Mengenal Apa Itu Teknologi Jaringan 4G, Biar Kita Nggak Gagap Teknologi

Presented by:

Smartphone dan sim cardnya udah support 4G belum?”

Kita sering banget mendengar kalimat ini di mana-mana. Termasuk iklan di mall atau TV yang menyarankan kita untuk beli smartphone yang udah mendukung teknologi jaringan 4G dan mengganti sim card telepon kita agar bisa support jaringan 4G.

Tapi sebetulnya kalian tahu nggak, sih, apa yang dimaksud dengan teknologi 4G ini? Jangan-jangan cuma ikutan teman-teman aja pakai 4G supaya nggak dibilang ketinggalan zaman.

Apa itu 4G?

Jaringan 4G (Fourth Generation) adalah generasi keempat jaringan nirkabel untuk telekomunikasi mobile. Telekomunikasi nirkabel adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang nggak terhubung oleh penghantar listrik (semacam kabel).

Nah, jaringan tanpa kabel ini bisa berjarak pendek, seperti beberapa meter untuk remote control TV, atau sejauh ribuan atau bahkan jutaan kilometer.

Jaringan ini dimaksudkan sebagai solusi jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Kenapa kecepatan data yang cepat itu penting?

Karena saat ini semua fitur dan aplikasi dalam smartphone memerlukan koneksi internet. Kalau perpindahan datanya / internetnya lelet, percuma dong punya smartphone.

Menurut penelitian International Telecommunication Union (ITU) atau organisasi yang mengawasi standar untuk jaringan nirkabel, kemajuan layanan pesan multimedia, termasuk layanan video, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai. Karena di masa depan, hampir semua hal akan menggunakan teknologi nirkabel.

Semakin cepat transfer datanya, maka pesan yang tersampaikan semakin cepat. Semakin cepat pesan tersampaikan, maka aktifitas sejari-hari akan semakin efektif dan menghemat waktu.

Misalnya begini, kamu akan lebih cepat mencari materi untuk sebuah makalah kalau kecepatan data kamu juga cepat. Buka Google nggak lama, menonton video nggak lama, bahkan download atau upload nggak lama. Otomatis, tugas kuliah makalah kamu jadi lebih cepat selesai.

Sejarah 4G

Jaringan nirkabel pertama, yang dikenal sebagai 1G, diluncurkan pada tahun 1980. Sementara 2G diperkenalkan pada awal 1990-an.

Setelah itu, kamu pasti sudah familiar dengan jaringan 3G yang mulai diterapkan oleh sebagian besar dunia di awal abad ke-21. Nah, sekarang, kita disarankan untuk mengalihkan jaringan ke 4G supaya lagi-lagi, perpindahan data menjadi lebih cepat dan efektif.

Sebetulnya, jaringan 3G juga udah cukup mumpuni untuk membantu kamu berselancar di dunia maya. Tapi kalau ada jaringan yang lebih cepat, kenapa nggak?

Apa perbedaan 3G dan 4G?

Perbedaan utama antara jaringan 3G dan 4G adalah performa kecepatannya. Untuk pita frekuensi, sinyal 4G memiliki frekuensi 2 hingga 8 GHz dibandingkan 3G yang hanya menawarkan frekuensi nggak lebih dari 2 GHz. Dengan frekuensi yang lebih tinggi, jaringan 4G lebih mampu memberikan jangkauan yang lebih luas bagi penggunanya.

Jaringan 4G juga mampu memberikan kecepatan transfer data sampai empat kali lebih cepat dari 3G, lho. Selain itu, transfer datanya 4G juga lebih stabil. Alhasil, konektivitas nggak banyak terganggu. Makanya buat kamu pengguna 4G, asalkan frekuensi kamu stabil, kamu pasti jarang mengalami buffer ketika buka Youtube.

Kalau kecepatan transfer data 3G di angka 2 Mbps, maka jaringan 4G justru bisa memberikan kecepatan sampai 10x lipat! Kecepatan yang super cepat tersebut memungkinkan kamu untuk meng-upload album foto ke akun media sosial hanya dalam waktu sepersekian detik. 

Tentunya hal ini memudahkan kamu dalam kegiatan konektifitas sehari-hari, bukan cuma buat media sosial tapi juga hal lain yang berhubungan dengan internet.

Kira-kira ada, nggak, smartphone murah untuk pelajar atau mahasiswa tapi sudah mendukung teknologi jaringan 4G?

Ada, dong!

Sebagai anak muda yang melek internet, Acer Liquid Z330 merupakan perangkat smartphone android 4G canggih yang bisa kamu andalkan untuk menikmati jaringan 4G berkualitas. Kalau koneksi 4G lagi lambat, smartphone ini juga bisa tetap berjalan meski hanya menggunakan sinyal 3G.

Konektifitas 4G Acer Liquid Z330 sudah mumpuni untuk mengunggah gambar lebih mudah, pengalaman bermain game online lebih cepat dan kualitas streaming video yang lebih baik. Bahkan, nggak ada kendala buffer saat melakukan video call, sehingga kamu bisa terus berhubungan dengan keluarga, teman maupun pacar dengan santai.

Tapi yang paling kece, smartphone ini dijual dengan harga sekitar satu jutaan aja! Terjangkau banget buat kantong pelajar dan mahasiswa macam kita. Bentuknya yang simple juga bikin saya gemes banget sama gadget yang satu ini.

Selamat menikmati koneksi super cepat ya, gaes!

 

(Sumber gambar: morenews.pk, deusm.com, youtube.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Robiatul Awaliyah | 2 jam yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Faris Nadhir | 6 hari yang lalu

Semoga cita²ku menjadi pilot terkabula yaa Allah amin

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Zidna Ilmalana | 19 hari yang lalu

Emng knp llsn psntrn?

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ilham, lmu Matematika juga dipakai dalam prodi Psikologi, khususnya yang berkaitan dengan statistika. Prodi Psikologi banyak melakukan riset, yang di antaranya menggunakan perhitungan statistik.

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi
Fatimah Ibtisam | 27 hari yang lalu

Hai Ronny, kamu bisa mendaftar FSRD ITB apabila kamu mengambil program IPA atau IPS.

Serba-Serbi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1