Para Pemimpin Sukses yang Ternyata Introvert. Siapa Bilang Orang Introvert Nggak Cocok Memimpin?

Orang dengan kepribadian introvert nggak cocok jadi pemimpin? Para pemimpin top dan sukses ini, membuktikan bahwa anggapan tersebut SALAH!

Mark Zuckerberg
Founder Facebook

mark zuckerberg

Tau nggak kalau “Raja” media sosial ini dikenal sebagai sosok yang introvert?

Salah seorang pimpinan di Facebook, Sheryl Sandberg, sempat menyebutkan bahwa Mark adalah sosok pemalu dan introvert, yang terkesan nggak hangat sama orang lain. Namun kenyataannya, Mark adalah pribadi hangat dan sangat peduli dengan anak buahnya.

Barack Obama
Presiden Amerika Serikat

Agak surprise juga menemukan bahwa Obama dimasukkan sebagai sosok introvert. Soalnya beliau bukan sekedar pemimpin politik, tetapi pemimpin negara super power dunia, Amerika Serikat. Masa’ iya sih, Obama punya kecenderungan introvert?

Masih ingat, dong, saat beliau diwawancarai jurnalis Indonesia Putra Nababan, dan bilang bahwa “sate!” adalah salah satu kenangannya akan Indonesia. Atau mungkin kamu juga masih ingat saat beliau pidato di Universitas Indonesia. Kayaknya orangnya seru dan ekstrovert banget, deh! *sok ikrib*

"Sate! Bakso! Enak, ya?!" Enak, Misteeerrrrrrr Obama!

Menurut seorang jurnalis politik, John Heilemann, Obama adalah sosok introvert. Presiden yang semasa kecil pernah tinggal di daerah Menteng, Jakarta ini, disebut oleh John nggak punya lingkaran pertemanan yang yang luas. Dan menurutnya, Obama suka menyendiri. Namun, John juga menyebutkan kalau presiden Amerika berkulit hitam pertama di Amerika ini  punya kemampuan komunikasi yang wuarbiyasah!

O iya, salah satu kebiasaan Obama yang dinilai sebagai kecenderungan introvert adalah meluangkan waktu untuk menyendiri (nggak dikelilingi banyak orang). Nah, di saat itu, beliau sangat produktif.

Jadi, kelar makan malam bersama keluarga (sekitar pukul 7.15 malam), Obama mengisi jadwalnya dengan berbagai kegiatan. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan, membaca surat yang ditujukan padanya, dan menonton televisi. Nah, hal-hal tersebut kebanyakan ia lakukan sendirian hingga tengah malam.

Bill Gates
Founder Microsoft

bill gates

Pemilik salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia ini sempat berkomentar mengenai kepribadian introvert yang juga dimilikinya, “Menurut saya, orang introvert bisa berhasil. Jika cerdas, kamu bisa mengambil manfaat dari kencenderungan sifat introvert tersebut.”

Menurut Bill, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seorang introvert dengan maksimal. Misalnya, menyendiri untuk memikirkan (dan memecahkan) masalah serius, atau banyak membaca. Dua hal tersebut biasanya bisa dilakukan introvert dengan baik.

Taktik lain yang dijalankan Bill agar menjadi pemimpin introvert yang sukses adalah dengan mempekerjaan orang-orang yang ekstrovert. Alhasil, Bill bisa belajar mengenai karakter para ekstrovert. Mereka pun bisa jadi penyeimbang dirinya.

***

Masih banyaaaak lagi sosok pemimpin yang disebut berkepribadian introvert, seperti misalnya pebisnis legendaris Amerika Serikat Warren Buffet dan Presiden serta CEO Yahoo! Marissa Mayer. Trus, proklamator Indonesia Mohammad Hatta sekaligus wakil presiden pertama RI juga disebut introvert.

Di Youthmanual sendiri, managing editor kami, Laila Achmad,  mengaku sebagai seorang introvert. Simak deh, apa yang dialami dirinya sebagai introvert di sini.

Kalau kamu masih penasaran, apakah kamu termasuk introvert, coba ikuti asesmen youthmanual!

(sumber gambar: celebnetwealth.com, pagesix.com, indianexpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1