Saintek dan atau Soshum yang membutuhkan ujian keterampilan.

13. Universitas Padjadjaran 

Jalur Masuk: Nilai SBMPTN 2018

Pembelian PIN: 12 April 2018 Jam 12.00 WIB – 10 Juli 2018 Jam 16.00 WIB

Tanggal Pendaftaran: 12 April 2018 Jam 12.00 WIB – 11 Juli 2018 Jam 23.59 WIB

Biaya Pendaftaran: Rp. 350.000,- dan Rp. 500.000,- untuk program studi D4 Kebidanan

Website resmi: http://smup.unpad.ac.id/

14. Universitas Negeri Jakarta 

Jalur Masuk: Ujian Tulis (Penmaba)

Tanggal Pendaftaran: 17 Mei 2018 - 6 Juli 2018

Tanggal Ujian Tulis: 21 Juli 2018

Tanggal Ujian Keterampilan: 22 Juli 2018 

Pengumuman: 30 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: 

* Biaya pendaftaran IPA atau IPS: Rp. 300.000,- (Tanpa Uji Keterampilan)

* Biaya pendaftaran IPC: Rp. 350.000,- (Tanpa Uji Keterampilan)

* Biaya ujian keterampilan adalah Rp. 300.000,- per pilihan prodi keterampilan dengan ketentuan:

  • Apabila peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun dalam FIK, maka biaya uji keterampilan adalah Rp. 300.000,-

  • Apabila memilih dua program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda maka biaya uji keterampilan adalah Rp. 600.000,-

  • Apabila memilih tiga program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda, maka biaya uji keterampilan adalah Rp. 900.000,-

Website resmi: http://penmaba.unj.ac.id

15. Universitas Brawijaya 

universitas brawijaya

Jalur Masuk: Seleksi dengan menggunakan nilai SBMPTN, seleksi wawancara dan bahasa asing (Kelas Internasional), ujian keterampilan (prodi Seni Rupa)

Tanggal Pendaftaran: 25 Juni s/d 13 Juli 2018

Tanggal Ujian: 16 Juli 2018 untuk ujian bahasa asing, wawancara, dan ujian keterampilan

Pengumuman: 20 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 300.000,-

Website resmi: https://selma.ub.ac.id/

16. Universitas Sumatera Utara (SMM-USU)

Jalur Masuk: Tes Tertulis

Tanggal Pendaftaran: 20 Juni - 10 Juli 2018

Tanggal Ujian: 15 Juli 2018

Pengumuman: 27 Juli 2018

Biaya Pendaftaran: Rp. 500.000

Website Resmi: https://penerimaan.usu.ac.id/

***

Nah, selain menentukan kampus, bagian penting lain dari persiapan kuliah adalah menentukan jurusan. Buat kamu yang masih bingung ingin masuk jurusan apa, tenang, Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini.

Simak tips sukses tembus Seleksi Mandiri masuk Perguruan Tinggi Negeri di sini.

 

Psst, nggak lolos SBMPTN alternatifnya nggak melulu ikutan Seleksi Mandiri! Cari tahu juga alternatif lainnya di sini. Semangat!

 

Baca juga:

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©