Istilah Perkuliahan yang Perlu Kamu Ketahui

Sudah siap jadi anak kuliahan? SUDAAAAAAHHHHHH! *ceritanya semangat, padahal belum lulus*. Artinya, kamu harus siap untuk belajar hal baru dan upgrade wawasan. Dimulai dengan mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan dalam dunia kuliah dan sekitar kampus.   Cek "kamus kampus" yang kami rangkum.

Program Studi/Prodi: Istilah untuk jurusan kuliah.

Peminatan studi/Konsentrasi studi: Pengkhususan  di tiap jurusan yang bisa dipilih mahasiswa pada semester tertentu. Misalnya, di jurusan Ilmu Komunikasi‍  ada pengkhususan Komunikasi massa, Hubungan Masyarakat‍ , dan Periklanan‍ . Namun nggak semua jurusan memiliki peminatan.

Semester Ganjil: Masa perkuliahan semester 1, 3, 5, 7 (dan seterusnya). Biasanya berlangsung antara bulan Agustus (akhir) hingga Desember.

Semester Genap: Masa perkuliahan semester 2, 4, 6, 8 (dan seterusnya). Biasanya berlangsung antara bulan Februari - Awal Juni.

Semester pendek: Perkuliahan ekstra di masa liburan. Biasanya dilakukan setelah selesai semester genap dan sebelum masuk semester ganjil, karena masa liburnya relatif lebih panjang. Dilakukan untuk mengejar kuliah yang tertinggal atau agar bisa lulus lebih cepat.

LIRS/KRS: Lembar Isian Rencana Studi/Kartu Rencana Studi yang berisi daftar mata kuliah yang akan diambil di semester depan. Sebelum mulai masuk kuliah, biasanya ada masa untuk mengisi IRS/KRS ini.

DNS: Daftar Nilai Semester. Semacam rapor untuk anak kuliah. Biasanya sih, bentuk DNS sudah online.

SKS: Satuan Kredit Semester, yang menunjukkan bobot mata kuliah. Misalnya, mata kuliah A 2 SKS, sedangkan mata kuliah  4 SKS. Artinya bobot mata kuliah B lebih besar, baik dalam jam pelajaran (biasanya lebih panjang) dan pengaruhnya dalam nilai. Untuk bisa lulus S1, umumnya mahasiswa harus mengumpulkan 144 SKS sedangkan D3 110 SKS.

Pembimbing Akademik (PA): Biasanya, ada satu dosen yang ditunjuk untuk menjadi pembimbing kamu selama masa kuliah. Setidaknya, kamu akan menemui PA tiap semester, untuk mengevaluasi perkuliahan dan mengajukan KRS. PA lah yang menentukan apakah rencana studi (daftar mata kuliah) yang sudah kamu susun diterima atau tidak. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan PA untuk urusan perkuliahan. Tapi ingat, untuk urusan hati, konsultasinya bukan di sini, sob!

Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing adalah dosen yang bertugas membimbing kamu ke "jalan yang baik dan benar" dalam hal skripsi atau Tugas Karya Akhir. Biasanya, pemilihan tema skripsi/TKA menentukan siapa yang menjadi dosen pembimbing kamu. Contohnya, apabila topik skripsi kamu mengenai pemasaran, biasanya yang menjadi dosen pembimbing adalah yang ahli di subjek pemasaran.

Asisten Dosen: Biasa disingkat asdos, yaitu mahasiswa atau fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan perkuliahan.

KKN: Kuliah Kerja Nyata atau praktek langsung di lapangan menerapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah. KKN biasanya berlangsung menjelang akhir masa kuliah

TKA:  Kepanjangannya Tugas Karya Akhir. Merupakan proyek besar di penghujung perkuliahan, yang biasanya berupa karya dan laporan. Hasil TKA akan disidangkan, untuk memperoleh nilai yang mempengaruhi Indeks Prestasi, serta menentukan kelulusan.

Skripsi: Proyek besar di penghujung perkuliahan S1, berupa karya tulis dari  hasil penelitian. Skripsi merupakan rangkaian kegiatan, dari masa seminar (membuat, menyusun, serta mempresentasikan proposal skripsi) hingga ujian skripsi (sidang yang menentukan nilai dan kelulusan).

Tesis: Konsepnya seperti skripsi, namun lebih mendalam dan merupakan syarat kelulusan untuk program S2/Magister. Dalam tesis biasanya mahasiswa diminta untuk menghasilkan teori baru. Tesis juga diujikan dengan sidang.

Disertasi: Proyek besar di perkuliahan S3. Karya tulis berupa hasil penelitian yang lebih mendalam dan lengkap dibandingkan tesis. Akan ada sidang disertasi yang menentukan kelulusan.

IP: Indeks Prestasi alias nilai yang diperoleh dalam perkuliahan. Range IP antara 0 hingga 4. Cara mengetahuinya adalah dengan menghitung angka nilai tiap mata kuliah, yaitu

Nilai A = 4
Nilai B = 3
Nilai C = 2
Nilai D = 1
Nilai E atau F = 0

Kemudian, nilai tersebut dikalikan dengan bobot atau SKS mata kuliah, hingga diperoleh nilai mutu. Nilai mutu mata kuliah yang diambil dijumlahkan kemudian dibagi dengan jumlah total SKS. Kalau pengen lebih tahu rumus detail penghitungan IP/IPK, cek di sini.

IPK: Indeks Prestasi Komulatif atau perhirungan gabungan nilai IP dari tiap semester.

Cum laude: Gelar yang diberikan pada mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu dengan IPK tinggi. (untuk D3 dan S1 di atas 3.50 dan S2 di atas 3.75)

BEM: Badan Eksekutif Mahasiswa yang merupakan organisasi kemahasiswaan. Kalau di SMA semacam OSIS. BEM ada yang di tingkat fakultas dan ada yang di tingkat universitas.

Senat: Organisasi perwakilan mahasiswa yang memantau BEM (semacam lembaga legislatif kampus).

UKM: Unit Kegiatan Mahasiswa yang merupakan kegiatan ekstrakulikuler di kampus yang memiliki struktur kepengurusan.

HMJ: Himpunan Mahasiswa Jurusan, yaitu organisasi mahasiswa di tiap jurusan/program studi.

Ketua/Kepala jurusan (Kajur): Dosen yang menjadi pemimpin di tiap jurusan.

Dekan: Dosen yang memimpin fakultas.

Rektor: Dosen yang memimpin perguruan tinggi.

Kelas internasional: Program kuliah di perguruan tinggi Indonesia bekerja sama dengan perguruan tinggi asing yang menjadi rekannya. Biasanya, perkuliahan dilakukan di Indonesia dan di luar negeri.

Ekstensi: Program perkuliahan untuk meneruskan program diploma ke jenjang Sarjana.

Civitas akademik: Anggota komunitas perguruan tinggi yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan kepengurusan kampus.

(Sumber gambar: theodysseyonline.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Kurnia Laili Muna | 8 hari yang lalu

wah! informasi yang sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan sosiologi. selain 10 Universitas yang telah disebutkan diatas, ada juga universitas yang mempunyai jurusan sosiologi loh! yakni UIN Walisongo Semarang. jangan lupa kunjungi laman https://walisongo.ac.id/…

Kenalan Lebih Dekat Program Studi Sosiologi, Yuk!
LAILY RAHMAWATI UIN Walisongo Semarang | 12 hari yang lalu

Bingung mau kuliah dimana? Ingin berkuliah di kota dengan biaya hidup murah? Mari berkuliah di SEmarang. Kunjungi juga laman kami di https://walisongo.ac.id/

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia Tahun 2019
Kurnia Laili Muna | 12 hari yang lalu

wah! informasi yang bermanfaat khususnya bagi calon-calon mahasiswa yang sedang bimbang memilih Universitas. Mungkin kalian berkeinginan berkuliah di UIN Walisongo Semarang, maka cobalah untuk membuka laman resmi kampus kami di https://walisongo.ac.id/ ^^

Tips dan Trick dalam Mencari Informasi Seputar Kampus yang Diinginkan
Kurnia Laili Muna | 13 hari yang lalu

tak kalah menarik dengan UIN Syarif Hidayatullah, UIN Walisongo juga memiliki hal-hal yang disebutkan. silakan kunjungi https://walisongo.ac.id/ untntuk mengetahui seputar UIN Walisongo Semarang

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Qwyzer | 15 hari yang lalu

Saya punya keinginan untuk menjadi pilot, semoga pesan ini tersampaikan dgn versi diriku yang sudah menjadi seorang pilot, Aamiin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1