Manfaat-Manfaat Besar Menulis Buku Harian (dengan Tulisan Tangan, Lho!)

Kalau mendengar frase “buku harian”, pasti yang terlintas di kepala adalah catatan cerita-cerita pribadi dan, ehm, rahasia di hidup kamu. Mulai dari kisah sedih diputusin pacar, kisah malu-maluin jatuh kepleset di hall kampus, sampai kisah bahagia karena disenyumin gebetan (yeee, padahal cuma disenyumin doang!). Buku harian, tuh, ibarat kitab pengakuan dosa, deh!

Namun ternyata, mempunyai buku harian juga banyak manfaatnya. Apalagi kalau buku hariannya ditulis dengan tulisan tangan.

Apa aja, sih, manfaatnya?

Menulis bisa memperkuat memori

Menurut penelitian di Intech, sebuah penerbit jurnal ilmiah online, kegiatan menulis menciptakan dua memori di otak. Memori pertama tercipta ketika kamu menulis, dan memori kedua tercipta ketika kamu membaca tulisan kamu sendiri, tepat setelah kamu selesai menulis sebuah kata atau kalimat. Itulah kenapa, menulis buku harian bikin kamu mengingat pengalaman dan keseharian dengan lebih baik.

Menulis Buku Harian 1 - Youthmanual

Penelitian yang dilakukan di University of California Los Angeles pada tahun 2014 juga menyatakan bahwa mahasiswa yang mencatat ketika kuliah berlangsung—atau mengulang catatan setelah jam perkuliahan—bisa mengingat materi lebih lama, lho!

Menulis buku harian bisa membuat kamu belajar dari pengalaman dengan lebih baik

Ketika menulis buku harian, kamu seperti membuat “laporan” kejadian-kejadian penting yang kamu alami hari itu, baik kegagalannya maupun kesuksesannya. Buku harian adalah refleksi dari pengalaman kamu sehari-hari, dan kamu pasti tahu, dong, bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Alhasil, kamu jadi bisa belajar dari pengalaman kamu hari itu, dan do better di keesokan harinya.

Menulis buku harian bisa menstimulasi kreativitas

Proses menulis buku harian, tuh, “memaksa” kamu untuk menceritakan ulang hal-hal yang terjadi di keseharian kamu, baik hal-hal yang gampang diceritakan ulang (misalnya, habis beli sepatu baru) maupun hal-hal yang kompleks (misalnya, jatuh cinta. Aih, aih!).

Dengan menulis buku harian, kamu harus mengkomunikasikan kejadian-kejadian yang kamu alami menjadi sebuah cerita yang gampang dicerna, sehingga kamu “dipaksa” untuk berpikir kreatif, bahkan menghasilkan ide-ide kreatif.

Menulis Buku Harian 2 - Youthmanual

Kalau kamu ingin memicu kreativitas kamu lebih jauh lagi, coba, deh, tulis buku harian di ruang terbuka, atau setelah kamu berolahraga. Berada di ruang terbuka atau berolahraga membuat otak menerima banyak oksigen, sehingga kamu jadi bisa berpikir dengan lebih terstruktur.

Menulis buku harian bisa mengurangi perasaan gelisah dan stres

Menulis buku harian bisa menjadi terapi untuk menyalurkan emosi, termasuk emosi-emosi negatif seperti perasaan kesal, khawatir, dan marah. Jadi ketika kamu mulai merasa stres, buku harian bisa menjadi tempat untuk menyalurkan perasaan-perasaan negatif kamu.

Douglas Polster, seorang Neuropsikolog olahraga, menyarankan agar kita menuangkan segala kecemasan kita di atas kertas. Pokoknya kalau lagi stres, tulis semua pikiran negatif kamu selama 30 menit, supaya perasaan jadi lebih ringan. Daripada pikiran negatif kamu “dimuntahin” di media sosial, ya nggak, sob?

Menulis Buku Harian 3 - Youthmanual

Last but not least, buku harian yang kamu tulis di masa muda ini bisa jadi kenang-kenangan berharga di masa tua nanti. Cihiiiy…

(Sumber foto: redonline.net, careersupport.org, huffpost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 17 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1