5 Kebiasaan B.J. Habibie yang Bisa Kamu Contek

Prof. Dr.-Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng memang luar biasa! Semasa kecil aktif, muda berprestasi, dewasa dikenal dunia, sempat jadi Presiden Indonesia, hingga terus menginspirasi di usia 80 tahun. Apa, sih, rahasia tokoh kelahiran Parepare, 25 Juni 1936 ini?

1. Berenang setiap hari

Sesibuk apapun beliau—bahkan di masa tersibuknya menjadi presiden periode 1998-1999 tanpa wakil—beliau selalu menyempatkan berenang selama 1 jam setiap hari. Bahkan, ketika lebih muda dulu, Pak Habibie bisa berenang sampai 3 jam non stop.

"Tidak ada telepon atau apapun [saat berenang]. Ini membuat saya lebih tenang dan peredaran darah saya jadi bagus. Kalau dulu, sambil berenang, saya biasanya berpikir tentang masalah yang sedang dihadapi. Setelah selesai, saya akan menuliskan hal-hal yang saya pikirkan tadi. Tapi kalau sekarang, saya biasanya berenang sambil berdoa," cerita Pak Habibie pada media.

Selain menjernihkan pikiran dan menjaga kebugaran, beliau juga bilang bahwa berenang membuatnya bersemangat. Wah, pantesan Pak Habibie selalu enerjik, ya.

habibie

2. Bangun super pagi

Banyak tokoh dunia yang membiasakan diri bangun sangat pagi, termasuk Pak Habibie. Dini hari, beliau rutin bangun buat ibadah solat malam. Ia juga memulai hari dengan solat Subuh.

3. Nggak pernah meninggalkan ibadah

Kedisiplinan waktu Pak Habibie juga terlihat dari kebiasaannya beribadah. Founder The Habibie Center dan berbagai organisasi sosial ini nggak pernah, tuh, lalai dari kewajibannya kepada Tuhan gara-gara alasan-alasan seperti sibuk, malas, lupa, apalagi keasyikan dengan hape.

4. Sehari bisa 7,5 jam membaca dan menulis

Coba bandingkan dengan durasi kamu membaca. Mungkin 7.5 jam dalam sebulan atau satu semester? Hihihi. Memang, sejak kecil, Rudy—panggilan akrab Pak Habibie—hobi membaca dan mencari tahu tentang segala hal.

Jika sang adik, Fanny, hobi main di luar rumah, Rudy cilik malah asik berkutat dengan bacaannya di kamar.

habibie muda

5. Sehari cuma cukup tidur empat jam!

“Dari lahir, saya cuma butuh tidur empat jam. Dua puluh jam sisanya, panca indera saya menyerap lingkungan sekitar dan bertanya-tanya," ujar Habibie akhir tahun lalu, di acara peluncuran buku biografinya Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner, yang kini diangkat menjadi film Rudy Habibie. Wih, ternyata tidur selama sekitar empat jam sehari (adapula sumber lain yang menyebutkan lima jam sudah cukup untuk beliau.

(sumber gambar: metrotvnews.com, tribunnews.com, m.kwikku.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 8 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1