Tips Menghabiskan Masa Liburan Buat Kamu yang Introvert dan Ekstrovert

Siapa, sih, yang nggak suka sama liburan? Yap! Saya rasa, hampir semua orang suka dengan yang namanya liburan.

Well, berbicara mengenai liburan, nih, gaes. Tahukah kamu? Kalau sebaiknya kamu juga memerhatikan jenis kepribadian kamu sebelum merencanakan liburan yang berkualitas. Hah? Hubungannya apa liburan sama kepribadian.

Jadi, gini, gaes. Macam-macam kepribadian itu punya gaya liburan yang berbeda-beda. Sehingga, kamu perlu memerhatikan tips mengisi liburan sesuai kepribadian biar acara liburanmu sukses seperti yang kamu harapkan.

Nah, pertama, kamu harus menanyakan dulu pada dirimu sendiri apa tipe kepribadian kamu. Apakah kamu seorang introvert yang lebih menyukai kesunyian? Ataukah kamu justru seorang ekstrovert yang lebih menyukai keramaian dan ingin selalu berkenalan dengan orang-orang baru?

Kalau kamu sudah mengenal dengan baik apa tipe kepribadian kamu, berikut ini ada tips liburan buat si introvert dan ekstrovert yang bisa kamu terapkan. Kirra-kira, hal apa saja yang mereka lakukan saat menghabiskan waktu liburan, ya? Yuk, cari tahu berikut ini.

Tim introvert

Sudah disinggung sebelumnya, orang berkepribadan introvert biasanya itu suka kesunyian. Meskipun nggak semua introvert sukanya sendirian mulu, biasanya orang introvert akan lebih mudah stres kalau lingkungan yang dia tuju penuh dengan hingar-bingar yang terlalu meriah. Untuk menghindari hal tersebut, ini tips liburan sesuai kepribadian kamu yang introvert.

Buat daftar film atau drama korea yang belum kamu lihat.

Cari buku yang kamu sukai atau buku yang membuat kamu tertarik membacanya.

Selain membaca buku, hampir sebagian besar kaum introvert memiliki minat yang besar terhadap dunia tulis-menulis. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu juga mengisi waktu liburmu dengan menulis apa yang kamu alami sehari-hari atau hal-hal yang nggak bisa kamu bagi dengan orang di sekitarmu.

Batasi ajakan dengan teman dan jangan takut untuk berkata “nggak” kalau kamu memang merasa lebih nyaman saat di rumah.

Beri waktu untuk diri sendiri untuk melakukan hal atau hobi yang kamu sukai.

Cari destinasi liburan yang nggak terlalu ramai pengunjung, misalnya museum atau galeri seni.

 

Tim ekstrovert

Berbeda dengan para introvert yang cenderung lebih suka sendirian, para ekstrovert tampaknya akan lebih senang kalau berkunjung ke tempat-tempat yang bisa membuatnya bertemu banyak orang baru. Si ekstrovert juga selalu ingin berlibur ke tempat-tempat yang seru. Buat seseorang yang selalu aktif, liburan merupakan kesempatan mereka untuk bebas lepas. Nah, untuk membuat liburan semakin seru, ini dia tips liburan buat kamu yang ekstrovert.

Ajak teman-temanmu yang ekstrovert untuk hangout bersama.

Cari tempat nongkrong yang nyaman.

Ikut kegiatan yang bisa membuatmu berkenalan dengan banyak orang baru.

Datang ke event konser yang sekiranya pas dengan uang sakumu atau tabungannmu.

Pilih destinasi liburan yang ingin kamu kunjungi. Misalnya, berkunjung ke kawasan street food di sebuah perkotaan yang besar.

***

Nah, sekarang kamu sudah tahu, ‘kan? Kalau beda kepribadian, bisa berbeda juga hal-hal apa yang kamu lakukan saat liburan.

Eh… tapi nggak jarang juga, kok—even kamu introvert, kamu bisa menyukai atau ingin melakukan hal-hal yang dilakukan si ekstrovert saat liburan, begitupula sebaliknya dan itu bukan hal yang nggak mungkin atau hal yang aneh buat dilakukan.

Jadi gimana, saat liburan, kamu termasuk tim yang introvert atau ekstrovert, nih, gaes?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: pikiranrakyat.com, scoopwhoop.com, nbcnews.com, moneycrashers.com, nytimes.com, academyamp.com, cnn.com, treebo.com, shop.deanhonda.com, getfullyfunded.com, iamexpat.nl, checkinjakarta.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1