8 Alasan Kenapa Tubuh Kamu Cepat Merasa Lelah

Kalau kamu merasa kegiatan kamu nggak banyak, tapi tubuh kamu cepat merasa lelah, mungkin gaya hidup kamu ada yang salah, gaes.

Menurut penelitian, begadang bukan satu-satunya alasan yang bikin kamu merasa cepat lelah, lho. Banyak hal lain yang bisa bikin fisik maupun mental kamu drop. Merasa cepat lelah bikin mood kamu berantakan dan tentu aja belajar di kelas jadi nggak maksimal.

Apa aja, sih, yang bisa bikin kamu cepat merasa lelah? Ini dia jawabannya!

1. Kamu nggak olahraga di saat merasa lelah

Kalau lagi merasa lelah, biasanya kamu langsung malas olahraga. Sebetulnya, ini salah banget, gaes. Menurut penelitian di University of Georgia, olahraga teratur meskipun sebentar bikin stamina kita tetap terjaga. Nggak usah olahraga lama, cukup 15-20 menit bikin otot dan jantung kamu bekerja dengan efisien.

Jadi kalau kamu lagi kelelahan, jangan tergoda untuk gabrukin pantat ke sofa atau kasur, ya. Coba jalan kaki keliling komplek. Abis itu baru, deh, istirahat. Dijamin kamu bakal merasa lebih segar.

Merasa lelah 1 - Youthmanual

2. Kamu nggak minum air putih yang cukup

Amy Goodson, seorang ahli gizi untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, bilang, dehidrasi menyebabkan oksigen di dalam darah berkurang dan ini bikin darah jadi kental. Kalau darah sudah mengental, jantung sulit memompa darah ke otot dan organ tubuh kamu lainnya. Akibatnya, darah kamu nggak mengalir lancar dan inilah yang bikin kamu merasa cepat lelah.

3. Kamu terlalu perfeksionis

I feel you, perfectionist people. Saya juga kesel kalo ada sesuatu nggak sesuai sama keinginan saya. Tapi gimanapun juga, nggak semua bisa berjalan SELALU seperti yang kita inginkan. Irene S. Levine, PhD, professor sekaligus psikiater di New York University School of Medicine, bilang, orang perfeksionis sering set goals yang nggak realistis. Misalnya, kamu berharap bisa menghapal tiga materi pelajaran dalam satu malam. Ujung-ujungnya, kamu sendiri yang bakal depresi.

Merasa Lelah 2 - Youthmanual

4. Kamu nggak sarapan

Sarapan itu ibarat bensin awal untuk menjalani hari kamu. Sarapan juga bisa bikin metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Rekomendasi sarapan dari para ahli gizi terdiri dari gandum utuh, protein dan lemak baik. Coba makan roti gandum, sereal gandum, buah-buahan, susu rendah lemak, telur rebus atau plain yogurt.

5. Kamu kebanyakan makan junk food

Kadar gula dan karbohidrat yang banyak dari junk food bikin tubuh kamu kaget dan cepat merasa lelah. Ini sebabnya, kalau kamu makan junk food, kamu nggak kenyang tapi perut terasa penuh.

6. Kamu kesulitan bilang “nggak” untuk sesuatu yang kurang penting

Ingat, gaes, waktu dan tenaga kamu itu berharga, lho. Belajar menentukan prioritas bakal mengurangi beban dan bikin kamu nggak cepat merasa lelah baik fisik maupun mental.

Kalau kamu adalah tipe orang yang nggak enakan, tips untuk menolak permintaan yang kurang penting adalah dengan berkata jujur. Nggak masalah, kok, kalau kamu bilang kamu ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan atau simply say kalau kamu pengen santai dan istirahat.

Merasa Lelah 3 - Youthmanual

7. Kamu mengandalkan kafein sepanjang hari

Mengkonsumsi kafein berlebihan-bahkan enam jam sebelum tidur-bakal bikin kualitas tidur kamu kurang oke. Kalau kualitas tidur udah nggak oke, kamu pasti cepat merasa lelah keesokan harinya. So watch out your caffeine level, coffee addict! Segelas kopi sehari cukup, kok.

8. Kamu begadang pas weekend

Kalau selama weekdays kamu berkegiatan serius (belajar di kelas, bikin makalah, atau sekedar diskusi sama teman-teman), maka kamu butuh waktu untuk istirahat selama weekend. Kalau kamu berencana untuk nongkrong di Hari Sabtu, maka kosongkan jadwal di Hari Minggu supaya bisa punya waktu untuk istirahat.

Tapi jangan salah, gaes, istirahat di Hari minggu bukan berarti bangun siang, lho. Menurut penelitian, meskipun nggak ada kegiatan apa-apa, usahakan tetap bangun pagi supaya pas Hari Senin, tubuh kamu tetap terbiasa bangun pagi.

(Sumber gambar: xihuashe.com, indiatimes.com, aboundingsolutions.com, memegenerator.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 5 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 1 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1