10 Trik Menggunakan Microsoft Word Supaya Lebih Efektif

Sejak zaman sekolah, saya adalah pengguna Microsoft Word sejati. Begitu kuliah, saya lebih sering lagi menggunakan program pengolah kata ini. Entah itu buat mengerjakan tugas, menulis cerpen, hingga sekarang untuk keperluan pekerjaan. Kayaknya buat sebagian besar orang, Microsot Word memang udah jadi teman sehari-hari ya, gaes.

Nah, kalau kemarin kita udah bahas cara jitu mencari sesuatu lewat Google, sekarang saatnya cobain trik menggunakan Microsoft Word supaya lebih efektif!

1. Cara mengubah teks kapital

Pernah, nggak, kamu nggak sengaja menekan tombol CAPS LOCK dan teks yang kamu tulis jadi huruf kapital semua? Kalau udah kayak gini, biasanya kamu bakal menghapus seluruh bagian teks dan mengetik ulang.

Ternyata ada cara yang lebih simpel, gaes. Kamu tinggal blok teks yang berhuruf kapital dan menekan tombol Shift + F3 (untuk windows) atau tombol Shift + Fn + F3 (untuk Mac). Ukuran teksnya bakal berubah dari huruf kapital menjadi huruf kecil semua.

2. Cara melihat struktur teks

Kalau tulisan kamu kepanjangan dan kamu capek scroll atas bawah, kamu bisa melihat keseluruhan teks lewat lewat mode outline. Tinggal pilih view di menu bar lalu pilih outline. Mode outline bikin kamu bisa lebih leluasa melihat struktur teks kamu.

3. Cara menerjemahkan seluruh dokumen sekaligus

Microsoft Word punya built-in Bing translator yang cukup ok. Emang, sih, mungkin Google Translate bisa menerjemahkan dengan lebih baik. Tapi kalau kamu cuma pengen mengerti apa yang tertulis di dokumen itu, Bing translator bisa digunakan dengan opsi yang bervariasi. Bing translator bisa dipakai untuk menerjemahkan seluruh text, sebagian atau kalimat tertentu yang kamu pilih aja.

Fitur ini juga menghemat waktu kamu karena kamu nggak perlu bulak balik ke browser dan dokumen Microsoft Word. Sayangnya, fitur ini cuma ada di windows aja.

MS Word 1 - Youthmanual

4. Cara mencantumkan jam dan tanggal

Mau masukin jam dan tanggal tanpa ragu-ragu? Tinggal tekan tombol Shift + Alt + T (untuk jam) dan tombol Shift + Alt + D (untuk tanggal). Tombol ini berlaku untuk pengguna windows.

Sementara untuk pengguna Mac, kamu bisa pilih insert di menu bar lalu pilih date and time.

5. Cara membuat screenshot

Kamu bisa memasukkan screenshot ke Microsoft Word untuk memperjelas kalimat dengan gambar. Kamu tinggal pilih insert di menu bar dan tekan tombol screenshot (untuk windows) atau menekan tombol command + shift + F3 (untuk Mac). Microsoft Word bakal secara otomatis menyimpan screenshot dari jendela yang aktif.

6.Cara mulai mengetik di mana aja tanpa menekan enter berkali-kali

Kamu nggak perlu menekan tombol enter berkali-kali untuk memulai paragraf baru, lho. Cukup klik dua kali mouse atau track pad di bagian kamu mau mulai mengetik. Microsoft Word bakal secara otomatis menempatkan kursor ke tempat yang kamu klik tersebut.

MS Word 2 - Youthmanual

7. Cara mengedit teks barengan teman

Di Microsoft Word versi 2013, kamu bisa kerja bareng teman dalam satu dokumen tanpa ngeberantakin keseluruhan teks. Caranya, kamu bisa saling menambahkan komen dari teks yang mau dibahas.

Kamu bisa menemukan opsi yang kamu perlukan pada review di menu bar atau pilih review lalu new comment untuk memberikan komentar di bagian tertentu (untuk mac).

8. Cara memindahkan navigasi pada bagian-bagian teks dengan cepat

Ada beberapa kombinasi yang bisa memudahkan kamu memindahkan navigasi pada bagian teks dengan cepat. Kamu jadi nggak perlu scroll atas bawah atau pegang mouse melulu buat memindahkan kursor.

Ctrl + Alt + Page Up — kembali ke halaman awal;

Ctrl + Alt + Page Down — menuju ke halaman berikutnya;

Ctrl + Home — kembali ke teks bagian atas halaman tersebut;

Ctrl + End — menuju ke teks bagian bawah halaman tersebut.

9. Cara memberi watermark pada lembar Microsoft Word

Buat melindungi dokumen kamu, kamu bisa menambahkan watermark di setiap halaman Microsoft Word, gaes. Kamu tinggal memilih layout di menu bar dan pilih watermark (untuk windows) atau pilih insert lalu watermark (untuk mac). Di pop up tab kamu bisa memilih mau memberikan watermark gambar atau teks pada halaman dokumen kamu.

MS Word 3 - Youthmanual

10. Cara memasukkan video

Untuk melengkapi dokumen teks kamu, kamu bisa memasukkan berbagai macam ilustrasi seperti gambar dan diagram. Tapi jaman sekarang, video bisa jadi media yang tepat buat bikin kesan modern dari teks yang kamu buat. Tinggal pilih insert dan masukin videonya. Microsoft Word bakal otomatis bikin dokumen kamu jadi nggak berat pada saat dibuka.

(Sumber gambar: lifehacker.com, brighside.me, Iyank)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 24 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1