Menu

Lulus SBMPTN 2020? Ini 7 Tip Suksesnya

Sukses menembus SBMPTN 2020 bukan perkara mudah. Dari tahun ke tahun, persentase kelulusan SBMPTN paling banyak hanya sekitar 20 persen. Apalagi di kampus top, persaingannya sangat ketat. Perjalanan menuju sukses UTBK dan lulus SBMPTN 2020 mesti dimulai dari sekarang. YHA, SEKARANG. Inilah 5 hal yang penting untuk kamu perhatikan.

1. Ketahui informasi seputar SBMPTN dan UTBK 2020. Kamu harus cari tahu aturan main SBMPTN, apalagi untuk anak SMA yang baru pertama kali ikutan. Jangan sampai kamu belum bisa membedakan antara SBMPTN dan SNMPTN, yaaaa.

Selain itu, kamu juga mesti update dengan perkembangan SBMPTN. Karena banyak sekali informasi yang berkembang atau baru diketahui nanti. Yang perlu kamu cari tahu antara lain:

a. Informasi dasar SBMPTN, seperti apa itu UTBK, LTMPT, bagaimana seleksi dilakukan dan lain sebagainya.  Informasi ini bisa kamu intip di sini.

b. Jadwal UTBK dan rangkaian SBMPTN 2020. Sampai artikel ini diturunkan, jadwal belum diumumkan. Makanya, kamu harus update. Yang pasti wacana UTBK dan SBMPTN dimajukan (menjadi tahun 2019) nggak dilakukan tahun ini. Simak penjelasannya: UTBK 2020 Tidak Dimajukan.

c. Sistem penilaian. Sampai dengan tahun lalu sistem penilaiannya nggak menggunakan nilai minus. Jadi, kamu bisa menjawab semua pertanyaan. Lebih lengkap mengenai sistem nilai bisa kamu baca di sini.

d. berbagai perubahan dan informasi lainnya (jika ada). Biasanya, akan disosialisasikan ke sekolah, dan kamu juga bisa melihat perkembangan terkini di Youthmanual.

e. Kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

f. Informasi penyelenggaraan UTBK (tempat, pilihan waktu, biaya, dan lainnya)

2. Latihan Soal UTBK. Salah satu cara belajar yang paling efektif adalah dengan latihan soal. Sebaiknya kamu punya soal dalam bentuk hard copy maupun soft copy, untuk memudahkan kamu belajar di berbagai situasi dan kondisi.

3. Belajar, belajar, belajar. Selain mengerjakan soal, kamu juga harus meluangkan waktu buat belajar supaya mengerti materi yang diujikan. Dari sekarang, kamu bisa mempertimbangkan bagaimana cara kamu belajar.

a. Apakah belajar sendiri atau dengan les?

b. Apabila dengan les, apakah sistemnya privat, bimbel, atau lainnya?

c. Kapan mulai les, apakah dari sekarang, semester depan, atau hanya intensif menjelang UTBK?

d.  Cari tempat les/tutor yang tepat.

e. Jika memutuskan belajar sendiri, atau belajar sendiri untuk sementara waktu, buat rencana belajar. Susun jadwal dan materi yang ingin dipelajari.

4. Ikutan try out. Ini menyiapkan m ental dan fisik kamu menghadapi tes beneran, soalnya try out dikondisikan semirip mungkin dengan UTBK.

5. Ketahui prodi yang ingin kamu ambil. Bingung? Intinya sih ada 2:

a. Kenali dirimu, termasuk minat dan bakatmu. Tenang, ini bisa kamu ketahui dengan mengikuti asesmen Youthmanual.

b. Kenali program studi yang ada. Kalau kamu nggak tahu, gimana mau memilih, yekan? Bukan sekadar tahu namanya lho, tapi benar benar mengetahui apa saja yang dipelajari di prodi tersebut. Ini juga ada di Youthmanual, tepatnya di direktori jurusan.

Nah, yang terpenting juga adalah menentukan apakah mau mengambil prodi Saintek, Soshum, atau keduanya. Dan juga apakah kamu akan mengambil prodi yang membutuhkan portofolio keterampilannya atau tidak. Ini harus diputuskan segera, karena sangat memengaruhi persiapanmu.  

6. Cari tahu peluangmu dan peta persaingan. Kalau kamu sudah tahu jurusan yang diincar kamu bisa mencari tahu.

a. Berapa kursi yang dibuka.

b. Bagaimana persaingannya tahun lalu (jumlah pendaftar dan tren kenaikan/penurunan jumlah pendaftar).

c. Berapa kisaran skor UTBK yang diperlukan untuk masuk prodi tersebut, berdasarkan SBMPTN tahun lalu.

Ini bisa membantu kamu menentukan strategi pemilihan prodi (pilihan 1 dan pilihan 2) serta untuk target nilai.

7. Jaga kesehatan. Gaes, ini penting banget tapi sering kelupaan. Kadang kamu kelewa sibuk belajar, try out, les, dan lainnya hingga lupa kondisi diri. Usaha kamu bisa terhambat kalau kamu sampai ngedrop. Sebaliknya, kondisi tubuh yang fit bakalan banyak membantumu untuk menguasai materi dan menghadapi ujian.

So, perhatikan apa yang kamu konsumsi, jangan telat makan, istirahat yang cukup, imbangi kesibukanmu dengan olahraga (meski cuma jalan pagi di kompleks), daaan jangan lupa relaksasi untuk kesehatan mental.

Salam sukses SBMPTN 2020! *optimis*

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 1 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©