Serba-Serbi Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

Ketika mendengar nama jurusan Teknik Informatika, apa yang kalian bayangkan? Seorang programmer pendiam dengan kacamata tebal yang sedang membungkuk di depan laptop sambil mengetik seabrek kode-kode HTML? Atau seseorang yang bisa mengotak-ngatik laptop kita yang tiba-tiba error karena kena virus atau kesiram air?

Nah, daripada cuma membayangkan apa yang sebenarnya dilakukan dan dipelajari oleh mahasiswa Teknik Informatika, mending kamu simak yuk penjelasan lengkap tentang jurusan yang satu ini berikut!

Teknik Informatika Belajar Apa?

Program studi Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. 

Jadi, Teknik Informatika bukan sebuah jurusan yang mempelajari gimana caranya benerin komputer yang rusak ya, gaes. Di jurusan ini kamu akan mempelajari banyaaaak banget waktu kamu untuk mengulik bahasa pemrograman, so salah satu kemampuan yang penting kamu asah sebelum memilih untuk masuk jurusan ini adalah matematika dan logika. Beragam kode yang harus kamu susun untuk membuat sebuah program pastinya membutuhkan penalaran logika yang mumpuni. ‘kan?

Sebagai gambaran ini nih beberapa mata kuliah yang bakal kamu dapetinkalau berkuliah di jurusan Teknik Informatika

  • Algoritma & Struktur Data
  • Logika Informatika
  • Probabilitas dan Statistika
  • Dasar Dasar Pemrograman
  • Pemrograman Internet
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Data Mining
  • Kalkulus
  • Etika & Hukum Cyber
  • Metode Pengembangan Software
  • Kriptografi
  • Teori Komputasi

Terus gimana dengan bentuk tugasnya? Seringnya, mahasiswa Teknik Informatika diberi tugas berupa sebuah proyek untuk membuat perangkat lunak. Perangkat lunak yang dibuat bermacam-macam, mulai dari sekedar aplikasi sederhana hingga game. Ada juga tugas untuk melakukan analisa sistem dan latihan programming.

Teknik Informatika = Tukang Benerin Komputer?

Gaes, gaes sebentar. Stereotipe tentang lulusan Teknik Informatika yang 11-12 sama tukang benerin komputer ini datangnya darimana sih?

Well, mahasiswa Teknik Informatika memang dituntut harus bisa memahami seluk-beluk sebuah teknologi komputer, tapi ini nggak berarti kamu bisa ujug-ujug minta benerin laptopmu yang rusak ke anak-anak Teknik Informatika.

Terus apa dong prospek kerja dari lulusan Teknik Informatika?

Beuh. Jangan salah. Prospek kerja Teknik Informatika di masa depan sangat sangat cerah. Gimana nggak? Semua aspek kehidupan sekarang, pasti melibatkan penggunaan teknologi—dan ini pastinya membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang Teknik Informatika.

Menurut Bureau of Labor and Statistic (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika bisa bekerja di hampir semua lembaga mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, hingga start-up dan software house sendiri.

Nih, beberapa bidang pekerjaan yang umumnya dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika:

Gimana? Udah tertarik untuk masuk Jurusan Teknik Informatika?

Pilihan Kampus dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik

Buat kamu yang tertarik banget untuk masuk jurusan yang satu ini, nih Youthmanual kasih beberapa rekomendasi kampus dengan jurusan Teknik Informatika terbaik!

Institut Teknologi Bandung 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 

Telkom University 

Universitas Gunadarma 

Universitas Esa Unggul 

Universitas Bina Nusantara 

***

Ingin tau lebih lanjut tentang jurusan Teknik Informatika dan jurusan-jurusan kuliah kece lainnya? Kamu bisa mendapatkan informasinya di laman Eksplorasi Youthmanual! Temukan ribuan informasi terlengkap dan terpercaya tentang jurusan, kampus, dan profesi impianmu di laman Eksplorasi Youthmanual. Klik di sini untuk mulai eksplorasimu sekarang.

Baca juga:

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 16 jam yang lalu

Hai Muhammad Hafidz, yang bisa mendaftar adalah lulusan jurusan IPA dan SMK dengan kejuruan yang sejalan. Untuk mengetahui dengan pasti, kamu bisa menanyakan pada BINUS UNIVERSITY.

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
ALEX ALZAM, S.Kom, M.Kom | 22 jam yang lalu

- Universitas Amikom Yogyakarta - Universitas Gadjah mada - UPN VETERAN - UII

Serba-Serbi Jurusan Cyber Security: Dari Mata Kuliah Hingga Prospek Karier
Navi | 1 hari yang lalu

Halo kak, kalau anak IPA lintas jurusan ke sastra inggris atau ilmu komunikasi nilai yang dilihat yg mana aja ya? Soalnya saya ga punya nilai sosiologi, ekonomi, dan geografi. Terima kasih.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
Muhammad Hafidz | 2 hari yang lalu

Jadi lulusan Multimedia seperti saya ga bisa daftar jurusan Computer Engineering?

Bedah Faculty of Engineering BINUS UNVERSITY
Elza Aulia | 5 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1