Cara Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental diantara Segudang Kegiatan

Menjaga kesehatan fisik dan mental di antara segudang kegiatan sehari-hari memang nggak gampang. Banyaknya tugas dan aktivitas seringkali membuat kita sering begadang, lupa makan, dan nggak berolahraga sama sekali. Bukannya nggak mau, sob, tapi nggak sempat!

Kalau pola hidup seperti ini terus berlanjut, dijamin, deh, kamu bakal gampang stress dan rentan sakit. Trus gimana, dong, cara agar tetap sehat secara fisik dan mental di tengah segudang kegiatan sehari-hari?

1. Atur Prioritas

“Aduh, banyak banget, nih, kerjaan yang harus diselesaiin. Gue sampe nggak tahu harus mulai darimana!” Kalau kamu sering mengucapkan kalimat tersebut, berarti kamu harus membuat daftar prioritas! Setelah diurutkanm selesaikan pekerjaan-pekerjaan yang paling penting dulu, baru selesaikan pekerjaan-pekerjaan yang kurang penting.

“Tapi semua kerjaan saya sama pentingnya, Kak!”

Coba pikir-pikir lagi, deh. Mana pekerjaan kamu yang deadline-nya paling mepet? Selesaikan pekerjaan yang deadline-nya paling mepet.

Kalau semua tugas kamu deadline-nya hampir bersamaan, pertimbangkan dampak dari masing-masing tugas buat kamu. Kalau bingung, silahkan buat daftar dampak positif dan negatif dari masing-masing tugas tersebut, lalu kerjakan tugas yang dampak positifnya paling banyak.

Sebenarnya, selama kamu punya prioritas yang jelas, nggak ada pekerjaan yang “sama pentingnya”. Contohnya, kalau prioritas kamu adalah sekolah, maka lebih penting bagi kamu untuk menyelesaikan tugas sekolah dulu, sebelum mengerjakan tugas-tugas lain.

2. Atur Jadwal

agenda

Cari tahu, apa aja hal-hal yang harus kamu selesaikan dalam satu periode tertentu—misalnya, dalam minggu ini, kamu harus ketemu dosen A, harus menyerahkan paper mata kuliah B, harus rapat organisasi C, dan harus melakukan riset D—lalu alokasikan waktu yang cukup untuk masing-masing kegiatan tersebut.

Kalau sudah punya jadwal yang terencana, try to stick to it. Kamu harus disiplin sama diri kamu sendiri, karena serapih apapun jadwal yang sudah kamu buat, jadwal tersebut akan sia-sia kalau nggak dijalani dengan disiplin.

3. Fokus!

Menurut berbagai penelitian, ketika kita melakukan sebuah aktivitas, hampir seluruh sel otak fokus mengerjakan aktivitas tersebut (kecuali untuk beberapa aktivitas sepele seperti berjalan, mengunyah, atau menulis). Dengan kata lain, otak kita punya keterbatasan dan sebenarnya NGGAK BISA multitasking.

Youthmanual pernah menulis di sini bahwa multitasking itu ternyata merusak otak banget. Malahan, kalau selama ini kamu mengira kamu bisa multitasking, sebenarnya yang kamu lakukan adalah switch-tasking, alias bergantian melakukan hal-hal yang berbeda-beda dengan cepat.

Dan seperti yang ditulis di artikel Youthmanual dulu itu, switchtasking akan membuat hasil kerja kamu nggak maksimal sama sekali.

4. Atur Makan

balanced diet

Agar kesehatan kamu terjaga, makanan yang kamu konsumsi sehari-sehari wajib punya gizi yang seimbang. Pastikan kamu mendapat cukup energi dari karbohidrat kompleks, protein dari daging dan kacang-kacangan, serat dari sayur-sayuran, serta vitamin dari buah-buahan untuk menambah daya tahan tubuh. Jangan makan mie instan atau gorengan mulu, sob!

Pola makan kamu juga harus teratur agar metabolisme tubuh tetap normal. Kalau sudah waktunya makan, langsung makan, ya. Jangan ditunda, walaupun kamu belum lapar. Makan aja sedikit-sedikit. Makan sedikit tapi teratur, tuh, jauh lebih baik daripada makan banyak tapi nggak teratur, karena metabolisme tubuh jadi nggak terganggu.

5. Olahraga Rutin Setiap Hari

Olahraga, tuh, nggak perlu lama-lama, kok! Cukup dilakukan sebentar aja, tapi rutin. Download, dong, aplikasi-aplikasi olahraga yang pernah Youthmanual rekomendasikan di sini dan di sini, agar kamu terdorong untuk punya rutinitas olahraga yang simpel tapi efektif. Kalau lagi benar-benar nggak punya waktu untuk berolahraga, usahakan banyak berjalan kaki dan naik-turun tangga selama beraktivitas di kampus atau kantor.

6. Tidur Cukup

kurang tidur stress

Idealnya, tubuh membutuhkan istirahat sebanyak 7-9 jam sehari. Kalau durasi tidur kamu kurang dari itu, regenerasi sel dan hormon tubuh nggak akan maksimal. Akibatnya, ketika bangun tidur di pagi hari, kamu masih merasa lelah, sehingga mau beraktivitas juga nggak semangat. Mengerjakan tugas-tugas pun nggak fokus. Ih, pokoknya serba salah!

7. Pahami Sinyal Tubuh

Tubuh itu selalu memberikan “sinyal” kalau dia mulai merasa lelah atau mencapai batasnya. Jadi, kalau kamu ngantuk berat sampai kepala mulai sakit, jangan paksakan diri mengerjakan tugas! Bisa-bisa kondisi tubuh kamu malah makin parah. Istirahat dulu sejenak, trus kembalilah bekerja kalau kamu sudah merasa lebih baik.

8. Learn to Say No!

Banyak orang yang menjadi sangat sibuk karena nggak bisa menolak tawaran, ajakan, atau permintaan tolong orang lain. Mungkin termasuk kamu? Kalau ya, berarti mulai sekarang, jangan sungkan-sungkan untuk menolak tawaran yang kira-kira bakal bikin kamu kewalahan. Kalau kamu sudah merasa kecapekan banget, tolak ajakan teman untuk sekedar hang-out, apalagi tawaran untuk menjadi ketua panitia acara kampus. Jangan memaksakan diri untuk bilang “iya”, hanya karena kamu merasa nggak enak. Kalau kamu sampai sakit, yang rugi ‘kan kamu sendiri, bukan teman kamu?

***

Dari beberapa tips di atas, bisa disimpulkan bahwa kunci dalam menjaga kesehatan fisik dan mental adalah mengenali diri sendiri, bersikap terorganisir, dan disiplin! Walaupun kedengarannya klise, kamu memang harus punya prioritas, jadwal yang teratur, dan fokus dalam mengerjakan sesuatu. Dengan begitu, kamu nggak bakalan stress, karena kegiatan kamu jadi lebih terorganisir. Jangan lupa juga untuk rutin mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga rutin, dan istirahat yang cukup ya, gaes.

Selamat beraktivitas!

(sumber foto: pinterest.com, carlanaco.com, time.com, valleyleisurelifestyle.wordpress.com)

LATEST COMMENT
Widya Pebriyanti | 6 jam yang lalu

Jurusan farmasi ada ga si kelas karyawan?

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Farmasi dan Apoteker Terbaik di Indonesia
Fatimah Ibtisam | 8 jam yang lalu

Hanifah, coba ditanyakan ke pihak sekolah, ya.

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
hanifah permata | 18 jam yang lalu

kak knpa ya, sklah saya gak bsa daftar SNMPTN? padahal udah daftar LTMPT

Informasi Lengkap SNMPTN 2020. Cek Jadwal dan Ketentuannya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©