5 Hal Sederhana (Tapi Bermanfaat) yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Ujian

Biasanya memasuki bulan Desember itu identik dengan masa-masa ujian akhir bukan? Nggak cuma di tingkat SD hingga SMA, tetapi juga di tingkat universitas.

Berbagai cara pun dilakukan para murid maupun mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjelang ujian. Mulai dari mengikuti les, meminjam catatan teman, hingga belajar satu hari sebelum ujian a.k.a Sistem Kebut Semalam (SKS).

Namun, sebenarnya ada hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan menjelang ujian, lho. Hal sederhana tersebut juga nggak bikin repot dan rumit, serta hasilnya dijamin maksimal. Mau tahu apa hal-hal sederhanan tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah berikut ini.

1. Atur jadwal belajarmu dengan baik

Dua atau satu minggu sebelum ujian, ada baiknya kamu mengatur jadwal belajarmu. Misalnya, satu jam pagi hari sebelum aktivitasmu dimulai. Lalu, dua jam di malam hari sebelum kamu tidur.

Lakukanlah hal ini setiap harinya. Tapi… ingat! Nggak perlu terlalu diforsir. Susunlah jadwal belajar yang fleksibel supaya kamu nggak tertekan dan merasa stres.

Menjelang ujian bukan berarti kamu harus belajar 24/7, ya, gaes. Kamu tetap bisa istirahat dan sedikit refreshing, kok.

2. Kurangi melakukan hal-hal yang nggak penting

Kamu sadari atau nggak, ternyata ada banyak hal di sekitarmu yang bisa mengalihkan perhatianmu pada saat kamu belajar. Sebut saja ponsel pintarmu, media sosial, jalan-jalan, rasa malas yang nggak bisa kamu lawan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, menjelang ujian sebaiknya kamu kurangi melakukan hal-hal yang nggak penting—seperti yang sudah disebutkan di atas. Daripada waktumu terbuang sia-sia, lebih baik kamu menggunakannya dengan belajar atau istirahat yang cukup. Bener nggak?

3. Membaca kembali semua catatan dan tulislah rangkuman yang mencakup semua materi

Yap, bener banget! Salah satu cara belajar yang paling sederhana dan sering dilakukan adalah membaca catatan.

Setelah membaca semua catatan, kamu bisa mencicil belajar dengan menulis rangkuman dari seluruh materi dari buku catatan atau buku pelajaran. Nggak perlu bertele-tele, cukup tulis inti dan poin-poin pentingnya saja, ya. Percaya, deh, rangkuman ini nantinya akan berguna dan bisa kamu bawa ke mana-mana.

4. Belajar kelompok bersama teman-teman

Selain belajar sendiri, nggak ada salahnya kalau kamu sesekali mencoba belajar bersama dengan teman-temanmu. Kamu bisa saling berbagi materi atau catatan untuk saling melengkapi. Siapa tahu, ‘kan, temanmu itu memiliki catatan materi yang terlewatkan olehmu?

Trus, kamu juga bisa melakukan sesi tanya jawab mengenai materi ujian untuk mengasah pengetahuanmu. Intinya, belajar kelompok itu lebih menyenangkan. Soalnya, selain bisa belajar, seenggaknya kamu bisa mengurangi rasa tegang dan stres saat akan menghadapi ujian.

5. Tambah referensimu dengan membaca dari berbagai sumber

Last but not least, selain memiliki pedoman dari catatanmu. Kamu bisa membaca materi-materi yang diujikan dari berbagai sumber lainnya—seperti dari buku-buku lain, jurnal, atau bahkan website. Hal ini patut kamu lakukan biar pemahamanmu terhadap materi jauh lebih dalam dan luas.

Oyaa, pastikan sumber-sumber materi-nya kredibel, ya, gaes, agar kamu nggak terkena masalah di kemudian hari.

***

Well, untuk mempersiapkan diri menjelang ujian ternyata mudah saja, ya. Cukup lakukan 5 hal di atas, maka hal tersebut bisa menjadi langkah buat kamu dalam menghadapi ujian. Jangan lupa juga buat berdoa dan meminta restu orang tua. Semangat!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: theteflacademy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Indhar Wirajaya | 21 jam yang lalu

Duolingo emang ngebantu banget. Aku pake Duolingo + belajar bahasa spanyol online di https://www.estudia.id. semoga tahun ini bisa sampe level intermediate

Disiplin Belajar Bahasa Asing dengan Duolingo
Rafli Ali Rabani | 9 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 20 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 21 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1