Tertarik Untuk Jadi Mahasiswa Teknik Informatika? Inilah Skill Dasar yang Harus Dimiliki

Beberapa tahun terakhir program studi Teknik Informatika menjadi salah satu program studi favorit di bidang IT yang diincar para calon mahasiswa baru. Hal ini terjadi karena peluang karier lulusan dari program studi ini memiliki prospek cerah dan menjanjikan.

Menurut Husen Maulana dari Universitas Pamulang, Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang mempelajari penerapan logika Matematika dalam pengelolaan informasi. Pengelolaan ini meliputi transformasi data atau pengolahan data simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer.

Dengan kata lain, di program studi Teknik Informatika, kamu akan mempelajari kebutuhan akan teknologi dan informasi dan kebutuhan itu dipenuhi dengan menggunakan implementasi program komputer.

Anyway, banyak dari kamu yang bertanya-tanya, sebelum masuk jurusan Teknologi Informasi minimal harus bisa programming atau coding dulu nggak, sih? Jawabannya adalah nggak juga, kok.

Kamu nggak perlu bisa programming atau coding untuk bisa berhasil di kuliah Teknik Informatika. Kamu bisa belajar nanti saat berada di bangku kuliah. Karena, umumnya untuk mahir bahasa pemrograman dan familiar dengan software development perlu waktu sekitar 2 tahun. Jadi, waktu 4 tahun sangat cukup bukan?

Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang tertarik masuk program studi ini. Ada baiknya kalau menyimak terlebih dahulu tentang apa saja skill dasar yang harus dimiliki. Biar nanti nggak kaget dan bisa mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Yuk, simak enam skill dasar yang harus dimiliki mahasiswa Teknik Informatika!

1. Kreativitas

kreativitas

Program studi Teknik informatika bukan cuma tentang coding dan bahasa pemrograman aja, lho, gaes. Di balik semua itu, kamu dituntut untuk bisa merancang sebuah program yang membutuhkan tampilan yang menarik. Kalau kamu beruntung dengan memiliki kemampuan kreativitas yang bagus, maka kamu akan sangat terbantu selama proses kuliah ini berlangsung.

2. Ketelitian

Masuk ke dalam dunia programming merupakan suatu keputusan yang menantang. Soalnya, kamu akan dihadapkan dengan rentetan kode dalam berbagai bahasa pemrograman yang sangat banyak. That’s why, kamu mau nggak mau harus mengasah ketelitian-mu dalam mengerjakan sebuah project—seperti menulis dengan cermat setiap huruf dan tanda baca yang memiliki arti tersendiri.

Tapi kamu nggak perlu takut ngebayanginnya, semua keluh kesah dan rasa lelah akan terbayarkan dengan rasa puas sekaligus bangga kalau program yang kamu buat bisa berjalan dengan lancar dan berguna nantinya.

3. Kesabaran

kesabaran

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Setelah kamu menulis dengan cermat dan hati-hati pasti kamu pernah nggak sengaja melakukan kesalahan, dong (meskipun cuma sekali). Ya, namanya juga manusia, ‘kan, ya? Nggak ada yang sempurna itu benar adanya!

Well, dari sekian banyak kode yang ada kamu harus mau berjuang untuk mencari dimana letak kesalahan dari program tersebut. Sebaiknya kamu latihan bersabar dan nggak mudah menyerah, ya, kalau mengambil program studi ini di dunia perkuliahan.

4. Berani

Brani di sini, maksudnya adalah besiap menghadapi segala tantangan, gitu, gaes. As we know, dengan pesatnya kemajuan teknologi dan tuntutan pasar, dunia IT menjadi sangat kompleks.

Hal itulah yang mengharuskan kamu untuk siap menghadapi berbagai tantangan. Buat kamu yang sangat menyukai tantangan. Program studi ini adalah salah satu sarana yang tepat untuk memuaskan hasratmu dalam menghadapi dan menyelesaikan sebuah permasalah dalam dunia IT.

Ingat, ya, kalau kamu tipe anak yang nggak siap menghadapi tantangan pekerjaan yang selalu berubah-ubah, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk beralih ke industri lainnya.

5. Kerja sama tim

Selanjutnya, hal yang akan sangat membantu proses belajar kamu saat berada di program studi ini adalah kemampuan dalam bersosialisasi dan menjalin kerja sama. Ya, namanya juga kuliah.

Nggak peduli kamu si introvert atau ekstrovert, pasti akan ada yang namanya kerja kelompok, tugas kelompok, pratikum kelompok, dan sebagainya.

Nah, biasanya suatu project yang berkaitan dengan programming atau coding akan dibagi kepada beberapa orang dalam satu tim. Untuk bisa menyelesaikan project itu dengan baik dan benar, kamu harus bisa mengetahui bagaimana karakter anggota tim, biar nantinya bisa saling membantu dan mengisi kekurangan satu sama lain.

Well, keberhasilan dalam dunia programming atau coding memang nggak akan didapatkan secara instan dan mudah. Pasti ada suka duka dan pengorbanan untuk mendapatkannya.

6. Algoritma

algoritma

Dalam program studi ini kamu akan dihadapkan dengan berbagai bahasa pemograman. Meskipun memiliki perbedaan dalam segi model dan penulisan tapi sebenarnya semua bahasa pemograman memiliki satu kunci utama yang paling penting yaitu, algoritma (logika dan matematika).

Secara umum, algoritma merupakan serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis.

Dengan demikian, kalau kamu punya bekal kemampuan dalam penguasaan logika atau pola pikir yang sistematis dan matematika ini, djamin kamu akan mudah mengerti dan mengikuti pelajaran yang ada. Dan nggak akan mengeluh “salah jurusan” di tengah ketika dihadapkan dengan berbagai bahasa pemograman.

***

Kalau dari ke enam poin di atas, kira-kira kamu sudah mengusai skill dasar yang mana aja, nih, gaes? Kalau masih sedikit atau belum ada sama sekali, jangan putus asa dan terus semangat, ya!

Oyaa, menurut saya, buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah. Tapi, sudah yakin ingin masuk ke program studi Teknik Informatika. Nggak ada salahnya, kok, kalau kamu mau belajar buat menguasai programming atau coding mulai dari sekarang. Kamu bisa belajar di rumah, baca sana sini dari internet atau bergabung dengan komunitas yang berkaitan di bidang ini, gitu, gaes.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: marketbusinessnews.com, linkedin.com, temptribe.co.uk, medium.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1