Menu

Tebak-Tebakan Mengenai Peristiwa 10 November 1945

Gaes, kamu pasti pernah (atau sedang) mempelajari sejarah, dong? Well, untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November kemarin. Nggak ada salahnya, nih, kalau kamu menguji pengetahuanmu tentang peristiwa 10 November 1945 di bawah berikut ini. Daripada berlama-lama, yuk, langsung saja jawab pertanyaanya!

1. 10 November 1945 merupakan pertempuran antara …

  1. Arek-arek Surabaya dengan tentara Amerika Serikat
  2. Arek-arek Surabaya dengan tentara Jepang
  3. Arek-arek Surabaya dengan tentara Inggris

2. Yang melatarbelakangi tanggal 10 November 1945 diperingati sebagai Hari Pahlawan ialah …

  1. Kehadiran pasukan Jepang di Indonesia
  2. Pengibaran Bendera Belanda di salah satu hotel di Surabaya
  3. Pertempuran 5 hari di Semarang

3. Sebutkan salah satu pahlawan yang berperan penting dalam membangkitkan semangat arek-arek Surabaya untuk melawan para sekutu!

  1. Sutomo (Bung Tomo)
  2. Soekarno (Bung Karno)
  3. Mohammad Hatta (Bung Hatta)

4. Nah, kalau kamu sudah tahu siapa nama pahlawan yang paling dikenal dalam peristiwa 10 November 1945. Kira-kira dari gambar-gambar di bawah ini, yang mana, sih, pahlawan tersebut?

5. Hotel yang menjadi saksi bisu peristiwa 10 November di Surabaya adalah …

  1. Yamato Hoteru (Oranje Hotel)
  2. Hotel JW.Marriott
  3. Hotel Vini Vidi Vici

6. Beberapa tokoh penting yang terlibat dalam pertempuran melawan sekutu bersama arek-arek Surabaya, yaitu …

  1. Muhammad Toha, Kolonel Abdul Haris Nasution, Mayor Rukana, dan Atje Bastaman
  2. Soekarno, Laksamana Tadashi Maeda, Mohammad Hatta, Sayuti Melik
  3. Moestopo, Mayjend Sungkono, HR Mohammad Mangoendiprodjo, Abdul Wahab

7. Semboyan yang paling terkenal dalam peristiwa 10 November 1945 adalah …

  1. “Hidup Segan Mati pun Tak Mau!”
  2. “Merdeka atau Mati!”
  3. “Harta atau nyawa!”

8. Siapakah perwira Kerajaan Inggris yang meninggal dan menyebabkan pihak sekutu marah?

  1. Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh
  2. Tom Driberg
  3. Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby

9. Tugu yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan pada peristiwa 10 November 1945 yaitu …

  1. Tugu Pahlawan
  2. Tugu Monas
  3. Simpang Tugu

10. Kisah perjuangan arek-arek Surabaya dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 dijadikan film animasi pertama berlatarbelakangkan sejarah dengan judul …

  1. Darah Garuda
  2. Battle of Surabaya
  3. Hati Merdeka

***

Berikut adalah jawabanya:

1. c. Arek-arek Surabaya dengan tentara Inggris

2. b. Pengibaran Bendera Belanda di salah satu hotel di Surabaya

3. a. Sutomo (Bung Tomo)

4. c

5. a. Yamato Hoteru/Oranje Hotel (saat ini bernama Hotel Majapahit)

6. c. Moestopo, Mayjend Sungkono, HR Mohammad Mangoendiprodjo, Abdul Wahab

7. b. “Merdeka atau Mati!”

8. c. Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby

9. a. Tugu Pahlawan

10. b. Battle of Surabaya

Anyway, ngakuu, deh! Dari pertanyaan-pertanyaan di atas kamu berhasil menjawab berapa, gaes? Kalau bener semua, berarti kamu adalah generasi muda kece yang nggak lupa sama perjuangan para pahlawan.

Tapi, kalau kamu cuma berhasil menjawab 1 atau 2 pertanyaan saja. Sesekali nggak ada salahnya, kamu flashback buat mengenal perjuangan para pahlawan yang membebaskan bangsa ini dari para sekutu. Karena kalau kata Soekarno: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.”

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: youtube.com, detik.com, tirto.id, mojok.co)

 

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©